5 Strategi Rahasia ASUS Dalam Pimpin Pasar Laptop Di Indonesia

Comments · 137 Views

Mengungkap di balik gemilangnya dominasi dalam pasar laptop di Indonesia, ASUS menerapkan lima strategi rahasia yang berkontribusi pada pencapaian luar biasanya ini. Dengan menciptakan fondasi yang kuat dan terencana, ASUS mampu mengukir prestasi gemilang di ranah teknologi dan menjadi pio

Sejarah Singkat ASUS

Nama Asus telah menjadi akrab di telinga kita, mengingatkan kita pada keberhasilan dan inovasi dalam dunia teknologi. Asal nama “Asus” sendiri mengandung makna yang kuat, diambil dari empat huruf terakhir dalam kata “Pegasus,” yang merujuk pada makhluk mitologi Yunani berupa kuda bersayap yang melambangkan kebijaksanaan dan pengetahuan.

Asus secara simbolis merepresentasikan kekuatan, kemurnian, serta semangat petualangan yang dimiliki oleh Pegasus, yang mampu melayang tinggi mencapai puncak dengan produk-produk yang mereka hasilkan. Dalam perjalanan panjangnya, Asus telah menjelma menjadi salah satu kekuatan utama di industri teknologi informasi di Taiwan, sebuah negara yang telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir dan menjadi pemain kunci di panggung global.

Berawal pada tahun 1989, empat insinyur komputer visioner, Wayne Hsieh, Ted Hsu, MT Liao, dan TH Tung, berkolaborasi untuk mewujudkan visi mereka dalam memajukan industri teknologi informasi di Taiwan. Dari sinilah lahir konsep nama “Pegasus” yang kemudian disederhanakan menjadi “Asus.” Filosofi dibalik nama ini menggambarkan keinginan mereka untuk menciptakan produk-produk yang memiliki kekuatan, kecerdasan, dan semangat petualangan yang sama dengan makhluk mitologi tersebut.

Pada awalnya bermarkas di Taipei, Taiwan, dan fokus pada konsultasi komputer sebelum akhirnya memutuskan untuk merambah dunia hardware. Perubahan signifikan terjadi ketika Asus berhasil merancang dan memasarkan motherboard dengan prosesor Intel 486 menjelang akhir tahun 1980-an. Keberhasilan ini mendorong Asus untuk terus berkembang dan beralih ke produksi perangkat keras komputer.

Sejak saham Asus mulai diperdagangkan di bursa saham pada tahun 2005, prestasinya terus meroket. Pada tahun 2009, motherboard buatan Asus telah dipasang pada 29,2% komputer desktop yang terjual dalam periode tersebut.

Pada tahun 2007 mengambil keputusan strategis untuk melakukan pembagian diri menjadi tiga entitas perusahaan yang berbeda. Pegatron menjadi entitas yang fokus pada produksi komponen PC dan perangkat dari OEM. Sementara Unihan menjadi divisi yang khusus memproduksi perangkat non-PC. Asus sendiri, sebagai perusahaan yang telah menempuh perjalanan panjang, memusatkan perhatian pada produksi notebook dan sistem komputer, serta terus mempertahankan visi inovatifnya.

Hingga saat ini, Asus terus mengukir prestasi dan memperluas lini produknya. Melalui perjalanan yang dipenuhi dengan tantangan dan perubahan dinamis berhasil menjaga dedikasi terhadap kemajuan teknologi dan memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap perkembangan industri global. Dari perjalanan yang dimulai oleh empat insinyur berdedikasi, Asus telah menjadi simbol keunggulan dalam dunia teknologi yang terus berkembang dan memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat global.

