Manfaat SMTP Relay yang Buat Email Marketing Sukses

Comments · 109 Views

SMTP Relay memiliki peran yang krusial dalam pengiriman email marketing Anda. Seperti yang Anda tahu, email marketing menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang paling efektif dan efisien saat ini.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Relay adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan email dari satu server ke server lainnya melalui pihak ketiga.

Layanan ini umumnya digunakan untuk mengatasi beberapa masalah ketika Anda ingin mengirimkan email secara massal, beberapa di antaranya seperti:

  • Pembatasan jumlah email yang dapat dikirim oleh server email pengirim dalam satu waktu.
  • Menghindari email masuk ke kotak spam.
  • Ketika server email pengirim tidak dapat terhubung langsung ke server email penerima. 

Selain itu SMTP Relay juga dapat membantu meningkatkan keamanan email bisnis Anda dengan memperkenalkan lapisan tambahan antara pengirim dan penerima.

Cara Kerja SMTP Relay

Cara kerja SMTP Relay sebenarnya cukup sederhana, sebelum email yang Anda kirimkan sampai ke tujuan akhir atau alamat email penerima, email tersebut akan terlebih dahulu melewati server email relay.

Beberapa tahapannya bisa Anda lihat sebagai berikut :

  1. Anda mengirimkan email melalui klien email seperti Microsoft Outlook atau Gmail.
  2. Pesan email tersebut tidak langsung dikirimkan ke server email tujuan, melainkan akan diteruskan ke server email relay yang bertindak sebagai pengantar email.
  3. Setelah email masuk di server relay, maka email Anda akan diperiksa untuk memastikan tidak ada masalah yang bisa menghambat email Anda sampai ke tujuan akhir.
  4. Setelah email melewati proses pemeriksaan di server email relay, email yang Anda kirimkan kemudian diteruskan ke server email penerima untuk disampaikan ke akun email tujuan.

Dibandingkan dengan server email konvensional, SMTP Relay memberikan berbagai kelebihan ketika Anda ingin menjalankan strategi email marketing.

Baik itu dalam hal kemudahan, keamanan, akses, dan mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi ketika Anda mengirimkan email.

Manfaat SMTP Relay untuk Pengiriman Email Marketing

Sebelum memutuskan untuk memilih dan menggunakan layanan SMTP Relay yang tepat, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui manfaat dari layanan yang satu ini.

Berikut ini 5 manfaat SMTP Relay yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan pengiriman email marketing untuk bisnis.

1. Delivery Email Terjamin

Reputasi domain dan alamat IP Anda menjadi salah satu penentu apakah email Anda diarahkan ke kotak masuk penerima atau justru masuk ke folder spam.

Di sinilah peran penting dari layanan SMTP Relay.

Penyedia layanan SMTP Relay akan menambahkan bisnis Anda ke dalam kumpulan pengirim bereputasi tinggi yang dapat dipercaya sekaligus menjaga reputasi IP Anda.

Dengan begitu, tingkat keterkiriman email Anda akan tinggi dan membantu menghindari email marketing masuk ke kotak spam. 

2. Mengirim Email Dalam Volume Besar

SMTP Relay dapat membantu meningkatkan pengiriman email marketing Anda dengan menangani masalah pembatasan jumlah email yang dapat dikirim oleh server email pengirim dalam satu waktu. 

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengirim email marketing dalam jumlah besar dan memastikan bahwa email marketing tersebut sampai ke kotak masuk pelanggan.

3. Dukungan Teknis dari Pakar SMTP Relay

Penyedia layanan SMTP Relay yang baik tentunya ingin benar-benar memudahkan pekerjaan Anda dalam menjalankan email marketing.

Selain menyediakan infrastruktur email terbaik, biasanya mereka juga akan menyediakan dukungan teknis dari pakar yang berpengalaman untuk membantu Anda ketika mengalami masalah pengiriman email.

4. Hemat Sumber Daya dan Biaya

Kalau berkaitan dengan penghematan biaya dan sumber daya, semua pemilik bisnis tentu saja akan mempertimbangkan hal ini.

Ketika perusahaan atau bisnis Anda menggunakan layanan SMTP Relay, Anda bisa menghemat biaya-biaya yang harus Anda bayarkan ketika memilih mengelola SMTP Anda sendiri.

Biaya tersebut bisa berupa biaya server email, biaya bandwidth, serta biaya pengiriman email yang gagal.

Itulah kenapa memilih menggunakan layanan SMTP Relay bisa jauh lebih hemat sumber daya dan juga biaya.

5. Mudah untuk Di-Scale Sesuai Kebutuhan

Berjalannya waktu, Anda tentu akan memiliki lebih banyak prospek yang perlu terus dikelola.

Yang awalnya hanya ratusan, mungkin meningkat menjadi ribuan bahkan puluhan ribu customer dan calon customer yang perlu Anda kirimkan email marketing. 

SMTP Relay memungkinkan Anda untuk melakukan scale up dan memperbesar volume email sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap penyedia layanan SMTP Relay biasanya sudah menyediakan paket serta fitur pendukung yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

 
Comments