Kegemaran Masyarakat terhadap Aplikasi Belanja Menyebabkan Hidup Konsumtif

Comments · 76 Views

Teknologi digital saat ini semakin berkembang pesat. Seiring berjalannya waktu kini internet semakin canggih. Para pelaku bisnis memanfaatkan perkembangan teknologi ini dengan memperjualbelikan produknya melalui aplikasi jual beli online.

Menyebabkan banyaknya masyarakat yang beralih ke situs online tersebut. Membeli produk lewat aplikasi saat ini menjadi kegemaran masyarakat. Sebelumnya, masyarakat belanja kebutuhan atau keinginannya secara langsung namun sekarang karena adanya tempat belanja online, orang-orang lebih sering berbelanja melalui aplikasi jual beli online tersebut. Lapak jual beli online kini digemari karena prosesnya yang mudah dan lebih singkat, juga tidak memakan waktu yang banyak.    Dampak dari kemudahan berbebelanja ini bagi diri sendiri yang tidak disadari yaitu perilaku hidup yang konsumtif.

Banyak hal yang menjadi alasan  mengapa masyarakat lebih gemar membeli produk secara online. Berikut beberapa hal yang menjadi alasan beralihnya pembelian masyarakat dari yang lama ke yang baru. Alasan pertama adalah kemudahan akses, hanya dengan menggunakan ponsel orang-orang dapat memilih produk yang akan dibeli. Para calon pembeli dapat memilih produk yang akan dibeli tanpa harus datang ke toko secara langsung. Penjual dan pembeli juga melakukan transaksi secara online maupun saat produk sudah diterima dan dibayarkan lewat kurir. Hal ini mempermudah orang-orang yang bertempat tinggal jauh dari pusat perbelanjaan dan juga orang-orang yang sibuk berkegiatan dan tidak sempat untuk pergi ke toko secara langsung. Alasan kedua yaitu produk yang dijual bermacam-macam. Produk yang dijual di toko online jauh lebih bervariasi, mulai dari jenis, model, bahan, warna, dan ukurannya. Dapat memilih barang sesuka hati kita tanpa mengeluarkan tenaga yang banyak.  

Melalui toko online, kita tidak kehabisan barang atau keterbatasan barang karena jika pada satu toko yang kita pilih habis, kita dapat mencari di toko yang lain dengan barang yang sama. Alasan ketiga yaitu banyaknya potongan harga dan gratis ongkos kirim. Aplikasi belanja online menyediakan kesitimewaan bagi pembelinya dengan adanya voucher. Apalagi pada saat-saat tertentu, akan ada potongan harga besar-besaran. Itulah yang membuat orang-orang lebih menyukai aplikasi belanja online tersebut. Alasan keempat, dengan membeli produk lewat aplikasi online kita dapat memebeli produk yang ada diluar daerah, yang produk tesebut tidak dijual di daerah kita tinggal. Bahkan, kita dapat membeli produk yang kita inginkan dari luar negeri. Produk yang dibeli dari luar negeri kualitasnya lebih bagus. Namun, kita harus menunggu lebih lama untuk proses pengirimannya. Alasan kelima yaitu, aplikasi belanja online ini harganya sangat terjangkau, jika membeli barang dengan jumlah yang banyak, bisa mendapatkan potongan harga. Itulah beberapa alasan mengapa saat ini orang-orang banyak membeli produk di aplikasi belanja online. Cara ini memang membuat orang-orang dapat memanfaatkan waktu lebih efisien dan juga kecepatan saat berbelanja sehingga tidak membuang waktu yang banyak. 

Perlu diperhatikan juga sisi negatifnya, jika membeli secara online harus benar benar teliti saat membeli dengan cara membaca deskripsi produk serta melihat review dan penilaian dari pembeli yang sudah menerima barangnya. Terkadang, ada yang kurang memperhatikan hal ini, sehingga saat barang yang dibeli datang dan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, merasa kurang puas dan kecewa.  Hal itu membuat kita rugi juga tidak bisa mengembalikan uang yang telah dibayarkan. Itulah salah satu kelemahan jika membeli barang lewat aplikasi belanja online. Sisi negatif paling utama yang perlu diperhatikan yaitu perilaku hidup konsumtif. Sikap konsumtif sendiri adalah perilaku atau gaya hidup individu yang gemar membelanjakan uang tanpa adanya pertimbangan untuk kedepannya. Perilaku ini berlebihan, jika diri sendiri tidak bisa mengendalikan keinginannya. Pemborosan akan terjadi jika kesadaran akan hidup konsumtif tidak diperhatikan. Sejatinya belanja itu sesuai kebutuhan bukan keinginan yang tidak  pernah berhenti muncul. Seseorang akan terus membelanjakan uangnya jika selalu ingin memenuhi keinginan yang belum tentu diperlukan.

Oleh karena itu, adanya teknologi yang berkembang, dan dimanfaatkan dengan baik sehingga menjadi sumber penunjang ekonomi. Hal-hal yang menjadi faktor mengapa orang-orang pada saat ini lebih memilih menggunakan aplikasi belanja online yaitu karena faktor perkembangan zaman yang semakin pesat. Hanya dengan ponsel, dapat membeli produk tanpa langsung ke tokonya sehingga mengehemat waktu. Ketelitian dalam membeli barang juga harus diperhatikan dalam pembelian online, karena pada jual beli secara online pasti mempunyai sisi negatifnya jika tidak diperhatikan dengan seksama. Harapannya agar para pengguna aplikasi belanja  online dapat menggunakan secara bijak dan baik. Teliti dalam pembelian. Kurangi perilaku konsumtif yang dapat membuat rasa sesal dikemudian hari. Kendalikan segala hal yang dapat membuat diri sendiri rugi. Utamakan kebutuhan bukan keinginan semata. Gaya hidup itu tidak bisa dihentikan tetapi  bisa diubah.

 

 

 

Comments