Target Audiens ASUS

Target audiens Asus cukup beragam, karena lini produk yang luas dan beragam yang mereka tawarkan. Dari para pengguna yang membutuhkan perangkat komputasi hingga para pecinta game dan profesional kreatif, Asus telah menciptakan produk untuk memenuhi kebutuhan berbagai segmen konsumen. Berikut adalah beberapa target audiens utama Asus:

  1. Profesional dan Produktivitas: Menyediakan berbagai produk yang cocok untuk kalangan profesional dan pekerja produktif. Ini termasuk laptop bisnis yang ringan dan kuat, desktop kinerja tinggi, dan perangkat keras lainnya. Para profesional yang membutuhkan performa tinggi dan stabilitas dalam pekerjaan sehari-hari, seperti pemrogram, desainer grafis, insinyur, dan profesional IT, adalah target audiens yang diincar oleh Asus.
  2. Pengguna Umum: Menyasar pengguna umum yang memerlukan perangkat komputer untuk keperluan sehari-hari, seperti browsing internet, pengolahan kata, dan aktivitas multimedia. Mereka menawarkan laptop dan PC dengan berbagai tingkat harga dan spesifikasi, sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan anggaran konsumen.
  3. Pecinta Game: Memiliki lini produk Republic of Gamers (ROG) yang dirancang khusus untuk para pecinta game. Produk ROG menawarkan performa tinggi, layar berkualitas tinggi, dan fitur-fitur khusus yang mengoptimalkan pengalaman bermain game. Para gamer yang mencari perangkat keras yang kuat untuk menjalankan game terbaru adalah target audiens yang signifikan bagi Asus.
  4. Profesional Kreatif: Bagi profesional kreatif seperti fotografer, videografer, animator, dan editor video memiliki produk-produk yang cocok untuk memenuhi kebutuhan mereka. Monitor dengan reproduksi warna yang akurat dan performa yang andal dapat membantu mereka menciptakan konten berkualitas tinggi.
  5. Pelajar dan Mahasiswa: Para pelajar dan mahasiswa juga merupakan target audiens yang penting. Mereka memerlukan perangkat yang ringan, portabel, dan cukup kuat untuk mendukung tugas-tugas akademis mereka. Asus menyediakan berbagai laptop dan tablet yang sesuai dengan kebutuhan belajar dan produktivitas para pelajar.
  6. Pengguna Teknologi dan Inovasi: Bagi mereka yang tertarik dengan teknologi terbaru dan inovasi, Asus menjadi merek yang menarik. Mereka menyasar individu yang ingin memiliki perangkat dengan fitur-fitur canggih dan teknologi terkini.
  7. Pengguna Gaming Mobile: Telah merambah ke pasar gaming mobile dengan meluncurkan smartphone gaming ROG Phone. Mereka mengincar pengguna yang ingin menggabungkan pengalaman gaming berkualitas tinggi dengan kemampuan komunikasi dan mobilitas smartphone.

Dengan mengidentifikasi berbagai segmen konsumen yang berbeda brand ini dapat merancang dan mengembangkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing audiens. Kehadiran mereka di berbagai pasar dan kategori produk memungkinkan mereka untuk mencapai target audiens yang luas, memperluas basis pelanggan, dan mempertahankan posisi mereka sebagai pemain utama dalam industri teknologi.

Keunggulan Yang Dimiliki ASUS

Asus telah memperoleh reputasi yang kuat sebagai pemain utama dalam industri teknologi, dengan berbagai keunggulan yang membuatnya membedakan diri di antara pesaingnya. Berikut adalah beberapa keunggulan utama yang dimiliki oleh Asus:

