Green Technology: Strategi Teknologi Ramah Lingkungan

Comments · 76 Views

Salah satu cara memerangi pemanasan global ini adalah penghijauan. Para insinyur dan ilmuwan di seluruh dunia selalu mencari dan memperbaharui solusi teknologi untuk mengurangi dan menghilangkan segala penyebab pemanasan global. Dan, dari sinilah muncul sebuah solusi mutakhir yang bernama

Apa Itu Green Technology?

Agar makin paham apa itu green technology, yuk kita bahas bersama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) – kampus IT terbaik di Bali. “Green Technology”, adalah istilah yang sering kita dengar. Green technology adalah teknologi yang ramah lingkungan yang memiliki integrasi antara teknologi modern dengan ilmu lingkungan, dengan tujuan mengurangi dampak negatif dari aktifitas manusia termasuk dampak dari pemanasan global.

Green technology adalah salah satu jenis teknologi ramah lingkungan, sebuah teknologi yang dapat digunakan untuk menjalankan proses kegiatan industri tanpa menimbulkan permasalahan terhadap pelestarian lingkungan.

Manfaat Green Technology

Pada umumnya, manfaat green technology adalah memastikan teknologi dapat berjalan beriringan dengan kegiatan pelestarian lingkungan. Selain itu, ternyata ketika kita sudah menerapkan teknologi ini, tentunya ada banyak hal yang bisa diubah, seperti mengubah kondisi udara dan air. Pada proses industri konvensional, kegiatan produksi bisa menyebabkan pencemaran udara dan air. Lantas, dengan green technology, berbagai pencemaran bisa diminimalisasi.

Udara yang sudah tercemar dapat kembali murni, sampai pencemaran hingga kelangkaan air bersih pun bisa ditangani, dan berbagai kerusakan lingkungan lainnya bisa diperbaiki. Dengan pengembangan green technology ini bisa memberikan berbagai manfaat untuk lingkungan dan bumi kita, sehingga dapat menjadi lebih baik lagi.

Aktivitas Sederhana Penerapan Green Technology

Inilah berbagai upaya untuk menerapkan green technology, baik dalam kehidupan sehari-hari, lingkungan kampus swasta terbaik di Bali – INSTIKI, sampai lingkungan kerja.

  • Bijak Menggunakan Energi. Civitas INSTIKI, kamu dapat menggunakan energi secara bijak tidak berlebihan. Contohnya, mencabut charger dari stopkontak apabila tidak digunakan, mematikan lampu yang tidak dipakai, menggunakan air secukupnya, dan lainnya.
  • Memakai Produk Ramah Lingkungan. Dalam kehidupan sehari-hari misalnya, saat berbelanja kamu dapat membawa tas belanjaan sendiri daripada menggunakan plastik.
  • Lakukan Daur Ulang. Misalnya, untuk berbagai perangkat elektronik yang sudah tidak digunakan dapat diproses menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Apple, Salah Satu Perusahaan yang Menerapkan Green Technology

Apa yang ada dibenakmu ketika mendengar brand Apple? Mahal? Modern? Eksklusif? Mungkin semua label yang diberikan terasa benar, namun tahukah kamu bahwa Apple sangat peduli terhadap lingkungan alam.

Tak hanya memikirkan inovasi-inovasi dengan tujuan untuk memukau publik, Apple juga menciptakan robot bernama Daisy yang tugasnya mendaur ulang limbah-limbah yang dihasilkan oleh pabrik demi kesehatan lingkungan. Selain itu, Apple Park yang merupakan kantor utama Apple di California juga menggunakan atap bertenaga matahari yang digunakan dalam kegiatan operasional di kantor Apple.

Comments