8 Cara Simpel Meningkatkan Page Speed Situs Web

Comments · 146 Views

Apa pentingnya Page Speed bagi Situs Web ?
Sangat penting, sebab ia memiliki pengaruh kuat terhadap pengalaman yang dirasakan oleh pengunjung kamu.
Situs web yang butuh waktu lama untuk memuat seringkali ditinggalkan oleh pengunjungnya tanpa satu konten pun yang dilihat. Selain itu

8 Cara Meningkatkan Performa Page Speed Situs Web

1. Batasi Penggunaan Redirect

Semakin banyak Redirect yang kamu miliki, maka semakin lama waktu yang server butuhkan untuk menemukan dan memuat laman yang tepat. Jadi pastikan untuk menghapus Redirect yang tidak penting sebanyak yang kamu temukan.

2. Sisipkan Tanda Slash di akhir URL

Jangan lupa untuk menyisipkan slash atau tanda “ / ” pada bagian akhir URL kamu. Melakukan ini sama saja kamu sudah memberitahu server bahwa tidak ada lagi direktori file yang perlu dicari, dan laman tersebut sudah tujuan akhirnya.

Sebagai contoh, ketimbang menggunakan URL www.contohwebsite.com/blog baiknya ditambahkan tanda / seperti ini www.contohwebsite.com/blog/ 

3. Compress atau Optimasi Gambar

File gambar berukuran besar sangat membutuhan waktu lama selama proses muatnya, yang mana mempengaruhi Page Speed situs web secara keseluruhan.

Mengompresi gambar bisa mengurangi ukuran file dan ditampilkan dalam kilobyte dan megabyte.

Sebagai aturan umum, gambar berkualitas tinggi dapat dikompresi hingga 60% hingga 80%.

Sebagai tips, usahakan gambar kamu tidak ada yang berukuran lebih dari 1MB.

Pastikan untuk cek kembali semua gambar mu dan compress jika menemukan yang berukuran lebih dari itu.

4. Gunakan Content Delivery Network (CDN)

Dengan CDN, jaringan server yang menghosting situs kamu secara lokal untuk mempercepat waktu pemuatan halaman.

Misal seorang pengguna di Amerika mengakses situs web yang di hosting di Indonesia, mereka tidak perlu melakukan ping ke server asal melainkan ke server yang berada dekat di Amerika.

Dengan menyebarkan konten di beberapa server, cara ini mengurangi jumlah permintaan ke server asal yang dapat memperlambat waktu muat.

5. Batasi penggunaan Plugin dan Page Element

Plugin, JavaScript, dan elemen tambahan lainnya menambah waktu buka halaman. Sertakan hanya elemen yang diperlukan untuk halaman situs web kamu.

Memang ada plugin yang dibuat membantu kecepeatan situs web, plugin yang secara otomatis mengubah ukuran gambar, memperkecil, dan masih banyak lagi

Untuk jenis plugin ini bisa tetap kamu pakai dan sepadan jika hanya  mempengaruhi sedikit Page Speed kamu.

6. Perkecil Kode HTML dan CSS

Saat memperkecil kode situs, pastikan untuk menghilangkan semua spasi, catatan developer, dan markup tambahan yang digunakan developer untuk membuat kode dapat dibaca dan mudah dikerjakan.

Sebab server tidak akan membutuhkan semua itu untuk membaca HTML, Javascript, maupun kode CSS, dan bisa mempengaruhi waktu muat laman.

Untuk membantu kamu, berikut adalah daftar tools bagus untuk memperkecil kode di situs web :

  • Google Closure Compiler untuk JavaScript
  • Microsoft Ajax Minifier untuk CSS
  • HTMLMinifier untuk HTML

7. Gunakan Sistem Caching

Ketika suatu situs web menggunakan Caching, server nantinya akan menyimpan salinan dari laman tersebut. Jadi tidak perlu lagi memuat dari awal setiap kali suatu situs web dimuat.

8. Menentukan Layanan Hosting Tepat

Bicara tentang hosting, biasanya apa yang kamu dapat adalah apa yang kamu bayar. Jadi pastikan untuk memilih layanan hosting yang sudah kredibel dan memilih paket layanan hosting terbaik mereka. Hal ini supaya situs web kamu mendapatkan semua fitur unggulnya dan memuat dengan lebih cepat serta mampu menangani banyaknya traffic yang masuk.

Comments