Analisis IKEA Indonesia Corporate Strategy

Comments · 98 Views

Ide bisnis IKEA adalah menawarkan berbagai rancangan yang didesain dengan baik, produk perabotan rumah yang fungsional dengan harga yang sangat rendah sehingga sebanyak mungkin orang akan mampu membelinya

IKEA bekerja keras untuk mencapai kualitas dengan harga terjangkau bagi konsumen dengan memaksimalkan seluruh rangkaian nilai mereka, dengan membangun hubungan kerjasama pemasok dalam jangka panjang, investasi dalam produksi secara otomatis dan memproduksi dalam jumlah besar.

Visi IKEA juga melampaui perabotan rumah. IKEA ingin menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi semua orang yang menggunakan produk dan layanan bisnis IKEA. Mereka memiliki tradisi kuat untuk bekerja secara berkesinambungan antara Manusia & Bumi. Melalui aplikasi IKEA Indonesia, konsumen dapat bergabung menjadi IKEA Family dan mendapatkan banyak reward special. IKEA memiliki banyak produk yang terjangkau dan solusi untuk membantu konsumen menjalani kehidupan yang lebih ramah lingkungan di rumah. Hal-hal kecil seperti lampu LED, keranjang sampah daur ulang, wadah penyimpanan makanan dan sejenisnya, tapi itulah keindahan dari tindakan kecil dan hal tersebut berarti besar. 

Dalam rangka positioning, IKEA telah menciptakan pembeda dalam sebagai brand perabot rumah tangga terkemuka di dunia yang menawarkan pengalaman berbelanja yang unik bagi konsumen serta mampu memberikan inspirasi untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi konsumen Indonesia. IKEA menawarkan berbagai produk perabotan rumah untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Seiring dengan perkembangan IKEA di Indonesia, IKEA terus berinovasi dan memperkuat komitmennya untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat Indonesia melalui produk yang ditawarkan. Dengan fondasi yang kuat, IKEA melakukan ekspansi di masa depan serta akan terus menawarkan produk dan aksesoris perlengkapan rumah tangga dengan nilai tambah dalam hal desain, fungsi, kualitas, dan keberlanjutan.

IKEA menyediakan serangkaian produk perabotan rumah tangga yang lengkap, terjangkau, dan menarik, serta membantu meningkatkan kehidupan sehari-hari konsumen dengan menggabungkan fungsi, kualitas, desain dan nilai yang didukung oleh komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan. IKEA terus mewujudkan pilar strategis aksesibilitasnya dengan terus memperkuat ekosistem digital dan kapabilitas omnichannel melalui revitalisasi aplikasi dan situs webnya serta peluncuran program loyalitas IKEA Family. Pada kuartal keempat tahun 2022, IKEA juga melakukan pengembangan dalam meningkatkan layanan yang praktis, aman, dan nyaman bagi Konsumen, di antaranya meluncurkan gerai resmi IKEA di Tokopedia.

Sebagai merek perabot rumah tangga (produk home care) yang terkenal di seluruh dunia, IKEA selalu memegang teguh visi utamanya yaitu menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Setiap tahap pengembangan produk-produk baru IKEA selalu melalui proses penelitian dan pengembangan yang mendetail, pengendalian mutu yang ketat, dan memperhatikan keberlanjutan dan keterjangkauan harga dalam jangka panjang. Di Indonesia, IKEA berfokus pada peningkatan aksesibilitasnya melalui perluasan jaringan toko. Nilai-nilai yang menjadi objek operasional IKEA sebagai bagian dari HERO Group yaitu IKEA selalu mengutamakan Konsumen, IKEA sangat peduli, IKEA menghargai satu sama lain, dan IKEA melakukan hal yang benar.

IKEA adalah pengantar nilai-nilai perusahaan dengan kecintaan terhadap kehidupan di rumah. Setiap produk yang IKEA ciptakan adalah ide untuk membuat rumah sebagai tempat yang lebih baik. Maka dari itu untuk mencapai banyak orang, produk IKEA dituntut untuk harus berkualitas baik dan terjangkau. Dalam benak IKEA, mereka merancang sesuai dengan kebutuhan konsumen mereka. IKEA bekerja untuk memberi manfaat positif secara keseluruhan bagi manusia dan bumi saat mereka terus tumbuh. Rekan kerja pun sangat penting untuk kelanjutan pertumbuhan bisnis. IKEA melihat setiap orang sebagai bakat dengan kemungkinan untuk terus berkembang.

Penjualan IKEA meningkat pesat dan tumbuh solid pada tahun 2022. Hal ini disebabkan oleh pembukaan toko-toko baru pada tahun sebelumnya. Pertumbuhan penjualan like-for-like lebih tinggi di semester kedua tahun 2022 dibandingkan pada semester pertama tahun 2022. Toko-toko IKEA berhasil mendapatkan keuntungan dari peningkatan jumlah kunjungan Konsumen dan pelonggaran pembatasan pemerintah terkait pencegahan pandemi COVID-19 yang mengatur kapasitas operasional serta jam operasional perdagangan. Selain itu, kendala rantai pasokan global yang berdampak pada ketersediaan stok di semester pertama telah membaik di kuartal ketiga. Hal ini memungkinkan dampak positif terhadap peningkatan aktivitas komersial perdagangan dibandingkan dengan semester pertama tahun 2022.

      

IKEA terus mewujudkan pilar strategis yaitu aksesibilitasnya pada Desember 2022. IKEA membuka gerai pertamanya di Surabaya, Jawa Timur. Selain itu, IKEA terus memperkuat ekosistem digital dan kapabilitas omnichannel melalui revitalisasi aplikasi dan situs webnya serta peluncuran program loyalitas IKEA Family. Pada kuartal keempat tahun ini, IKEA meluncurkan gerai resmi IKEA di Tokopedia.

Di sisi lain, Perusahaan juga berkomitmen mendukung kelestarian lingkungan melalui pengurangan penggunaan listrik dan air. Perseroan juga mendukung kebijakan pengurangan limbah plastik dengan tidak menyediakan tas plastik dan menerapkan prinsip reuse, reduce, dan recycle dalam pengelolaan limbah. Salah satu implementasi ini adalah kampanye Blue Bag Project di IKEA yang sudah berjalan dengan baik.

IKEA terus mewujudkan pilar strategisnya untuk meningkatkan aksesibilitas bagi para Konsumen di Indonesia. Di paruh pertama tepatnya pada bulan April tahun 2022, IKEA meresmikan gerai pertamanya di dalam pusat perbelanjaan Mall Taman Anggrek, dengan menawarkan aksesibilitas yang lebih baik bagi Konsumen yang tinggal di pusat kota Jakarta dan sekitarnya. Pada Desember 2022, IKEA membuka gerai pertamanya di Surabaya, Jawa Timur. Selain itu, IKEA memperkuat ekosistem digital dan kapabilitas omnichannel melalui revitalisasi aplikasi dan situs webnya, peluncuran program loyalitas IKEA Family, serta peluncuran gerai resmi IKEA di Tokopedia. Seiring berjalannya waktu, Perseroan memperlihatkan pertumbuhan yang pesat. Perseroan terus memperluas jaringan bisnisnya dan melakukan berbagai terobosan untuk beradaptasi pada perubahan pola belanja masyarakat. Per akhir 2022, Perseroan telah mengoperasikan 7 toko perabot rumah tangga IKEA di Indonesia.

 

 

Comments