Pentingnya Memahami Teknologi bagi Umkm di Era Digital

Comments · 246 Views

Di era digital ini, peluang bagi UKM semakin banyak. Lingkungan UMKM merupakan salah satu lingkungan usaha yang sangat terbantu dengan adanya teknologi internet karena para pengusaha UMKM dapat menjual produknya dan memperluas pasarnya dengan lebih cepat dan efisien.

Adanya marketplace,media sosial dan dibangunnya situs web yang bisa diakeses menjadikan kekuatan untuk mendorong UMKM dalam menumbuhkan sikap  daya saing antara Perusahaan satu dengan lainnya terutama dalam hal memasarkan produk.Tetapi bagi seorang pengusaha UMKM, internet akan mengurangi biaya produksi dan memperbesar jangkauan pasar secara cepat.

Salah satu contoh gerakan masyarakat untuk mengembangkan digitalisasi adalah gerakan Indonesia Go Digital. Komunitas ini berkembang sejak Covid '19. Komunitas ini diciptakan untuk membantu UMKM di seluruh Indonesia  memanfaatkan teknologi digital dalam operasional bisnisnya. Gerakan ini lahir sebagai respon terhadap program digital perusahaan-perusahaan besar baik pemerintah maupun swasta yang hanya menyediakan koneksi internet dan portal/website untuk memberikan akses kepada UKM dalam mempromosikan produknya. Namun sebagian besar UMKM masih belum memiliki pembagian kerja dan keahlian yang jelas dalam pengelolaan konten  website, sehingga aktivitas online seringkali tidak dikembangkan oleh  UMKM  sendiri. Gerakan Indonesia Digital bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaku usaha, termasuk dunia kerja, untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam memanfaatkan teknologi digital di segala bidang bisnis seperti keuangan, pemasaran, SDM dan operasional. Salah satu teknik yang ditawarkan adalah dengan membuat dokumentasi digital dan menghubungkannya secara online. Berdasarkan jumlah UKM yang berhasil didukung oleh masyarakat, hanya 10% UKM yang siap sepenuhnya digital dan online  dalam bisnisnya. Kebanyakan UKM menggunakan teknologi digital hanya pada tahap pemasaran, membuat katalog online atau menempatkan produknya di pasar tertentu, namun keseluruhan proses transaksi pembayarannya masih menggunakan cara yang sangat sederhana, seperti melalui mobile chat, kemudian pembayarannya dilakukan secara manual melalui bank transfer.Strategi yang digunakan untuk memasarkan UMKM di era digital ini harus dioptimalkan untuk memajukan UMKM melalui teknologi berbasis Internet untuk segalanya(IoT). Zaman modern atau era dimana semua menggunakan teknologi dapat meningkatkan atau menambah daya saing dan jangkauan pasar yang lebih luas, efisiensi proses produksi dan pengelolaan, serta terciptanya segmen pasar baru.

Keberhasilan UMKM dalam Menggunakan Strategi Pemasaran di Era Digital

            Dari pemaparan diatas pengaruh strategi pemasaran sangat berpegaruh bagi kesuksesan UMKM di provinsi Jawa Timur. Pada tahun 2019, di masa Covid '19, Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu provinsi dengan proporsi UMKM yang tinggi. Diperkirakan terdapat sekitar 7 juta UMKM dan 12 juta karyawan yang bekerja di sektor ini, yang berarti 80 % UKM di Jawa Timur telah melakukan pemasaran  online. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa delapan dari sepuluh UKM telah berinisiatif memperluas wilayah pasarnya dengan menggunakan platform digital.

            Berikut perusahaan UMKM yang berani menerapkan pemasaran digital berdasarkan  kasus UMKM di Jawa Timur:

Sebesar kurang lebih  82,36 % UMKM di bidang kuliner makanan, baik pengusaha yang memproduksi tahu dan tempe, warung makan, jajanan, serta oleh-oleh, merupakan pionir yang memberaikan diri mempromosikan produknya di platform digital. 
Selain itu, 78,85 % UMKM yang berkontribusi dalam bidang industri fashion,seperti salon kecantikan dan lainnya juga  menggunakan pemasaran secara digital.
75 persen UKM di industri kerajinan, 50 persen di bidang pertanian, dan 25 persen di industri otomotif  juga terlibat dalam pemasaran  digital.
      Sedangkan pada ada  saat  ini  fase  selesai  pandemi  covid  19  para  pelaku  UMKM  mulai membuat    produk    lebih    banyak    karena    permintaan    dan    pejualan meningakat. hal ini jika tidak memiliki strategi keuangan para pelaku UMKM tidak   akan dapat meminimalisir   pengeluaran   yang digunakan untuk  membeli   bahan   baku pembuatan produk tersebut, sehingga walau permintaan meningkat, namun untuk laba tidak mengalami kenaikan yang maksimal.Pada  saat  ini  penerapan  ilmu  akuntansi  harus  di imbangi  dengan kreaktifitas (Ananda  &  Susilowati,  2019), (Mahaini  et  al.,  2022). 

Ekonomi kreatif  bisa  dikatakan  sebagai  suatu  sistem  transaksi  penawaran  dan permintaan  yang  bersumber  pada  kegitan  ekonomi  yang  di  landasi  oleh pergerakan  sector  industry  kreatif.  Seperti  mengubah  barang  yang  tidak berharga  menjadi  barang  yang  bernilai  ekonomis.  Oleh  karena  penerapan ilmu  akuntansi  bila  di  bumbui  dengan  kratifitas  akan  berdampak  pada banyaknya   peminat   pelaku   usaha   umkm   untuk   menerapannya   pada pengelolaan  keungannya.  karena  manusia  cenderung  memiliki  perasaan ingin  tau  yang  besar.  Ilmuakuntansi  dan  kreatifitas  ekonomi  bisa  di  lihat dari  banyaknya  perkembangan  teknologi  pembukuan  modern  menggunkan aplikasi hal ini bisa mempermudah pelaku umkm dalam menelola keuangan nya.

Berikut ini adalah kasus yang terjadi pada pemasaran digital yang sukses adalah Kyan Mart sebagai toko online UMKM yang telah hadir pada pasar Tokopedia sejak tahun 2020. Pemilik tersebut adalah generasi Z dan memang mereka percaya akan manfaat platform digital terutama di masa pandemi. Program "Go digital" di Indonesia dapat mendorong UKM untuk berkembang di era digital dan melanjutkan kesuksesan operasionalnya dalam keadaan pandemi covid '19 (Kemala, 2021).

 

 

 

Comments