  1. Inovasi Teknologi Tinggi: Dikenal karena berani menciptakan inovasi baru dalam dunia teknologi. Mereka selalu berusaha untuk menghadirkan produk-produk yang menggunakan teknologi terbaru dan tercanggih, seperti prosesor terbaru, kartu grafis, dan teknologi layar mutakhir. Kemampuan mereka untuk mengikuti tren teknologi terbaru memungkinkan mereka untuk selalu menjadi yang terdepan dalam industri.
  2. Kualitas dan Kinerja: Produk Asus selalu diakui karena kualitas dan kinerjanya yang unggul. Dalam hal komponen dan material tidak berkompromi dengan kualitas. Hal ini membuat produk mereka dapat bertahan dalam jangka panjang dan memberikan kinerja yang stabil serta andal.
  3. Desain Inovatif: Sering kali dikenal karena desain produk-produknya yang inovatif dan menarik. Mereka berusaha untuk memberikan produk yang tidak hanya fungsional, tetapi juga memiliki tampilan yang estetis dan menarik. Ini menciptakan daya tarik yang kuat bagi konsumen yang mengutamakan estetika.
  4. Kedalaman Produk: Memiliki lini produk yang luas dan beragam, mulai dari laptop, komputer desktop, hingga perangkat gaming, smartphone, dan perangkat keras lainnya. Keberagaman ini memungkinkan konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.
  5. Produk Gaming Khusus: Asus ROG (Republic of Gamers) adalah lini produk khusus yang diarahkan untuk para penggemar gaming. Produk-produk ROG dikenal karena kinerja yang tinggi, desain yang agresif, dan fitur-fitur khusus yang mengoptimalkan pengalaman bermain game.
  6. Dukungan Pelanggan: Memberikan perhatian serius terhadap dukungan pelanggan. Mereka menyediakan layanan purna jual yang baik, termasuk dukungan teknis dan layanan garansi yang dapat diandalkan. Ini membantu membangun hubungan positif antara merek dan konsumen.
  7. Komitmen terhadap Lingkungan: Memiliki komitmen terhadap lingkungan dengan mengembangkan produk-produk ramah lingkungan dan berusaha untuk mengurangi dampak lingkungan dari proses produksi mereka.
  8. Kemitraan dan Kolaborasi: Sering kali menjalin kemitraan dengan perusahaan teknologi besar lainnya, seperti Intel dan AMD. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan teknologi terbaru ke dalam produk mereka.
  9. Keberlanjutan: Asus tidak hanya berfokus pada produk saat ini, tetapi juga melihat ke masa depan. Mereka terus melakukan riset dan pengembangan untuk menghadirkan solusi teknologi yang lebih canggih dan berkelanjutan.

Dengan kombinasi dari inovasi, kualitas, desain, dan komitmen terhadap konsumen, brand ini telah berhasil membangun reputasi sebagai merek yang diandalkan dalam dunia teknologi. Keunggulan-keunggulan ini telah membantu mereka mendapatkan tempat yang istimewa di hati para konsumen global.

Strategi Yang Digunakan Oleh Asus

Dalam upaya menguasai pasar laptop dengan pendekatan yang inovatif brand ini mengadopsi strategi yang berfokus pada pengembangan produk yang memiliki nilai tambah yang signifikan. Strategi ini dibangun berdasarkan lima poin utama yang menjadi pilar penting dalam rangka menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Poin pertama, yaitu “Innovation”, menjadi landasan dalam menghadirkan laptop dengan teknologi terbaru yang mengagumkan. Salah satu terobosan penting yang diusung adalah penggunaan layar OLED yang mampu menampilkan gambar tiga dimensi (3D). Dengan demikian, pengguna dapat menikmati konten visual dengan kedalaman yang lebih menakjubkan, membawa pengalaman multimedia menjadi lebih mendalam dan memikat.

Pada poin “Experience” karena memahami pentingnya memberikan pengalaman yang nyaman dan efisien bagi pengguna. Untuk mencapai hal ini, ASUS menghadirkan software khusus seperti ProArt Creator Hub. Software ini memungkinkan pengguna untuk melakukan kalibrasi layar dengan mudah, sesuai dengan kebutuhan desain yang presisi pada laptop seri Creator. Hal ini membantu para profesional kreatif untuk menciptakan konten yang berkualitas tanpa hambatan teknis.

Di poin “Artistry” merangkul unsur seni dengan teknologi pelapisan Plasma Ceramization pada seri Zenbook terbarunya. Pelapisan ini memberikan tekstur pada bagian cover laptop yang terasa seperti keramik, menciptakan kesan estetika yang elegan dan premium. Dengan sentuhan seni ini, ASUS memberikan nilai tambah visual yang kuat pada produk-produknya.

