Mengenal Apple A17 Pro: Chip 3nm Pertama, ‘Otaknya’ iPhone 15 Pro

Comments · 64 Views

Apple meluncurkan chipset 3nm pertama di dunia, Apple A17 Pro. Prosesor ini jadi mesin utama dari duo iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Apple A17 Pro

Apple menanggalkan akhiran "Bionic" pada SoC yang mereka pasang di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. SoC atauchipsetyang dimaksud bernama Apple A17 Pro. Inilah SoC pertama didunia yang dibikin dengan fabrikasi 3 nm oleh TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company).

Melalui SoC ini, Apple ingin menawarkan pengalaman maingameyang lebihjosketimbang pendahulunya, Apple A16 Bionic. Karena itu, berdasarkan klaim perusahaan, Apple A17 Pro disebut punya kemampuan olah grafis 20 lebih baik dari Apple A16 Bionic.

Kemampuan CPU-nya juga naik, tapi cuma 10 persen. Peningkatan lain ada di pemrosesan AI melalui neural engine (2x lebih kencang), serta kemampuanray tracing(4x lebih cepat). Sejumlah peningkatan itu merupakan imbas dari fabrikasi lebih modern serta racikan komponen SoC yang baru.

Hal tersebut bisa dilihat mulai dari CPU yang dipakai Apple A17 Pro. Konfigurasi CPU SoC ini masih sama seperti pendahulunya, yakni enam inti CPU. Dua di antaranya adalah inti performa, sedangkan empat sisanya adalah inti efisiensi.

Ketika iPhone 15 Series rilis, Apple tak menyebut berapaclockspeedCPU sangchipset. Namun, situsCPU Monkeymenyebutclock speedinti performa CPU Apple A17 Pro ada di angka 3,7 GHz, sedangkan inti efisiensinya 2,2 GHz.

Peningkatan kemampuan olah grafis juga diakibatkan oleh naiknya jumlah core GPU dari yang semula 5 menjadi 6. Menurut situs CPU Monkey, clock speed GPU SoC Apple ini adalah 0,7 GHz.

Untukray tracing, peningkatan kecepatannya disebabkan karena pemrosesannya kini sudah melibatkan GPU (hardware based). Hal ini berbeda dari Apple A16 Bionic yang pemrosesanray tracing-nya mengandalkan kemampuansoftware.

Apple A17 Pro adalah chipset hasil kerja sama eksklusif antara Apple dengan TSMC. Kesepakatan kedua perusahaan tersebut akan menjadikan A17 Pro sebagai chipset 3nm satu-satunya yang ada di smartphoneuntuk tahun ini.

Jadisystem on chip(SoC) paling kecil saat ini, Apple A17 Pro menawarkan 19 miliar transistor di dalamnya. Sebagai perbandingan, Apple A16 Bionic pada iPhone 15 dan iPhone 14 Pro menyimpan 16 miliar transistor di dalamnya.

Apple A17 Pro bukan saja jadi prosesor paling kecil untuksmartphone, tapi juga paling ngebut saat ini. A17 Pro terdiri dari 2-corehigh performancedan 4-corehigh-efficiency, diklaim Apple sebagai fastest chip ever on any smartphone.

Untuk diketahui,high performance coremerupakan bagian untuk menangani tugas-tugas berat, seperti gaming,multitasking,rendering, dan sebagainya. Apple menyebut, kinerjanya 10 persen lebih tinggi dari sebelumnya.

alt-img

Sementarahigh-efficiency coremerupakan bagian yang menangani tugas-tugas ringan yang tidak memerlukan performa tinggi. Bagian CPU ini juga bertugas agar konsumsi baterai tidak terlalu besar, memberikan efisiensi daya yang lebih baik.

Bukan cuma CPU yang lebih ngegas, kartu grafis atau GPU juga ditingkatkan kebolehannya. Apple menghadirkan perubahan terbesar pada sektor ini, seperti menyertakan teknologishading mesh,ray tracingberbasishardware, hingga dukunganmobile gamingkelas konsol dan PC.

Bukan cuma menyimpan CPU dan GPU saja, di chipset sekecil 3nm ini, Apple juga menyediakan mesin khusus untuk ProRes, dekoder AV1, dan Pro Display Engine. ProRes merupakan format video dengan resolusi tinggi, sementara AV1 menghadirkan konten video berkualitas tinggi, dan Pro Display Engine membuat kualitas layar jauh lebih baik.

Dikombinasikan pula dengan kemampuanneural enginedua kali lebih cepat dari sebelumnya, mampu mengatasi sampai 35 TOPS (trillion operations per second). Kemampuan ini dua kali lipat dari sebelumnya yang cuma bisa meng-handle17 TOPS.

Artinya, berbagai tugas yang butuh AI, chipset A17 Pro bisa menanganinya dengan jauh lebih baik. Misalnya, fitur-fitur sepertiauto correction, editing fotoportrait, fitur Voice Isolation, dan lain sebagainya.

Game PC dan konsol dalam genggaman

alt-img

Perkenalan A17 Pro juga menjadi kesempatan bagi Apple untuk memamerkan kemampuan gaming chipset ini. Dengan kinerja GPU 20 persen lebih cepat namun tetap efisien dalam hal penggunaan baterai, Applepededengan kebolehan gaming iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max.

Berbekal fiturray tracing, grafis game bakal terlihat lebih halus dengan efek pencahayaan yang mendekati kenyataan. Apple juga mengenalkan teknologi MetalFX yang dapat meningkatkan detail grafis dari game yang dimainkan, tanpa menguras baterai lebih banyak.

Apple pun mendorong industri gaming ke level berikutnya dengan membawa game-game PC dan konsol pada sebuahsmartphone. Bekerja sama dengan beberapa developer. Game seperti Resident Evil Village, Resident Evil 4, sampai Assassins Creed Mirage, bisa dimainkan di Apple pada tahun depan.

Game mobile lainnya juga ditingkatkan kualitas grafisnya, seperti Genshin Impact dan Honkai Impact.

Chipset A17 Pro sendiri cuma khusus untuk iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Adapun untuk iPhone 15 dan 15 Plus, masih menggunakan chipset A16 Bionic. Kendati begitu, prosesor tersebut dinilai masih cukup mumpuni.

Comments