Bisnis Online Yang Dapat Dipilih Dan Menguntungkan

Comments · 74 Views

Sebetulnya, mendirikan bisnis online tidak ada bedanya dengan mendirikan bisnis biasa. Mulai dari konsep, perencanaan, persiapan produk, proses produksi atau mendapatkan produk, sampai ke strategi pemasaran adalah hal yang akan selalu berhubungan dan tidak bisa dipisah-pisahkan dalam bisni

Setelah memahami bagaimana memulai bisnis online, kini Sahabat Wirausaha bisa memilih jenis bisnis online yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki Sahabat Wirausaha. Apa saja, ya?

1. Jastip

Jastip atau jasa titipan merupakan bisnis online yang juga sedang naik daun. Bisnis ini bisa Sahabat Wirausaha lakukan ketika sedang mendatangi toko offline yang lokasinya jauh dari tempat tinggal konsumen, misalnya luar pulau atau luar negeri. Para konsumen jastip juga biasanya menyukai embel-embel produk asli dari toko tersebut. Fakta bahwa barang yang dibeli berasal dari luar negeri membuat mereka bangga terhadap pembelian barang tersebut. Tentu saja, ini sangat bisa dimanfaatkan untuk peluang bisnis online. Bisnis ini butuh sedikit modal karena sebagai orang yang dititipi barang, maka Sahabat wirausaha harus membelinya terlebih dahulu.

2. YouTuber

Sahabat Wirausaha pasti sering menonton video di YouTube bukan? YouTube merupakan salah satu media sosial dalam bentuk video. Modal yang perlu Sahabat Wirausaha siapkan adalah laptop, kamera atau handphone dan jaringan internet. Tidak lupa siapkan juga ide yang kreatif untuk membuat kontennya.

Caranya :

  1. Sahabat Wirausaha harus membuat akun YouTube secara gratis.
  2. Buatlah konten video yang baik dan menarik untuk di upload.
  3. Upload video tersebut melalui akun yang telah Sahabat Wirausaha buat.

Hal yang Sahabat Wirausaha siapkan :

  1. Rasa percaya diri.
  2. Kreativitas.
  3. Punya kemampuan mengedit.

Setelah video dibuat, Sahabat Wirausaha harus mendaftarkan akun tersebut untuk dimonetisasi.

Monetisasi adalah video yang Sahabat Wirausaha buat, yang nantinya dapat disertakan iklan sehingga saat orang mengklik atau menonton iklan pada video Sahabat Wirausaha, maka Sahabat Wirausaha akan mendapatkan uang. Semakin banyak yang menonton maka semakin banyak pula pendapatan yang akan Sahabat Wirausaha dapatkan.

2. Dropshipper

Dropship merupakan jenis usaha di mana Sahabat Wirausaha dapat menjual barang atas nama merek Sahabat Wirausaha, tetapi barangnya dikirimkan oleh pihak lain (supplier). Dari usaha bisnis online tanpa modal ini, Sahabat Wirausaha dapat memperoleh keuntungan dari harga yang ditetapkan sendiri dengan margin tertentu. Sahabat Wirausaha dapat memasarkan produk di semua social media dan e-commerce, maka pelanggan akan mendatangi Sahabat Wirausaha. Keuntungan lainnya, Sahabat Wirausaha juga tidak perlu memikirkan persediaan karena stok dipegang oleh pemasok. Hal ini dapat menghemat biaya gudang, sewa, pengendalian dan sebagainya. Maka tidak heran jika jenis usaha online ini banyak diminati.

Sahabat Wirausaha cukup melakukan hal di bawah ini :

  1. Temukan barang yang akan dijual.
  2. Buat akun di situs penjualan.
  3. Buat akun media sosial.
  4. Tetap promosikan produk yang dijual.

3. Admin media sosial

Sahabat Wirausaha juga dapat mencoba untuk menjadi admin social media, loh! Sahabat Wirausaha hanya perlu membuat ide untuk mengisi konten yang menarik. Pekerjaan ini cukup baru di beberapa tahun ini, tetapi banyak yang membutuhkannya. Terlebih sekarang banyak akun-akun social media untuk berjualan.

Hal yang Sahabat Wirausaha akan lakukan adalah :

  1. Membuat konten yang menarik.
  2. Meningkatkan jumlah followers atau likes.
  3. Berinteraksi dengan followers.

4. Menawarkan jasa sesuai hobi

Jika Sahabat Wirausaha memiliki keahlian atau hobi tertentu pada sebuah bidang, Sahabat Wirausaha dapat menjual keahlian dan hobi tersebut untuk mendapatkan pendapatan. Tawarkan jasa Sahabat Wirausaha melalui media sosial. Peluang bisnis ini sangat besar karena banyak orang yang sekarang mencari kebutuhan mereka juga melalui media sosial termasuk jasa. Apapun kemampuan yang Sahabat Wirausaha miliki, cobalah untuk mulai menawarkannya. Beberapa contoh jasa yang sekarang banyak ditawarkan seperti menjadi freelancer, membuka jasa konsultasi, misalnya konsultasi SEO, desain, pajak dan lain-lain, jasa fotografi, penerjemah, penulis dan masih banyak lagi. Pendapatan dari jasa-jasa tersebut juga menguntungkan. Selain itu, dalam bekerja Sahabat Wirausaha juga akan merasa senang tanpa beban karena sudah sesuai dengan hobi atau keahlian.