Poin “Peace of Mind” menjelaskan komitmen dalam memberikan rasa tenang dan aman kepada pengguna. Ini tercermin dalam desain laptop yang tahan bakteri dan memiliki sertifikasi military grade. Laptop-laptop ini tidak hanya tahan terhadap lingkungan yang keras, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap kuman dan bakteri yang semakin menjadi perhatian dalam konteks kesehatan saat ini.

Terakhir, pada poin “Sustainability”, brand ini memberikan perhatian serius terhadap isu lingkungan. Produk-produk laptop terbaru dirancang dengan memanfaatkan material dan kemasan yang ramah lingkungan. Dengan mengadopsi pendekatan berkelanjutan, tidak hanya menciptakan produk yang andal, tetapi juga mendukung upaya pelestarian lingkungan.

Keseluruhan, kelima poin ini menjadi fondasi strategi ASUS dalam menghadapi pasar laptop tahun ini. Dengan inovasi yang mengesankan, pengalaman yang unik, seni yang kreatif, ketenangan pikiran, dan komitmen terhadap keberlanjutan, brand ini berkomitmen untuk memberikan produk-produk yang memenuhi harapan pengguna modern yang cerdas dan berorientasi pada nilai.

2. Melakukan Kolaborasi Dengan Para Gamers

Strategi kolaborasi yang diadopsi oleh ASUS ROG (Republic of Gamers) telah membuka jalan bagi merek ini untuk meraih sukses branding yang mengesankan, terutama dalam dunia para gamers. Dalam ajang Indonesia Brand Forum (IBF) 2022, prestasi ini ditegaskan ketika ASUS ROG dinobatkan sebagai The Best Brand Champion for Marketing Communications Collaboration. Keberhasilan ini tak hanya mencerminkan keunggulan merek ASUS ROG dalam hal produk gaming, tetapi juga kemampuannya dalam membangun kemitraan yang berarti dengan komunitas gamers.

Kolaborasi yang dilakukan oleh ASUS ROG dengan komunitas gamers merupakan strategi yang cerdas dan terbukti efektif. Merek ini tidak sekadar menghadirkan produk-produknya di pasar, melainkan memanfaatkan insight dan keterlibatan dari para gamers untuk menghasilkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan melibatkan komunitas ini dalam proses pengembangan dan pengujian produk, ASUS ROG menciptakan pengalaman yang autentik dan berharga bagi para pengguna.

Dalam kolaborasi ini, terjadi pertukaran nilai yang saling menguntungkan antara ASUS ROG dan komunitas gamers. Para gamers mendapatkan kesempatan untuk merasakan langsung inovasi dan teknologi terkini yang dimiliki oleh ASUS ROG melalui uji coba produk. Hal ini memberi mereka pengalaman yang mendalam dan insight langsung tentang kualitas produk. Di sisi lain, ASUS ROG mendapatkan umpan balik berharga dari para gamers, streamers, dan content creators, yang dapat membantu mereka menyempurnakan produk dan teknologi yang mereka kembangkan.

Tidak hanya berhasil membangun kolaborasi yang efektif, strategi ini juga memberi dampak positif bagi ekosistem industri game di Indonesia. Kolaborasi ini mendorong sinergi antara ASUS ROG dan komunitas gamers, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan industri game di Tanah Air. Hal ini menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan industri game di Tanah Air, sekaligus memperkuat posisi ASUS ROG sebagai merek yang peduli terhadap komunitas penggunanya.

Lini produk ASUS ROG, yang menghasilkan perangkat keras untuk gaming profesional, merupakan bukti nyata komitmen merek ini dalam menyasar para game enthusiast. Sejak awal, pilihan nama “Republic of Gamers” (ROG) memberikan kesan yang kuat tentang fokus merek ini, yaitu memenuhi kebutuhan dan preferensi para pecinta game. ASUS ROG mampu memahami apa yang dibutuhkan oleh para gamers, dan mereka berhasil menghasilkan produk-produk yang tidak hanya memiliki performa tinggi, tetapi juga desain yang atraktif dan fitur-fitur inovatif.

