Analisis Strategi Erigo X dalam Industri Fashion

Comments · 76 Views

Dunia fashion di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang pesat, terutama karena pengaruh modernisasi. Perkembangan ini telah mengubah gaya hidup dan cara berpakaian masyarakat Indonesia. Dunia fashion sangat berpengaruh pada gaya hidup masyarakat Indonesia karena membuat mereka lebi

Produk fashion yang banyak berkembang saat ini adalah baju, kemeja, tas, dan aksesoris lainnya. Tingkat persaingan produk fashion di Indonesia saat ini sangat ketat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya penjual yang menawarkan berbagai produk fashion yang menarik. Selain itu, banyak juga penjual yang menawarkan produk fashion dengan model kekinian dan mengikuti perkembangan tren. Anak remaja cenderung suka membeli barang yang sedang tren karena tidak ingin ketinggalan zaman. Hal ini dapat menimbulkan dampak konsumtif, yaitu berbelanja secara berlebihan tanpa sesuai dengan kebutuhan.

Di zaman sekarang, apa saja bisa dengan mudah menjadi viral dan diikuti oleh banyak orang. Hal ini termasuk fashion yang menarik dan digemari oleh remaja. Pada dasarnya strategi adalah suatu hal yang harus dipunyai setiap brand atau merk tertentu untuk bisa melakukan pemasaran. Pada hal ini promosi, iklan, konten itu 

Salah satu brand fashion lokal Indonesia yang banyak diminati oleh remaja adalah Erigo. Brand ini menjual berbagai produk fashion, seperti tas, kaos, kemeja, dan lainnya. Pada tahun 2021, Erigo berhasil tampil di New York Fashion Week, salah satu ajang fashion terbesar di dunia. Muhammad Sadad adalah pendiri Erigo. Ia memulai bisnisnya pada tahun 2010 dengan nama Selected and Co. Pada tahun 2013, Sadad mengganti nama brand tersebut menjadi Erigo. Erigo terkenal dengan desain kaosnya yang menarik dan unik. 

Erigo menjual produknya secara online melalui e-commerce dan media sosial, serta offline melalui toko fisik. Pada masa pandemi, Erigo memanfaatkan media online untuk mempromosikan produknya agar tetap bisa menjangkau konsumen.

Erigo menawarkan produk dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang bagus. Hal ini membuat Erigo mampu bersaing dengan brand fashion internasional. Erigo juga telah merambah pasar internasional, termasuk Amerika Serikat. Erigo banyak diminati oleh remaja karena produknya sesuai selera remaja dan mengikuti perkembangan zaman. Hal inilah yang membuat Erigo menjadi brand fashion lokal yang sukses dan mendunia. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah: "Bagaimanakah strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh Erigo store dalam memperkenalkan brand fashion lokal Indonesia hingga mendunia?"

Muhammad Sadad, pendiri brand fashion lokal Erigo, pernah mengalami kegagalan di awal bisnisnya. Ia mengikuti pameran fashion di Malaysia, Surabaya, dan Makassar, namun omzet penjualan yang ia peroleh tidak sesuai dengan biaya operasional yang ia keluarkan.

      Sadad tidak menyerah begitu saja. Ia terus berusaha dan mengembangkan bisnisnya. Pada tahun 2015, omzet Erigo mencapai Rp22 miliar. Kesuksesan ini tidak lepas dari dukungan orang tua Sadad, yang selalu memberikan dukungan moral dan materi. Kedua orang tua Sadad bahkan pernah menjual ruko untuk memodali bisnis Sadad.

Hingga saat ini, Erigo menjadi salah satu brand fashion lokal tersukses di Indonesia. Produk-produk Erigo, seperti kaos, celana, jaket, sweater, topi, dan tas, menjadi pilihan favorit anak muda yang ingin tampil stylish dengan harga terjangkau. Pada tahun 2021, brand fashion lokal Erigo berhasil tampil di panggung New York Fashion Week (NYFW). Kesuksesan ini terulang kembali pada tahun 2023. Erigo menampilkan koleksi Spring/Summer 2023 mereka di NYFW dengan tajuk "The Show". CEO dan pendiri Erigo, Muhammad Sadad, mengatakan bahwa pencapaian ini tidak hanya untuk meningkatkan brand Erigo, tetapi juga industri fashion Indonesia. Pada pergelaran fashion ini, Erigo menampilkan 60 koleksi pakaian yang terinspirasi dari metamorfosis kepompong. Koleksi ini dibagi menjadi tiga tahap, yang masing-masing mewakili fase kehidupan.

Motif yang digunakan pada koleksi ini adalah geometris, abstrak, bunga, dan kupu-kupu. Selain itu, setiap koleksi juga dihiasi dengan teknik jahit tangan, painting, dan bordir yang membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. " ARTIKEL " Sadad mengatakan bahwa koleksi ini merupakan representasi dari perjalanan Erigo selama ini. Erigo telah bertransformasi dari brand kecil menjadi brand yang dikenal di kancah internasional. Kesuksesan Erigo di NYFW merupakan bukti bahwa industri fashion Indonesia semakin berkembang. Erigo telah membuktikan bahwa produk fashion lokal mampu bersaing dengan produk fashion internasional.

 

 

 

Comments