Mengintip Strategi BRI Jadi Super Apps

Comments · 90 Views

erdasarkan survei sederhana kami pada 5 karyawan pria dan 5 karyawan wanita, rata-rata jumlah apilkasi di smartphone mereka mencapai 22 aplikasi. Paling sedikit, sebuah ponsel memiliki 5 aplikasi dan yang paling banyak memiliki 92 aplikasi.

Hasil survei tersebut menunjukkan: hampi

Super App ini baru ada pada perusahaan startup teknologi. Di industri finansial belum ditemukan Super App bagi transaksi pembayaran, perbankan, asuransi, hingga pasar modal. Padahal dukungan untuk Super App ini sudah datang dari Regulator. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) sudah mulai menyiapkan regulasi dan standarisasi dalam open banking dan open Application Programming Interface (API).

Open banking dan open API akan memungkinkan keterbukaan informasi keuangan bank kepada pihak ketiga secara aman untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam melakukan transaksi dan memungkinkan interlink antar pelaku.

Sederhananya, melalui layanan digital, bank tersebut bisa memberikan layanan satu atap atau one stop solutions. Salah satu bank yang siap memberikan layanan satu atap adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Guna melengkapi fungsi ini, BRI gencar melakukan akuisisi perusahaan jasa keuangan. Dengan bermodal anak usaha tersebut, BRI bisa memberikan berbagai layanan keuangan. Setiap nasabah BRI pasti membutuhkan beberapa layanan keuangan.

Misalnya, setiap nasabah kredit konsumer dari BRI pasti membutuhkan asuransi jiwa yang tentunya bisa disediakan layanannya oleh BRI Life. Nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) pasti diwajibkan memiliki asuransi. Asuransi properti dan asuransi otomotif bisa dipenuhi oleh anak usaha asuransi umum.

Nasabah korporasi BRI yang membutuhkan layanan pasar modal, baik penerbitan surat utang hingga go public juga bisa dilayani kebutuhannya oleh Danareksa Sekuritas.

Begitu pula nasabah tabungan berbasis pembayaran gaji (payroll) pun dengan mudah mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang disediakan melalui aplikasi financial technology Pinang, yang dikendalikan oleh BRI Agro. Sangat banyak contoh-contoh dari layanan tambahan pada nasabah dengan skema cross selling yang bisa dimanfaatkan oleh BRI dalam captive market. Ujungnya, pendapatan usaha dan pendapatan berbasis komisi (fee based income) perusahaan akan berputar di antara BRI sebagai induk dan sejumlah anak usaha. Di sisi lain, peluang terjadinya penghematan biaya juga bisa terjadi karena sinergi antar usaha seperti biaya pemasaran (marketing) yang tentu dapat ditekan dengan skema cross selling tersebut.

Dengan basis jumlah rekening nasabah BRI yang mencapai 70 juta di mana 50 juta di antaranya tergolong aktif, maka pemasaran bisnis anak usaha seharusnya bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Sebaliknya, nasabah dari anak usaha juga memiliki peluang untuk menjadi nasabah BBRI atau nasabah anak usaha lainnya. Istilah one stop financial solution sebenarnya bukanlah istilah baru. Namun, sayangnya di banyak bank, layanan ini hanya terbatas bagi nasabah premium alias priority banking.

Nasabah 'tajir' hanya tinggal order melalui telepon maupun cabang prioritas. Sambil duduk manis semua kebutuhan finansial sang nasabah yang mulia sudah dilayani oleh relationship manager, beserta saran-sarannya.

Namun, layanan ini belum diberikan untuk nasabah biasa termasuk UMKM. Salah satunya karena persoalan biaya dan terbatasnya jumlah karyawan.
Akan tetapi di zaman digital, seharusnya keterbatasan ini bukan lagi menjadi persoalan. Berbekal aplikasi pintar, perintah layanan bisa dilakukan hanya dengan menyentuh layar smartphone

BRI pun sudah menginisiasi layanan one stop solution berbasis digital melalui aplikasi BRI Mobile (BRImo) yang diluncurkan pada Februari 2019 lalu.

Berbeda dengan aplikasi mobile banking milik bank lain, BRImo telah menyatukan mobile banking dengan uang elektronik.

Sehingga, dari mulai proses transfer, tabungan, hingga pembayaran tagihan, bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi.

BRI pun telah merencanakan untuk menggabungkan aplikasi BRI Credit Card Mobile yang baru diluncurkan Juni 2019 lalu ke dalam BRImo.

BRImo menawarkan kemudahan bertransaksi bagi penggunanya. Setidaknya ada beberapa kemudahan yang bisa diperoleh dengan menggunakan aplikasi BRImo.

Pertama, cek mutasi rekening sampai dengan satu tahun, dan data mutasi bisa disimpan dalam bentuk PDF dan langsung dibagikan melalui media sosial. Dengan fitur ini, pengguna BRImo bisa dengan mudah menyimpan file mutasi, dan membagikannya sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, aplikasi ini memungkinkan penggunanya melakukan tarik tunai tanpa kartu yang bisa mengakses pada homescreen. Pada waktunya, fitur ini berperan membuat kartu ATM punah.

Bank BRI juga membekali pengguna aplikasi ini dengan keamanan yang tak main-main. Login aplikasi tak hanya dilengkapi dengan keamanan melalui username dan password. Pengguna aplikasi BRIMO juga bisa menggunakan Fingerprint dan Face ID.

Aplikasi BRI Mobile terbaru ini menggunakan basis data dengan mengusung user interface (UI) dan user experience (UX).

Ada juga beragam fitur lainnya yang semakin memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Di antaranya mengisi ulang pulsa, membayar kartu kredit, membeli tiket kereta, membayar pulsa, melakukan top-up saldo GoPay, hingga mendapatkan info promo terkini dari Bank BRI.

Pengguna BRImo juga dapat menggunakan aplikasi ini tanpa perlu datang langsung ke kantor cabang BRI. Pilihan sumber dana pun beragam seperti giro, tabungan, dan uang elektronik. Nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi BRImo di smartphone berbasis Android maupun iOS.

Selain BRImo, sebenarnya BRI telah memiliki berbagai aplikasi untuk konsumen dengan berbagai fungsi. Setidak sudah ada 17 aplikasi untuk konsumen 

 
NamaLayanan
BRImoMobile Banking + uang elektronik
BRI Credit Card MobileKartu Kredit Digital
BRISpotKredit UMKM
PinangKredit Tanpa Agunan
BRI PrioritasAplikasi untuk nasabah prioritas
BRIS OnlineMobile banking BRI Syariah
BRI Life My MedicalAplikasi untuk layanan asuransi jiwa
BRI AgroMobileMobile banking BRI Agro
D’One Next GOnline Trading Danareksa Sekuritas
BRI RemittanceAplikasi pengiriman uang
Info Lelang BRIInformasi Lelang Agunan KPR
BRILink MobileAplikasi Agen Laku Pandai
Wirausaha BRIlianAplikasi Pengembangan UMKM
My QRSistem pembayaran berbasis QR code
BRIMolaAplikasi pemesanan gas LPG untuk pedagang
Junio SmartAplikasi Pengelolaan pendidikan
Forgotten KingdomAplikasi Game

Comments