Hasil dari strategi kolaborasi dan fokus pada kebutuhan para gamers telah terlihat melalui dominasi ASUS ROG di pasar laptop gaming di Indonesia. Dengan pangsa pasar sebesar 48,7% pada Desember 2021, bahkan mencapai 59,7% pada September 2021, ASUS ROG mengungguli para pesaingnya seperti Lenovo, MSI, Acer, dan HP. Keberhasilan ini tidak hanya muncul sebagai hasil dari produk yang unggul, tetapi juga karena kemampuan ASUS ROG dalam memahami pasar dan membangun relasi yang kuat dengan komunitas gamers.

Dalam rangkaian pencapaian ini, ASUS ROG telah menunjukkan bahwa strategi kolaborasi dan fokus pada kebutuhan para gamers adalah kunci dominasi merek ini di pasar gaming. Dengan menggabungkan inovasi, kualitas produk, dan keterlibatan komunitas, ASUS ROG telah berhasil menciptakan posisi yang kuat dalam dunia industri game, dan akan terus menjadi pilihan utama bagi para penggemar game di seluruh dunia.

3. Strategi B2B

Strategi bisnis ke bisnis (B2B) yang diadopsi oleh ASUS terbukti memberikan dampak yang signifikan dalam pengembangan pasar laptop komersial di Indonesia. Salah satu langkah penting yang diambil adalah menjadikan produk laptop komersial sebagai laptop pertama yang dirakit di Indonesia melalui proses local assembly. Tindakan ini tidak hanya menunjukkan komitmen ASUS terhadap pengembangan industri dalam negeri, tetapi juga memenuhi persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Dengan melakukan perakitan laptop komersial di Indonesia mereka berhasil mencapai dua tujuan utama. Pertama, tindakan ini membantu ASUS memenuhi kebutuhan TKDN yang diperlukan oleh regulasi pemerintah. Hal ini menunjukkan bahwa brand berupaya aktif dalam mendukung pengembangan industri manufaktur di Indonesia. Kedua, proses local assembly juga berdampak positif dalam mengurangi biaya produksi dan pengiriman produk dari luar negeri, sehingga ASUS dapat menawarkan produk dengan harga yang lebih kompetitif kepada pelanggan di Indonesia.

Selain memenuhi persyaratan TKDN juga mengambil langkah strategis dalam memenuhi kebutuhan konsumen bisnis (B2B) di Indonesia, terutama di sektor usaha kecil menengah (UKM) dan pendidikan. Peningkatan kebutuhan akan perangkat teknologi di lingkungan bisnis dan pendidikan menjadi peluang yang ditangkap oleh ASUS dengan menghadirkan produk laptop komersial yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Laptop komersial yang dirakit di Indonesia tidak hanya memberikan nilai tambah dalam hal kepatuhan terhadap regulasi, tetapi juga membawa manfaat nyata bagi pelanggan bisnis. Produk ini dirancang dengan fitur-fitur dan keamanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, termasuk kemampuan manajemen jarak jauh, perlindungan data yang lebih kuat, dan integrasi dengan solusi perangkat lunak bisnis.

Dalam sektor pendidikan, laptop komersial ASUS menjadi solusi yang ideal untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan pengelolaan kelas digital. Dengan perangkat yang andal dan tahan lama, institusi pendidikan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi para siswa. Selain itu, ASUS juga dapat bekerjasama dengan institusi pendidikan untuk menghadirkan solusi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Melalui strategi B2B ini mengambil langkah yang cerdas dalam memperluas pasar dan memenuhi kebutuhan yang beragam dari pelanggan bisnis di Indonesia. Dengan menghadirkan produk laptop komersial yang dijamin kualitas dan keandalannya, serta menggabungkannya dengan dukungan layanan yang baik sehingga berhasil menciptakan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang di berbagai sektor bisnis dan pendidikan.

4. Fokus Pada Pemakaian Jangka Panjang

ASUS telah mengadopsi strategi yang cerdas dengan berfokus pada pemakaian jangka panjang melalui pemahaman mendalam terhadap pelanggan. Kesadaran akan pentingnya memahami pelanggan sebagai pilar utama dalam strategi bisnis telah membantu ASUS membangun produk yang relevan dan layanan yang menghadirkan nilai tambah bagi konsumen.

