Mengenal Iklan Digital

Comments · 147 Views

Sebuah channel pemasaran produk atau jasa melalui media digital yang berbasis internet.

Jenis Iklan Digital dan Contohnya

Ada beberapa jenis iklan lewat media digital beserta contohnya yang perlu StickFriends ketahui. Jenis iklan digital tersebut antara lain:

1. SEM (Search Engine Marketing)

Pertama ada SEM atau Search Engine Marketing. Jenis iklan satu ini juga terkenal dengan nama paid search. Seperti namanya, SEM mencakup iklan Pay Per Click atau PPC.

Di era saat ini, mesin pencari menjadi salah satu media yang paling dekat dengan pengguna internet. Pada mesin pencari tersebut, StickFriends bisa mencari berbagai macam informasi seputar produk atau jasa.

Nah, kemudahan menemukan informasi inilah yang membuat mesin pencarian semakin eksis dan menjadi jenis iklan lewat digital yang populer dan efektif untuk sebuah bisnis.

Contoh iklan digital berbentuk SEM yang perlu StickFriends ketahui, antara lain:

  • Google Shopping Ads

Contoh iklan satu ini akan menampilkan produk atau jasa lengkap dengan gambar, kemudian akan muncul di mesin pencarian Google. Produk atau jasa yang muncul dalam Google Shopping Ads akan dilengkapi dengan harga dan informasi penting lainnya.

Google Shopping Ads sangat efektif untuk mempromosikan produk dalam jumlah yang banyak. Cara menggunakan iklan satu ini juga terbilang mudah, StickFriends hanya perlu mengunggah produk atau jasa ke Google Merchant Center. Lalu, ikuti tahap selanjutnya sesuai dengan arahan.

  • Iklan Bergambar (Display Ads)

Contoh iklan bentuk SEM berikutnya adalah Display Ads atau iklan bergambar.

Iklan ini biasanya muncul pada situs web yang StickFriends akses atau buka. Fokus utama dari iklan ini adalah untuk meningkatkanbrand awarenes. Sehingga Display Ads sangat cocok untuk memasarkan brand atau produk yang kurang terkenal.

2. SMA (Social Media Advertising)

Jenis iklan yang kedua adalah Social Media Advertising atau SMA. Jenis iklan ini juga memiliki nama lain yaitu paid social.

Saat ini, perkembangan media sosial di Indonesia begitu pesat. Ini menjadi salah satu peluang yang menguntungkan bagi pelaku usaha untuk memasarkan produk atau jasanya melalui media sosial.

Ada banyak platform media sosial yang bisa StickFriends manfaatkan untuk promosi. Platform tersebut seperti YouTube, Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, Pinterest, hingga LinkedIn.

Namun, agar lebih optimal dalam mempromosikan produk atau jasa, sebaiknya pilih platform yang memiliki target pasar sesuai dengan produk atau jasa milik StickFriends.

Contoh iklan dalam bentuk Social Media Advertising yang populer di Indonesia saat ini antara lain:

  • Instagram Ads

Jumlah pengguna Instagram di Indonesia saat ini menyentuh angka 93,53 juta menurut data Napoleon Cat. Jumlah ini berpotensi besar untuk memasarkan sebuah produk atau jasa.

Sebagai gambaran, biaya menggunakan Instagram Ads per harinya adalah Rp25.000,00. Semakin lama waktu promosi dan semakin banyak target audiensnya, maka semakin besar pula biaya yang harus StickFriends keluarkan.

  • Facebook Ads

Kedua ada Facebook Ads. Meski jumlah penggunanya tidak sebanyak Instagram, tetap saja Facebook menjadi salah satu platform media sosial yang efektif untuk berpromosi.

Demi mempermudah para pebisnis, Facebook sudah menyediakan berbagai macam fitur menarik untuk mempromosikan produk atau jasa, lho. Fitur dari Facebook Ads tersebut seperti bebas memilih tujuan promosi, bebas memilih target pasar, dan bebas memilih biaya.

Berbicara soal biaya, iklan digital satu ini mematok tarif yang cukup terjangkau yaitu Rp10.000,00 per hari. Sama seperti Instagram Ads, besar atau kecilnya tarif Facebook Ads akan mempengaruhi jumlah iklan yang muncul.

3. Remarketing atau Retargeting Advertising

Jenis iklan digital berikutnya adalah Remarketing atau Retargeting Advertising. Seperti namanya, iklan ini memiliki tujuan utama yaitu mempertahankan ketertarikan serta menumbuhkan keinginan pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang muncul dalam iklan tersebut.

Iklan ini akan menampilkan kembali produk atau jasa kepada pelanggan yang sudah mengunjungi web atau aplikasi e-commerce. Artinya, iklan yang muncul akan berisi penawaran produk atau jasa yang sama.

Contoh iklan ini bisa muncul lewat berbagai macam platform seperti Instagram, Facebook, SEM, hingga email marketing.

Kesimpulannya, iklan berbentuk Remarketing atau Retargeting Advertising ini akan muncul meskipun audiens tidak melakukan pembelian. Iklan ini akan terus mengikuti jejak perilaku audiens saat mencari sebuah produk atau layanan jasa di situs lain.

4. Video Marketing

Iklan digital terakhir yang perlu StickFriends ketahui adalah Video Marketing. Kabarnya, jenis iklan satu ini paling efektif untuk memasarkan produk atau layanan jasa dari semua lini usaha.

Contoh Video Marketing yang bisa StickFriends hadirkan seperti vlog, tutorial, live stream, webinar, dan lainnya. Platform yang cocok untuk menampilkan Video Marketing adalah YouTube, Instagram, dan TikTok. Ketiga platform ini sangat eksis di Indonesia dan memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak.

Selain itu, Video Marketing yang menarik dan unik akan mudah viral atau populer dan sering muncul pada platform media sosial tersebut. Hal ini akan membuat produk atau jasa dalam iklan Video Marketing populer dan laku terjual.

Sebagai tambahan informasi, viral atau tidaknya iklan dalam bentuk Video Marketing ini tergantung seberapa menarik kontennya. Biasanya untuk menaikkan jumlah viewers, pelaku usaha akan menyewa atau bekerja sama dengan influencer atau selebgram yang sesuai dengan produk atau jasa tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Iklan Digital

Setelah mengetahui jenis dan contoh dari iklan digital, pasti StickFriends penasaran apa kelebihan dan kekurangan iklan digital, bukan? Agar tidak bingung, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari iklan melalui digital:

Kelebihan Beriklan Menggunakan Media Digital

Terdapat 4 kelebihan yang akan StickFriends dapatkan jika memilih beriklan menggunakan media digital. Kelebihan tersebut antara lain:

  • Memudahkan kegiatan pemasaran, mulai dari pembuatan hingga penyebaran iklan.
  • Menghemat biaya promosi produk atau jasa.
  • Komunikasi antara penjual dengan pembeli terjalin dengan baik meski berada di tempat yang berbeda.
  • Tidak mengenal batas waktu.

Kekurangan Beriklan Menggunakan Media Digital

Tidak hanya kelebihan, iklan digital juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu StickFriends ketahui. Kekurangan tersebut antara lain:

  • Persaingan sesama kompetitor yang sangat sengit.
  • Konten atau iklan mudah ditiru oleh pihak kompetitor.
  • Membutuhkan kreativitas dan inovasi terbaru agar audiens tidak bosan.

Comments