5. Asisten virtual

Dengan begitu banyak bisnis yang beroperasi secara online, tidak mengherankan bila saat ini banyak dibutuhkan asisten virtual untuk membantu bisnis online tersebut tetap teratur dalam menyelesaikan tugas administratif tanpa perlu mengeluarkan modal besar. Tugas seorang asisten virtual mencakup penulisan, membalas email, membuat, dan mendistribusikan dokumen yang berkaitan dengan bisnis, menanggapi pertanyaan media dan bisnis, menulis dan membuat konten, dan masih banyak lagi.

6. Penerjemah

Kebanyakan penerjemah melakukan pekerjaan mereka di rumah, dan seringkali bekerja di bawah tenggat waktu yang ketat. Namun meskipun memiliki deadline pengerjaan, menjadi seorang penerjemah bisa dilakukan secara online dan freelance. Bisanya tawaran kerja sebagai penerjemah ini sebatas per buku atau per materi yang ingin dialih bahasakan. Tidak secara berkelanjutan ataupun terus menerus.

7. Web developer

Sebenarnya cukup mudah untuk membangun sebuah situs sendiri. Namun, kebanyakan orang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian secara serius untuk mengerjakannya. Untuk menangkap peluang ini, maka dibutuhkanlah banyak jasa seorang web developer. Menjadi seorang web developer, Sahabat Wirausaha membutuhkan laptop, koneksi internet, dan kemampuan membuat situs.

Pekerja web developer ini memiliki gaji tinggi karena tingkat keahliannya yang tidak dimiliki semua orang. Semakin rumit situs yang mampu dibuat seorang web developer, semakin mahal harga yang dapat ditawarkan.

8. Full Time Investor

Jika Sahabat Wirausaha adalah seorang yang pandai melakukan analisis terhadap nilai suatu perusahaan, maka menjadi seorang investor adalah pilihan pekerjaan online menantang yang bisa Sahabat Wirausaha kerjakan. Menjadi seorang investor online tidak selalu membutuhkan modal besar. Dengan modal kecil pun, Sahabat Wirausaha sudah bisa mulai berinvestasi. Sebagai gambaran, pekerjaan menanam investasi ini bisa memberikan hasil sebesar 18% dalam setahun dan mampu menjanjikan passive income, tanpa harus selalu dikejar deadline pekerjaan.

9. Paid Survey

Banyak jenis survey yang ditawarkan secara online untuk mencari tingkat kepuasan maupun penggunaan suatu bisnis. Lembaga survey ini biasanya menawarkan insentif baik berupa barang maupun uang. Pada pekerjaan ini, cukup meluangkan waktu selama 10-30 menit untuk mengisi sebuah survey, maka Sahabat Wirausaha bisa mendapatkan penghasilan.

10. Buzzers

Menjadi seorang buzzer berarti harus membagikan unggahan maupun hal yang menarik untuk mendapatkan sebuah insentif. Besarnya insentif yang bisa didapatkan ketika menjadi seorang buzzers tergantung dari seberapa aktif kamu untuk membagikan artikel tersebut dan berapa banyak posting-an yang bisa dibagi.

11. Konsultan SEO

Apakah Sahabat Wirausaha tahu seluk beluk mengenai mesin pencari dan memiliki keterampilan dalam menggunakan platform seperti Google Analytics? Jjika ya, sebuah peluang baik, nih! Banyak pemilik bisnis kecil tidak menyadari seberapa besar fungsi dari Search Engine Optimization (SEO) bagi bisnis mereka. Mendidik pemilik bisnis tersebut tentang kegunaan SEO adalah sebuah peluang dan ide bisnis menarik yang bisa Sahabat Wirausaha coba. Dengan kapabilitas Sahabat Wirausaha terkait SEO, Sahabat Wirausaha bisa memberikan konsultasi kepada bisnis pelanggan dalam hal membantu mengubah situs web mereka menjadi properti yang lebih ramah SEO.

Gunakan pengetahuan Sahabat Wirausaha mengenai SEO untuk menunjukkan kepada pemilik bisnis cara membaca dan menggunakan data analitik mereka dengan cara yang benar. Materi yang diberikan diantaranya adalah bagaimana cara menggunakan kata kunci dan menyusun konten dengan benar untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung akan berguna bagi bisnis klien Sahabat Wirausaha.

