Cara Jualan Susu Sapi Murni dan Analisa Usahanya

Comments · 140 Views

Jualan susu sapi murni aneka rasa yang sedang hits bisa menjadi pilihan Anda untuk meraup rupiah. Tidak tanggung-tanggung, mereka yang telah menjalankan bisnis susu sapi ini mampu meraih keuntungan bersih hingga jutaan rupiah per bulannya.

Apa itu susu sapi murni aneka rasa?

Susu sapi murni aneka rasa adalah minuman kekinian berbahan dasar susu sapi fresh dicampur berbagai jenis bahan menjadi suatu minuman baru yang lebih modern.

Bahan yang digunakan untuk menentukan menu varian rasa dari susu murni umumnya strawberry, pisang, coklat, melon, teh hijau, avokad, kurma, capuccino, oreo dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak jenis varian rasa, biasanya bagi seorang pemula hanya menyediakan beberapa varian rasa yang umum orang cari dan memang paling laris. Contohnya campuran susu sapi murni dengan mangga, pisang, avocad, melon, jeruk dan capuccino.

Cara Memulai Jualan Susu Sapi Murni dengan Mudah

Konsep jualan susu sapi murni

Umumnya untuk memulai suatu usaha yang harus dipersiapkan adalah konsep usaha sehingga kedepannya lebih terarah agar dapat berkembang dan memperoleh laba maksimal.

Konsep usaha jualan susu sapi murni dapat Anda mulai dengan memikirkan nama brand yang cocok agar dapat menggambarkan apa yang dijual, mudah diingat, simpel dan menarik.

Agar menemukan nama brand yang pas, sebaiknya pikirkan pula menu apa saja yang akan diperkenalkan pada calon konsumen Anda. Dengan demikian, maka dapat menemukan nama brand yang dapat mewakili semua jenis varian rasa dari produk Anda.

Kemudian membuat desain logo dan kemasan, slogan menarik dan mudah diingat. Agar proses ini mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya gunakan jasa pembuatan logo, jasa pembuatan desain kemasan, jasa pembuatan slogan, tagline atau jargon.

Anda dapat menemukan jasa-jasa tersebut dengan mudah di marketplace atau situs-situs freelancer terkemuka di Indonesia. Harganya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Jika pintar mencari freelancer, Anda bisa menemukan penyedia jasa berkualitas dengan harga yang cukup murah.

Temukan supplier bahan baku yang amanah

Selanjutnya adalah menemukan supplier bahan baku yang tepat untuk usaha baru Anda. Supplier terbaik adalah mereka yang memberikan harga wajar berbanding lurus dengan kualitas bahan baku. Selain itu, mereka selalu siap menyediakan bahan baku walaupun dalam keadaan sulit yang artinya bahan baku sedang susah dicari.

Persiapkan peralatan dan penunjang lainnya

Peralatan penunjang usaha perlu dipersiapkan sejak dini, misalnya kompor, panci, kulkas, mesin press, meja, kursi ataupun gelas kemasan. Agar menekan biaya, Anda bisa menggunakan peralatan dari rumah untuk sementara waktu sampai dapat membeli yang baru dari hasil jualan nantinya.

Pada tahapan ini, persiapkan pula banner atau spanduk promosi. Adakan secukupnya saja, misalnya hanya membuat 1 buah spanduk ukuran besar namun ditempatkan pada posisi strategis agar mudah dilihat oleh calon konsumen.

Tentukan lokasi jualan

Langkah ke empat adalah menentukan tempat strategis.

Pemasaran

Setelah mempelajari cara memulai jualan susu sapi murni di atas, maka harusnya mulai mencari resep yang pas dan cocok dipasarkan di daerah Anda. Dalam hal ini, jangan berhenti mencoba resep-resep yang Anda dapatkan sampai menemukan yang sesuai dengan rasa dan juga harga yang terjangkau.

Berikut resep susu sapi murni aneka rasa :

Resep Susu Sapi Murni Aneka Rasa

Resep Susu murni rasa pisang

  • 150 ml susu fresh
  • Bubuk minuman banana 30 gr
  • 15 ml gula yang sudah dicairkan
  • 3/4 gelas es batu
  • Toping boba

Cara membuatnya :

Tuangkan susu fresh, bubuk banana dan juga air gula ke dalam wadah kemudian diblender sampai halus. Selanjutnya siapkan gelas yang berisi boba dan es batu. Tuangkan susu yang telah diblender ke dalam gelas dan siap disajikan.

Dari resep di atas, Anda bisa menggunakan banyak sekali varian rasa. Hanya perlu mengganti bubuk mangga, melon, jeruk ataupun avocado sesuai dengan selera atau target pasar yang ingin dijangkau.

Analisa Usaha Susu Sapi Murni Aneka Rasa

Modal Awal
GerobakRp 2.000.000,-
Perlengkapan dapur (panci, termos dll)Rp 300.000,-
Kompor dan perlengkapannyaRp 250.000,-
Lain-lainRp 100.000,-
TotalRp 2.650.000,-
Biaya Operasional per Bulan
Susu murni Rp 10.000 x 250 ltr x 30 hrRp 2.500.000,-
Gula, bubuk rasa dan lain-lainRp 3.500.000,-
Kemasan/gelas, sedotan dan lain-lainRp 500.000,-
TotalRp 6.500.000,-
Asumsi Pendapatan per Bulannya
Harga jual susu murni aneka rasa per kemasan = Rp 5.000,-
Penjualan per hari = 55 gelas
Rp 8.250.000,-
Keuntungan bersih per bulan :
Rp 8.250.000 Rp 6.500.000Rp 1.750.000,-

Setelah mempelajari artikel di atas tentang cara jualan susu sapi murni aneka rasa, maka harusnya Anda sudah memiliki bayangan seperti apa prospek bisnis kedepannya untuk dijalankan. Anda bisa mengembangkan usaha ini dengan membuka cabang di beberapa titik dan mempekerjakan 1 orang karyawan.

Jika memang terdapat cabang yang mampu menjual di atas 200 gelas per harinya, Anda bisa mempekerjakan 2 orang karyawan dengan sistem shift. Misalnya kedai buka dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam, maka karyawan pertama bekerja dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore dan karyawan kedua dari jam 2 siang hingga jam 10 malam.

Comments