Dalam rangka mencapai pemakaian jangka panjang telah mengambil pendekatan proaktif untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan. Proses ini dimulai dari mendengarkan secara cermat, mengamati tren pasar, dan berinteraksi langsung dengan konsumen. Melalui riset pasar yang mendalam, ASUS mendapatkan wawasan tentang pergeseran tren dan perubahan dalam preferensi pelanggan, memungkinkan mereka untuk mengantisipasi kebutuhan yang mungkin muncul di masa depan.

ASUS juga menjalin interaksi langsung dengan pelanggan melalui berbagai kanal komunikasi, seperti forum daring, media sosial, dan kelompok fokus. Melalui interaksi ini memahami bagaimana pelanggan berinteraksi dengan produk dan mengidentifikasi masalah atau kebutuhan yang mungkin muncul selama pemakaian jangka panjang. Dengan mendengarkan dan merespons umpan balik pelanggancdapat terus meningkatkan produk dan layanannya agar sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan.

Selain itu menerapkan analisis data yang canggih untuk memahami perilaku pelanggan. Data-data ini mencakup preferensi produk, pola pemakaian, dan siklus penggantian. Dengan pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen dapat merancang strategi yang lebih baik untuk mengembangkan produk yang tahan lama, mudah di-upgrade, dan sesuai dengan kebutuhan pemakaian jangka panjang.

Dalam hal layanan pelanggan juga memprioritaskan responsifitas dan solusi yang sesuai. Melalui dukungan pelanggan yang efektif, mereka memastikan bahwa pelanggan mendapatkan bantuan yang tepat waktu jika mengalami masalah atau pertanyaan terkait produk. Dengan memberikan solusi yang efektif, ASUS menjaga kepercayaan pelanggan dan memastikan pengalaman positif selama pemakaian jangka panjang.

Seluruh pendekatan ini muncul dari pengakuan brand terhadap kenyataan bahwa pelanggan adalah aset berharga dalam jangka panjang. Dengan memahami pelanggan secara mendalam dapat merancang produk yang sesuai dengan perkembangan kebutuhan mereka, serta memberikan layanan yang relevan dan solutif. Pendekatan ini memungkinkan untuk membangun hubungan yang erat dengan pelanggan, meningkatkan retensi pelanggan, dan membuka peluang kolaborasi lebih lanjut untuk menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan pemakaian jangka panjang.

5. Menerapkan Channel Strategy

ASUS telah menerapkan strategi saluran distribusi yang cerdas, yang dikenal sebagai channel strategy, untuk mengoptimalkan distribusi produk mereka ke pasar dengan efisiensi dan efektivitas yang tinggi. Strategi saluran distribusi ini melibatkan berbagai tahap dalam perjalanan produk dari produsen hingga konsumen akhir, dengan tujuan untuk menjadikan produk lebih mudah diakses, tersedia secara luas, dan sesuai dengan preferensi pelanggan.

Salah satu aspek penting dari channel strategy adalah distribusi multi-saluran. Brand ini mengoptimalkan jaringan distribusi dengan menggabungkan beberapa saluran distribusi, seperti pengecer daring (online) dan luring (offline), agen distribusi, dan mitra bisnis. Dengan pendekatan ini, produk ASUS dapat lebih mudah dijangkau oleh pelanggan di berbagai tempat dan platform. Selain itu juga memastikan produk mereka hadir di berbagai toko ritel, toko elektronik, dan distributor resmi untuk memastikan ketersediaan yang luas dan aksesibilitas yang maksimal.

Strategi channel ASUS juga melibatkan kolaborasi erat dengan mitra bisnis. bekerja sama dengan berbagai mitra, seperti toko elektronik besar, agen distribusi, dan mitra pengecer besar. Melalui kerjasama ini, produk ASUS dapat diintegrasikan dalam ekosistem distribusi mitra, memungkinkan produk untuk dijangkau oleh sejumlah besar pelanggan melalui saluran yang sudah mapan.

