CARA MEMASARKAN PRODUK KE LUAR NEGERI MELALUI DIGITAL

Comments · 119 Views

digital marketing menggunakan platform digital dalam proses pemasaran dan promosi. Ini berarti Anda akan menggunakan internet dan platform-platform digital dalam mempromosikan produk. Internet sendiri dapat diakses oleh banyak orang di seluruh dunia, tidak terbatas waktu dan tempat. Penggu

Cara Memasarkan Produk ke Luar Negeri

Memperluas pasar hingga ke kancah internasional memang bukan tugas yang mudah, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Dengan strategi yang tepat dan berkelanjutan, Anda bisa memasarkan produk ke luar negeri. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi hingga mancanegara.

Melakukan Promosi Produk Melalui Media Sosial

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat media sosial khusus sebagai akun resmi bisnis Anda. Hal ini bukan saja penting dalam pemasaran internasional, namun pemasaran bisnis pada umumnya. Sekarang ini media sosial telah memegang peranan besar dalam proses pemasaran.

Melalui media sosial, Anda bisa memberikan materi-materi promosi terkait produk yang Anda miliki. Anda juga bisa menjalin komunikasi yang interaktif dengan audience pada skala yang lebih luas. Aspek ini dapat membuat audience lebih tertarik dengan produk maupun brand Anda.

Memasang Iklan Digital di Berbagai Platform

Iklan merupakan salah satu cara promosi yang efektif, baik di dalam maupun luar negeri. Agar cakupan iklan Anda lebih luas dan bisa sampai mancanegara, Anda dapat memasang iklan digital. Ada berbagai platform yang bisa Anda manfaatkan untuk pemasangan iklan digital, beberapa diantaranya adalah Google Ads dan Facebook Ads.

Google Ads

Jenis iklan yang pertama adalah Google Ads, salah satu iklan yang paling sering diterapkan dalam digital marketing. Sesuai dengan namanya, Google Ads memungkinkan Anda memasang iklan di mesin pencari Google. Lalu, mengapa Google?

Jawabannya simpel, Google merupakan salah satu mesin pencari yang terbanyak digunakan. Memasang Google Ads memungkinkan Anda melakukan kustomisasi target pasar, seperti demografi audience dan wilayah mana yang ingin Anda sasar. Dengan begitu, iklan yang Anda pasang bisa lebih tepat sasaran dan memperbesar kemungkinan terjadinya konversi ke penjualan.

Facebook Ads

Selain Google Ads, Facebook Ads juga merupakan jenis iklan yang cukup sering digunakan. Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan, sehingga dapat menjaring peluang yang besar bagi bisnis Anda. Tak hanya Facebook, Anda juga bisa mengintegrasikan iklan di Instagram yang masih satu linier.

Pemasangan iklan di Facebook dan Instagram biasanya mengandalkan aspek visual yang menarik. Pastikan Anda menggunakan foto, video, atau unsur visual lainnya yang menggugah audience. Anda juga bisa memasang katalog produk yang lengkap dan informatif untuk memudahkan audience mengenali produk.

Memasarkan Produk Melalui Marketplace Internasional

Cara memasarkan produk ke luar negeri bisa melalui marketplace internasional, seperti Amazon dan eBay. Memasarkan produk melalui marketplace internasional dapat memperbesar peluang bisnis Anda. Tak sedikit orang yang lebih memilih berbelanja melalui marketplace yang sudah terpercaya.

Faktor review pelanggan juga memberikan nilai tambah yang bisa Anda manfaatkan saat berjualan di marketplace. Karena itu, pastikan Anda memberikan produk dan layanan terbaik untuk konsumen. Jangan lupa perhatikan juga aspek kurir pengiriman agar tidak menyebabkan masalah pada produk yang Anda kirim nantinya.

Membuat Website Khusus Bisnis

Tak hanya membuat media sosial khusus, Anda juga perlu memiliki website resmi dari brand atau bisnis yang dimiliki. Website dapat berperan sebagai identitas bisnis yang membuat brand Anda lebih kredibel. Selain itu, memiliki website akan memudahkan calon konsumen saat ingin melakukan pembelian.

Dalam membuat website, pastikan halaman web Anda menarik dan user friendly. Buatlah fitur-fitur yang mudah digunakan dan tidak membutuhkan loading yang lama. Anda juga bisa melakukan optimasi website melalui SEO agar lebih mudah ditemukan. 

Mengirimkan Email Penawaran dan Promosi

Cara memasarkan produk ke luar negeri terakhir yang tak kalah efektifnya adalah mengirimkan email marketing. Email ini dapat berisi penawaran khusus dan materi promosi lainnya terkait dengan produk Anda. Untuk data email sendiri bisa Anda dapatkan melalui website atau pengisian formulir melalui media sosial.

Agar tidak jadi spam, sebaiknya Anda memberikan variasi dalam konten email yang dikirim kepada audience. Anda tidak harus selalu mengirimkan promosi dan menawarkan produk, tapi juga konten yang bersifat informatif. Email marketing bisa membangun interaksi dan hubungan yang baik dengan audience Anda.

Optimalkan Strategi Digital Marketing dengan Agensi Terpercaya

Jika Anda sudah berencana untuk memperluas pasar hingga ke luar negeri, jangan setengah-setengah melakukannya. Terapkan strategi digital terbaik agar bisa mendapatkan hasil yang optimal bagi bisnis Anda. 

Comments