Marketing Communication

Comments · 118 Views

Strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai target pasar mereka melalui berbagai jenis medium. Bisa meliputi iklan, pemasaran langsung, dan branding

Menurut MaRS, perusahaan konsultan asal Kanada,marketing communication adalah segala pesan dan media yang disampaikan perusahaan dalam upaya berkomunikasi dengan pasar. Bentuknya bisa bermacam-macam. Mulai dari iklan, pemasaran langsung,branding,pengemasan, kegiatan-kegiatan PR, presentasisales,sponsor, aktivitasonline, dan lainnya. Hal paling penting dalam konsepmarketing communication adalah cara pemasaran kepada segmen yang disasar.Apabila pemasaran yang dilakukan cukup menarik, kamu tak hanya mendapatkan kemungkinan produk laku terjual, tapi pelanggan pun akan kembali lagi untuk membeli.Masalahnya, konsep ini memiliki banyak kemungkinan untuk terdistorsi atau gagal mendapatkan konsumen. Hal yang paling lazim menyebabkan distorsi adalah pemilihan metode pemasaran yang tidak sesuai.Agar tidak mengalami kegagalan, pastikan untuk menentukanpositioningperusahaan. Secara strategi,positioning akan membuat penjual mengetahui gambaran luas mengenai produk mereka di pasaran.

Menerapkan komunikasi pemasaran berarti mengupayakanstrategi pemasarandalam jangka panjang. Berbeda dengan konsep marketing lain,marketing communicationbaru akan memperlihatkan hasil dalam waktu yang lama.

Lebih jelasnya, berikut beberapa alasan mengapa strategi yang satu ini sangatlah penting.

1. Menciptakanbrand awareness

Hal pertama yang membuatmarketing communicationpenting adalah menciptakanbrand awarenessuntuk masyarakat. Ini berlaku untuk perusahaan baru maupun yang sudah lama berdiri.

Brandakan kesulitan untuk mendapatkan tempat di kalangan target pasar jika tidak menggunakan strategibrand awarenessyang optimal.

Salah satu contoh yang dapat ditemui adalah dengan mengomunikasikan identitasbrandmelalui iklan atau konten di media sosial.

2. Membentukbrand perception

Kedua,marketing communicationberperan sebagai pengubah persepsi masyarakat.

Hal tersebut dilakukan karena terkadang, kesalahpahaman sering terjadi di masyarakat terkait sebuah produk atau jasa dari sebuah perusahaan.

Persepsibrandjuga meliputi apa yang konsumenmu rasakan ketika berinteraksi denganbrand.

Itulah mengapabrandharus memperhatikan teknik komunikasi yang digunakan agar persepsi yang terbentuk sesuai dengan maksud yang ingin disampaikanbrand.

3. Mendorong konsumen untukrepurchase

Tujuan ketiga dari metode ini adalah memotivasi pembeli untuk membeli lagi. Ini biasanya dilakukan melalui iklan persuasif, yang menekankan manfaat yang lebih besar pada produk atau jasa yang dijual ketimbang kompetitor.

Kamu juga bisa mengajak orang untuk mencoba produkmu lewat strategi komunikasi pemasaran yang baik.

Uji coba gratis atau sampel produk umum diterapkan untuk membujuk pelanggan agar mau mencoba sebuah produk untuk pertama kalinya. Tujuan hal ini adalah untuk membuat masyarakat tahu produk.

Strategi ini dilakukan oleh raksasa layananstreamingmusik, Spotify. Untuk menciptakan pembelian, Spotify menawarkan uji coba gratis selama 30 hari.

Setelah berakhirnya uji coba gratis, mereka menawarkan biaya berlangganan dengan beragam penawaran.

Untuk mendukung keberhasilan komunikasi pemasaran, diperlukan berbagai macam strategi.

Penerapan strategi ini disesuaikan dengan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan, misalnya meningkatkan pembelian atau menambah jumlah pelanggan.

Berikut strategi-strategi untuk meningkatkan keberhasilannya menurutSmall Business Chron.

1. Kenali target pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui target pasar. Agar berhasil melakukan ini, penjual hanya perlu melakukan penelitian mengenai segmentasi pasar.

Menurut pakarmarketingPhilip KotlerdanGary Armstrong, kamu perlu mempelajari pasar dari sisigeografis, demografis, psikografis, dan sosiokultural.

2.Tentukan USP

Strategi ketiga yang diperlukan agar sukses dimarketing communicationadalah menentukanunique selling point(USP). USP penting untuk memastikan produkmu berbeda dari yang lainnya.

Caranya yaitu dengan melakukan riset kompetitor. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa produkmu bisa memberikan solusi yang tepat bagi pelangganmu.