Brand ini juga berfokus pada strategi pemasaran dan promosi yang tepat melalui saluran distribusi. Mereka memastikan bahwa produk ASUS mendapatkan eksposur yang memadai di toko-toko fisik dan online. Melalui kampanye pemasaran yang terarah dan promosi khusus, ASUS dapat menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

Selain itu, strategi saluran juga mencakup dukungan pelanggan yang kuat. Mereka memastikan bahwa pelanggan mendapatkan layanan pelanggan yang responsif dan solutif. Hal ini menciptakan pengalaman positif bagi konsumen dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Penting juga untuk mencatat bahwa ASUS memiliki saluran distribusi eksklusif untuk produk-produk tertentu. Sebagai contoh, ASUS ROG (Republic of Gamers) memiliki saluran distribusi khusus yang berfokus pada produk gaming. Hal ini memungkinkan ASUS untuk menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi target audiens khusus.

Keseluruhan, strategi saluran distribusi adalah pendekatan terintegrasi yang memanfaatkan berbagai saluran, kolaborasi mitra bisnis, promosi yang cerdas, dan dukungan pelanggan yang kuat. Pendekatan ini memungkinkan ASUS untuk menghadirkan produk mereka ke pasar dengan cara yang optimal, memastikan ketersediaan, aksesibilitas, dan kepuasan pelanggan yang tinggi.

Manfaat Yang Didapatkan Asus Dari Strateginya

ASUS mendapatkan berbagai manfaat yang signifikan dari seluruh strategi yang mereka terapkan. Beberapa manfaat utama yang diperoleh ASUS dari strategi mereka adalah:

  1. Peningkatan Brand Awareness dan Citra Positif: Melalui berbagai strategi pemasaran, kolaborasi, dan inovasi produk, ASUS berhasil membangun brand awareness yang kuat dan citra positif di kalangan konsumen. Strategi ini membantu brand dikenal sebagai merek yang inovatif, berkualitas tinggi, dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.
  2. Pengembangan dan Pertumbuhan Pasar: Dengan fokus pada berbagai segmen pasar, seperti gaming, bisnis, dan konsumen umum, berhasil memperluas pangsa pasar mereka. Strategi ini membantu ASUS mencapai peningkatan penjualan dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
  3. Loyalitas Pelanggan yang Tinggi: Melalui dukungan pelanggan yang kuat berhasil membangun loyalitas pelanggan yang tinggi. Dengan memberikan layanan pelanggan yang responsif, dukungan teknis, dan pengalaman yang positif, pelanggan cenderung tetap setia pada merek ASUS.
  4. Kolaborasi dengan Komunitas dan Mitra Bisnis: Strategi kolaborasi dengan komunitas gamers, mitra bisnis, dan influencer membantu dalam membangun hubungan yang erat dengan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya. Hal ini menghasilkan feedback berharga, pengembangan produk yang lebih baik, serta dukungan yang lebih kuat dari komunitas tertentu.
  5. Peningkatan Penjualan dan Pendapatan: Dengan strategi yang cermat dalam saluran distribusi, pemasaran, dan promosi, ASUS mampu meningkatkan penjualan dan pendapatan mereka secara signifikan. Peningkatan penjualan ini memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bisnis dan profitabilitas ASUS.
  6. Diferensiasi dari Pesaing: Melalui inovasi produk, fitur unik, dan strategi pemasaran yang terarah, mampu membedakan diri dari pesaing di pasar. Ini membantu mereka membangun keunggulan kompetitif yang kuat dan menjaga posisi terdepan dalam industri.
  7. Sustainability dan Pertanggungjawaban Sosial: Memperoleh manfaat dari strategi keberlanjutan dan pertanggungjawaban sosial dengan mengadopsi praktik bisnis yang ramah lingkungan dan mendukung komunitas. Ini membantu mereka menjaga reputasi positif di mata konsumen dan masyarakat luas.
  8. Perluasan Pasar dan Globalisasi: Berhasil meraih prestasi di pasar global dan memperluas kehadiran mereka di berbagai negara. Strategi internasionalisasi ini membantu mereka mencapai target pasar yang lebih luas dan mendiversifikasi pendapatan.