12. Pelatihan bisnis secara online

Jika Sahabat Wirausaha memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan di dunia bisnis, Sahabat Wirausaha dapat membuat bisnis yang membantu calon pengusaha menemukan kesuksesannya. Sahabat Wirausaha dapat menggunakan keterampilan tersebut untuk membantu pemilik bisnis baru memulai dengan awal yang baik dan membantu mereka yang mempunyai pertanyaan dan masalah bisnis. Untuk membagikan pengetahuan dan keterampilan Sahabat Wirausaha dan mendatangkan klien, Sahabat Wirausaha dapat menulis artikel tentang bisnis di platform seperti LinkedIn.

13. Menjual produk-produk khusus

Sahabat Wirausaha bisa menjual produk-produk yang tidak umum secara online seperti alat-alat musik atau makanan berbahan organik. Dengan memanfaatkan toko ecommerce khusus, Sahabat Wirausaha dapat menjangkau pelanggan yang mencari produk khusus dan terspesifik. Yang Sahabat Wirausaha butuhkan adalah mendaftarkan bisnis di beberapa web online store yang membantu Sahabat Wirausaha menampilkan produk jualan di web mereka. Selain persyaratan yang mudah dan tidak dikenakan biaya pembuatan akun, peluang produk Sahabat Wirausaha dilihat oleh orang-orang sangatlah besar. Sehingga bisnis Sahabat Wirausaha akan segera beroperasi dalam waktu singkat.

14. Desainer web

Jika Sahabat Wirausaha mempunyai pengetahuan dan kemampuan di bidang HTML dan mampu membuat desain yang bagus, Sahabat Wirausaha dapat membuka jasa untuk membuat situs web yang menarik dan mudah digunakan untuk bisnis kecil maupun besar. Gunakan keahlian tersebut untuk suatu bisnis yang ingin memamerkan produknya secara online melalui web yang Sahabat Wirausaha buat. Bangun portofolio yang komprehensif, tayangkan pada web jasa desain milik Sahabat Wirausaha untuk bisa menarik lebih banyak klien.

15. Blogger pengulas produk

Jika Sahabat Wirausaha memiliki blog pribadi dengan banyak pengunjung, ini akan menjadi peluang bisnis tersendiri bagi Sahabat Wirausaha. Pihak Public Relation dari tiap bisnis selalu mencari pemasar brand mereka yang salah satunya adalah blogger yang bisa memberikan ulasan menarik terkait produk yang mereka luncurkan.

16. Remote technical support

Banyak bisnis kecil yang tidak memiliki porsi dalam anggaran mereka untuk merekrut karyawan IT secara Full-Time. Jadi ketika web atau software akuntansi mereka mengalami gangguan sistem, mereka biasanya akan memanggil teman atau anggota keluarga yang mengerti tentang IT.

Jika Sahabat Wirausaha memiliki pengalaman di bidang komputer IT, Sahabat Wirausaha dapat membuka jasa di bidang IT secara independen dan online bagi klien yang membutuhkan.

17. Penjual kerajinan tangan

Produk-produk kerajinan tangan atau handmade masih banyak digemari oleh orang-orang. Di samping unik, produk-produk kerajinan tangan juga memberikan nilai tersendiri bagi pelanggan yang memang benar-benar menyukainya. Seperti selimut rajutan atau barang pecah belah yang dicat unik akan memberikan kesan menarik untuk dikoleksi. Sama dengan penjual produk khusus, Sahabat Wirausaha bisa memanfaatkan Online Store atau Online Shop sebagai media penyalur produk kerajinan Sahabat Wirausaha kepada pelanggan secara online.

18. Pengembang software dan aplikasi

Aplikasi atau software smartphone sekarang ini menjadi lebih populer di kalangan publik. Bahkan orang-orang bersedia mengeluarkan uangnya untuk membeli suatu aplikasi yang berguna bagi mobilitas pekerjaan dan permasalahan kehidupan lainnya dari smartphone mereka. Jika Sahabat Wirausaha memiliki ide inovatif dan memiliki kemampuan coding, Sahabat Wirausaha bisa membuat aplikasi sendiri dan membuatnya menjadi peluang bisnis online. Manfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram untuk membuat akun bisnis jasa pembuat dan pengembang aplikasi. Dengan kemampuan ini diharapkan klien atau bisnis startup lain akan datang untuk bekerja sama dengan Sahabat Wirausaha.

19. Konsultan Instagram

Instagram kini menjadi media sosial yang selain bisa dijadikan akun pribadi, kini bisa menjadi akun pemasaran yang sangat efektif bagi banyak bisnis. Meski begitu, tidak semua pebisnis tahu bagaimana cara memanfaatkan instagram dengan tepat. Jika Sahabat Wirausaha memiliki latar belakang di bidang bisnis, media sosial, pemasaran, serta desain dan fotografi, Sahabat Wirausaha bisa memulai bisnis sebagai Konsultan Instagram. Selain mendapatkan keuntungan dari penyewa jasa yang diberikan Sahabat Wirausaha, Sahabat Wirausaha juga bisa membantu bisnis lain mengembangkan konten yang ingin diunggah di akun Instagram klien.

Comments