Dengan begitu, pelanggan akan tertarik menggunakan produkmu dan kamu bisastand outdari para kompetitor.

3.Konsisten dengan pesanbrand-mu

MenurutEconomic Discussion, pasarmarketingsaat ini adalah ruang yang sangat ramai dengan medium pemasaran yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, agar sukses dalam memasarkan produk, pastikan agar pesanmu paling menonjol.

Kamu harus konsisten mendapatkan perhatian dari masyarakat. Pastikan semua pesan yang kamu sampaikan selaras dan konsisten supaya makin mudah diingat.

4. Sesuaikan bahasa dan gaya berkomunikasi

Strategi berikutnya adalah menggunakan bahasa dan gaya berkomunikasi pelanggan yang kamu sasar. Sesuaikan juga pesanmu dengan kebutuhan mereka.

Misalnya, jika target pasarmu masyarakat berusia 40 tahun ke atas, pastikan untuk selalu menggunakanfontbesar tanpa banyak jargon.

5. Pilih saluranmarketingyang tepat

Terakhir, pilih saluranmarketinguntuk segmen yang tepat. Bagi pemilik bisnis baru, ada banyak opsi saluran marketing.

Agar sukses, pilih saluranmarketingyang sesuai dengan target pasar. Misalnya target pasarmu adalah generasi muda, maka manfaatkanmedia sosialdan aplikasi yang lebih dekat dengan keseharian mereka.

Skill untuk Berkarier di Bidang Komunikasi Pemasaran

Sebagian besar perusahaan menggunakan komunikasi pemasaran sebagai alat utama untuk mempromosikan produk, layanan, danbrandke audiens yang berbeda.

Karenanya, kamu yang bergerak di bidangmarketing communicationakan mewujudkan seluruh prosesmarketing: dari hubungan klien, relasi publik, dan strategi pemasaran.

Secara umum tugas mereka adalah membuat rencana pemasaran, mengorganisir strategi penjualan, dan mengelola anggaran pemasaran.

Lebih jauh lagi, menurut Morgan International, seorangmarketing communicationsetidaknya memiliki beberapa skill dasar seperti penulisan,public speaking, komunikasi nonverbal, hingga sedikit desain grafis.

1. Menulis

Menulis adalah keterampilan penting untuk kamu yang bekerja di bidangmarketing communication. Kata-kata yang kamu pilih adalah pondasi darimarketing.

Beberapa medium sepertipress release, blog, dannewslettermenggunakan rangkaian kata sebagai senjatanya. Maka, kemampuancopywriting, SEO, serta riset akan jadi nilai plus.

2.Public speaking

Kemampuanpublic speakingjadi penting untuk seorangmarketing communicationkarena kebanyakan tugasnya membutuhkan kemampuan berbicara hingga kepercayaan diri saat di depan umum.

Terutama saat menjelaskan konsep strategi yang ingin kamu ajukan ke beberapastakeholdermaupun anggota tim pemasaran.

3. Kepekaan dan empati

Skillselanjutnya adalah empati yang ditunjukkan lewat komunikasi nonverbal. Komunikasi nonverbal meliputi bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan suara.

Selain tiga yang disebut,skilllain yang dibutuhkan adalah kepekaan dan keinginan untuk memahami apa yang dirasakan oleh konsumen.

4. Desain grafis

Terakhir adalah desain grafis.Skillini sebetulnya bukan menjadi kebutuhan besar. Beberapa perusahaan tidak mensyaratkan ini.

Namun, bayangkan apabila kamu memiliki keterampilan mendesain untuk posisimarketing communication, tentu akan menjadi sebuah nilai plus.

Kamu jadi bisa memberikan arahan visual ataupun berkreasi bebas dengan ide-idemu.

5. Kreativitas

Skillyang juga tidak kalah penting adalahcreative skill.

Pesan dan strategi komunikasi yang kamu gunakan tentunya tidak boleh sama dengan yang sudah digunakan olehbrandlain.

Tak hanya dari segi pesan, segi visual dan eksekusi juga harus kreatif dan inovatif agar mampu menarik perhatian target audiens.

6. Kemampuan riset

Kamu juga perlu memiliki kemampuan riset agar ide yang didapatkan bisa lebih beragam.

Selain itu, kamu juga harus tahu apa tren yang saat ini sedang digandrungi oleh target audiensmu sehingga pesan yang disampaikan lebih mudah diterima.

Dalam memilih strategi terbaik, diperlukan juga analisis kompetitor agar tim pemasaran tahu bagian mana yang bisa dipelajari dari mereka.

Dengan adanya analisis kompetitor, kamu juga dapat mengetahui bagian mana yang bisa diperbaiki agarbrand-mu dapat mengungguli strategi kompetitor.

Comments