Secara keseluruhan, kombinasi berbagai strategi yang cerdas dan terintegrasi membantu mencapai berbagai manfaat yang signifikan, termasuk pertumbuhan bisnis, pengembangan merek yang kuat, loyalitas pelanggan yang tinggi, dan berbagai prestasi di berbagai bidang.

Prestasi dan Penghargaan Asus

ASUS telah meraih sejumlah pencapaian yang mengesankan hingga tahun 2022, baik dalam skala internasional maupun di Indonesia. Pencapaian ini mencerminkan komitmen dan dedikasi ASUS dalam menghadirkan teknologi dan inovasi terkini kepada pelanggan di seluruh dunia.

Di pasar Indonesia brand ini berhasil memperoleh posisi sebagai pemimpin pasar dalam segmen consumer notebook sejak tahun 2013. Keberhasilan ini tidak hanya bersifat sementara, melainkan telah berlangsung selama 8 tahun berturut-turut. Ini adalah bukti nyata dari konsistensi brand dalam memberikan produk-produk yang inovatif dan teknologi terbaru kepada para pengguna akhir. Kemampuan brand dalam mempertahankan kepemimpinan pasar selama periode yang cukup panjang ini adalah indikator kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap merek tersebut.

ASUS tidak hanya meraih sukses dalam segmen consumer PC, tetapi juga telah berhasil memimpin pasar gaming di Indonesia dengan lini laptop gamingnya, ASUS ROG. Dalam kurun waktu 6 tahun sejak tahun 2015, ROG berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di segmen laptop gaming. Ini menunjukkan komitmen ASUS dalam menyediakan produk yang memenuhi kebutuhan dan ekspektasi para gamer di Indonesia.

Prestasi yang signifikan lainnya adalah meraih penghargaan Top of Mind untuk kategori laptop di Indonesia dari Top Brand Award pada tahun 2022. Penghargaan ini menandakan bahwa ASUS tidak hanya menjadi pemimpin dalam hal pangsa pasar, tetapi juga memiliki posisi yang kuat di benak pengguna laptop sepanjang tahun 2021. Ini adalah hasil dari upaya berkelanjutan ASUS dalam membangun citra merek yang kuat dan memiliki daya tarik yang tinggi di kalangan konsumen.

Tidak hanya di tingkat nasional, ASUS juga meraih pengakuan di skala internasional. Jimmy mengungkapkan bahwa inovasi dan teknologi yang terus-menerus dikembangkan telah menjadikan perusahaan ini masuk dalam daftar “Fortune’s World’s Most Admired Companies” pada tahun 2022. Penghargaan ini adalah bukti pengakuan atas reputasi positif dan keberhasilan ASUS dalam menciptakan solusi teknologi yang inovatif dan diakui di seluruh dunia.

Secara keseluruhan, pencapaian ASUS yang luas, mulai dari kepemimpinan pasar, penghargaan, hingga pengakuan internasional, adalah hasil dari dedikasi dan fokus perusahaan terhadap pengembangan teknologi yang relevan dengan kebutuhan pelanggan. Konsistensi dalam memberikan produk-produk unggulan serta komitmen terhadap inovasi telah membangun posisi ASUS sebagai salah satu pemimpin dalam industri teknologi global.

Kesimpulan

Dalam artikel ini kami membedah strategi yang digunakan oleh ASUS untuk menarik hati pelanggan dan menjadi pilihan utama pelanggan, Ga cuman itu Asus merupakan sebuah perusahaan yag terus melakukan inovasi serta kolaborasi dalam mengembangkan prodkunya. Inilah alasan dibalik, brand ini dapat menjadi pimpinan pasar laptop. Kalian bisa banget nih contoh strategi yang brand ini terapkan karena brand ini berhasil mendapatkan banyak prestasi dari strateginya. Namun, buat kalian yang masih bingung dengan strategi marketing atau lainnya kamu juga bisa menggunakan jasa agency advertising profesional seperti Bithour Production.

1. Fokus Pada Inovasi Terbaru

Comments