Apa itu Tome App?

Comments · 108 Views

Tome App adalah tool visualisasi yang memanfaatkan generative artificial intelligence untuk membuat presentasi.

pengertian tome app

Berbeda dari aplikasi presentasi tradisional lain seperti PowerPoint atau Google Slides, Tome App mengintegrasikan teknologi canggih untuk membuat content generation otomatis, desain kreatif, dan penyampaian narasi interaktif.

Dalam konteks visualisasi data, Tome App berperan sebagai alat untuk menjelaskan informasi kompleks secara visual melalui presentasi yang mudah dipahami. Visualisasi data biasanya melibatkan penggunaan grafik, diagram, dan infografis untuk menyajikan data dan analisis kepada audiens, sehingga sering kali memerlukan waktu dan tenaga lebih untuk menciptakan representasi yang menarik.

Menggunakan Tome, analyst dapat mengotomatiskan banyak aspek pembuatan visualisasi data, termasuk mengubah data mentah menjadi grafik, tabel, dan ilustrasi lainnya yang menggambarkan pola, tren, dan informasi penting dari kumpulan data.

Manfaat Tome App

Menggali lebih dalam, berikut beberapa manfaat utama dari Tome App:

  • Mempercepat pembuatan visualisasi data: menggunakan AI, Tome secara otomatis mengubah set data menjadi visualisasi menarik, menghemat waktu yang biasanya diperlukan untuk tugas ini. Analyst bisa fokus pada interpretasi dan penyampaian informasi daripada pembuatan grafik dan diagram.
  • Menyajikan presentasi data yang menarik: Tome App membantu membuat visualisasi data yang tidak hanya informatif tetapi juga estetis. Hal ini penting untuk mempertahankan perhatian audiens sehingga mereka memahami dengan baik informasi yang disajikan.
  • Kolaborasi: fitur kolaborasi Tome memungkinkan tim untuk bekerja bersama pada visualisasi data secara real-time. Fitur ini mampu meningkatkan efisiensi serta memastikan konsistensi dan akurasi dalam presentasi data.
  • Personalisasi dan fleksibilitasanalyst memiliki kontrol penuh atas bagaimana data disajikan, terutama kemampuan untuk menyesuaikan warna, tema, dan elemen desain lainnya. Manfaat ini membantu pembuatan visualisasi data yang sesuai dengan brand guideline atau preferensi pribadi.
  • Aksesibilitas dan portabilitas: presentasi yang dibuat dengan Tome App dapat diakses dari mana saja, pada perangkat apa pun, sehingga memudahkan berbagi informasi dan kolaborasi dengan seluruh anggota tim.

Contoh Penggunaan Tome App 

Dirangkum dari Top Apps AI, berikut beberapa contoh penggunaan Tome App:

Laporan analisis data

Data analyst dan data scientist dapat menggunakan Tome untuk menyajikan temuan atau informasi dari analisis data mereka. Dengan kemampuan untuk menyajikan data kompleks dalam format yang mudah dimengerti, mereka dapat lebih efektif berkomunikasi dengan audiens non-teknis.

Ulasan dan pitch desain produk

Bagi profesional desain dan product developer, Tome App berguna dalam membuat presentasi untuk ulasan desain atau pitch produk. Dengan fitur text generation dan gambar berbasis AI, presentasi menjadi lebih menarik dan membantu mengkomunikasikan konsep sekaligus ide lebih efektif kepada stakeholder atau klien.

Papan konsep (Moodboards)

Tome App juga dapat dipakai oleh profesional di bidang kreatif untuk membuat moodboard. Board ini sangat berguna dalam proyek brandingadvertising, atau desain interior, di mana kuncinya terletak pada visualisasi konsep.

Fitur image generation AI membantu dalam menciptakan visual yang “kaya” dan inspiratif.

FAQ (Frequently Asked Question)

Bagaimana cara menggunakan Tome App?

Berikut cara menggunakan Tome App dirangkum dari Plus Docs:

  • Daftar dan buat akun: kunjungi website resmi Tome App dan daftar untuk membuat akun. User baru biasanya memiliki opsi untuk memulai dengan versi uji coba gratis.
  • Buat presentasi: setelah login, mulai buat proyek baru dengan mengeklik tombol "Create" atau "New Project".
  • Tentukan parameter dan data: Untuk visualisasi data, unggah set data atau hubungkan ke sumber data yang ingin divisualisasikan (file spreadsheetdatabase, atau sumber data online lain). Tentukan parameter visualisasi, seperti jenis grafik dan diagram.
  • Gunakan fitur AI untuk visualisasi: manfaatkan fitur AI Tome untuk mengotomatiskan pembuatan visualisasi. Berikan instruksi kepada AI tentang apa yang dicari dan sistem akan menghasilkan representasi visual dari data tersebut.
  • Sesuaikan: setelah AI menghasilkan visualisasi awal, sesuaikan hasil dengan kebutuhan. Tahap ini termasuk mengubah warna, mengedit label, menyesuaikan skala, atau menambahkan elemen desain tambahan.
  • Kolaborasikan dan bagikan: jika bekerja dalam tim, manfaatkan fitur kolaborasi Tome untuk berbagi proyek dengan anggota lainnya. User juga bisa memberikan komentar, menyarankan perubahan, atau menambahkan konten mereka sendiri ke proyek.
  • Presentasikan dan publikasikan: setelah visualisasi selesai dan disempurnakan, proyek dapat dipresentasikan langsung dari platform Tome atau dibagikan melalui berbagai metode, termasuk e-maildirect link, atau integrasi media sosial.

Kata kunci lainnya

Comments