Cara menginstal Google Play Store di Windows 11

Comments · 188 Views

Untuk menginstal Google Play Store di Windows 11, Anda harus menghapus instalasi Subsistem Windows untuk Android terlebih dahulu. Kemudian, kompilasi dan instal Subsistem Windows untuk Android yang dimodifikasi di komputer Anda. Teruslah membaca untuk instruksi rinci

Langkah 0: Cara menginstal Google Play Store di Windows 11

Google Play Store di Windows 11 masuk
Palash Volvoikar / Otoritas Android

Ada banyak langkah untuk menginstal Google Play Store di Windows 11. Banyak dari langkah ini termasuk menyiapkan sistem dan file subsistem Anda. Anda memerlukan waktu untuk mengunduh semua file yang diperlukan, menyiapkan sistem, dan melakukan proses instalasi terakhir. Jika Anda ingin memasang beberapa aplikasi sederhana yang tidak memerlukan Layanan Google Play, Anda mungkin ingin melakukan sideload APK ke Subsistem Windows Android yang tidak dimodifikasi, seperti yang dijelaskan secara rinci dalam panduan kami .

Catatan dan kredit

Metode berikut untuk menginstal Google Play Store di Windows 11 berasal dari proyek MagiskOnWSALocal di GitHub. Ingat, Anda harus memenuhi persyaratan sistem minimum dan menggunakan versi Windows 11 terbaru agar ini dapat berfungsi.

Cara ini bekerja dengan cara memodifikasi Subsistem Windows untuk Android dan mengganti kernel dengan yang sudah dimodifikasi. Oleh karena itu, metode ini berisiko dan dapat mengakibatkan hilangnya data. Anggaplah diri Anda sudah diperingatkan.

Langkah 1: Hapus Instalasi Subsistem Windows untuk Android

Agar metode ini berfungsi, Anda harus menghapus instalan versi Subsistem Windows untuk Android saat ini di sistem Windows 11 Anda. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di Windows 11.
  2. Klik pada tab Aplikasi dari panel kiri dan pilih Aplikasi & fitur  di menu kanan.
  3. Ini harus menjadi tab pertama di bagian Aplikasi.

Gulir ke bawah ke Subsistem Windows untuk Android di daftar aplikasi. Klik menu tiga titik, dan klik Uninstall .

Copot pemasangan Subsistem Windows untuk Android
Palash Volvoikar / Otoritas Android

Langkah 2: Mendapatkan dan mengemas Subsistem Windows yang dimodifikasi untuk Android

Subsistem Windows untuk Android tidak menyertakan Play Store secara default, jadi kami harus membuat dan menginstal sendiri versi modifikasinya. Untungnya, komunitas sumber terbuka telah membuat skrip yang mengotomatiskan seluruh proses modding untuk kami. Namun sayangnya script tersebut hanya akan berjalan di distribusi Linux sehingga kita tidak bisa menjalankannya langsung di Windows. Tapi jangan khawatir — dengan menggunakan Subsistem Windows untuk Linux, kita bisa mendapatkan baris perintah Ubuntu di Windows 11.

Untuk memulai, navigasikan ke halaman Microsoft Store untuk Ubuntu dan klik Instal . Ini akan membuka Jendela Microsoft Store, tempat Anda dapat memulai instalasi.

Setelah instalasi selesai, klik tombol Buka . Jendela command prompt akan muncul (gambar di bawah). Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan yang berbunyi “Subsistem Windows untuk Linux belum diaktifkan”, tekan tombol Windows di keyboard Anda, cari dan buka aplikasi Terminal, ketik wsl --installdan tekan tombol Enter. Ikuti petunjuknya hingga Anda berhasil mengaktifkan Subsistem Windows untuk Linux. Anda mungkin harus me-reboot sistem Anda agar perubahan diterapkan.

Di jendela Ubuntu, masukkan nama pengguna dan tekan enter. Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan kata sandi untuk akun tersebut. Ini tidak harus sama dengan kata sandi akun Windows Anda, tapi jangan lupa! Kami akan membutuhkannya sebentar lagi.

menginstal wsl windows 11
Calvin Wankhede / Otoritas Android

Pada akhirnya, Anda akan melihat pesan Instalasi berhasil , diikuti dengan baris perintah kosong yang menunggu masukan Anda.

 

Ketik git clone https://github.com/LSPosed/MagiskOnWSALocal.gitdan tekan tombol Enter. Tunggu hingga pengunduhan selesai.

bash wsl Prompt git clone langkah 2
Calvin Wankhede / Otoritas Android

Selanjutnya, kita perlu menavigasi ke folder yang baru saja kita unduh. Script yang perlu kita jalankan ada di direktori scripts. Masuk ke folder menggunakan perintah: cd MagiskOnWSALocal/scripts.

Ketik ./run.shdan tekan tombol Enter untuk menjalankan skrip. Anda akan diminta memasukkan kata sandi akun Ubuntu Anda dari beberapa langkah yang lalu. Tahap selanjutnya akan melibatkan pengunduhan dan instalasi beberapa paket.

bash wsl prompt jalankan skrip langkah 3
Calvin Wankhede / Otoritas Android

Setelah paket diinstal, Anda akan diberikan beberapa opsi. Anda dapat melanjutkan dengan pengaturan default di sini – cukup tekan Enter hingga Anda mencapai langkah yang menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan akses root. Pilih Tidak di sini. Terakhir, ketika ditanya apakah Anda ingin menginstal GApps, pilih opsi Yes . Anda dapat memilih apakah Anda ingin mempertahankan toko aplikasi Amazon atau tidak. Pada langkah yang menanyakan apakah Anda ingin mengompresi output, pilih No .

 

 

Setelah perintah terakhir, Anda harus menunggu skrip mengunduh file yang diperlukan dan mengkompilasi Subsistem Windows untuk Android yang dimodifikasi.

Setelah berhasil, Anda akan melihat prompt baris perintah kosong sekali lagi. Kami sekarang siap untuk menyalin dan menginstal build yang dimodifikasi ini.

Langkah 3: Instal Subsistem Windows yang dimodifikasi untuk Android dengan Play Store

Kita sekarang harus menavigasi ke folder output di folder utama MagiskOnWSALocal. Ketik cd ../outputdan tekan Enter.

Sekarang kita berada di folder keluaran, kita perlu membukanya di File Explorer. Untuk melakukan ini, cukup masukkan explorer.exe .dan tekan tombol Enter. Jangan lewatkan spasi dan titik setelah explorer.exe!

Pada folder output, klik dua kali pada folder WSA_… dan cari file Run.bat (gambar di bawah). Klik dua kali file ini dan berikan izin administratif saat diminta.

 
bash wsl prompt jalankan skrip langkah 12
Calvin Wankhede / Otoritas Android

Satu atau dua menit kemudian, instalasi akan selesai. Layar mulai Play Store sekarang akan muncul di layar Anda. Itu saja — kita telah mencapai akhir!

bash wsl play store langkah 13
Comments