Prediksi Tren Bisnis 2024 dengan Peluang Keberhasilan Tinggi!

Comments · 67 Views

Mendekati akhir tahun 2023, pasti banyak dari Anda yang mulai memasang target dan menyusun rencana untuk tahun 2024. Bagi pemilik bisnis, fokusnya tertuju pada meningkatkan pendapatan atau ekspansi bisnis di masa mendatang. Di sisi lain, ada juga yang tertarik untuk memulai bisni

Tren Bisnis di Tahun 2024

Sebagai calon pebisnis, Anda harus dapat membaca tren yang sedang berlangsung agar dapat memaksimalkan keuntungan yang dapat Anda peroleh. Berikut adalah beberapa tren usaha yang bisa Anda jalankan di tahun 2024.

1. Ecommerce

Pola belanja online mengalami peningkatan yang diperkirakan akan terus berlanjut, terutama pada tahun 2024. Penjualan berbagai bentuk produk seperti produk fisik, digital, maupun layanan ini juga menjadikan peluang bisnis online dan e-commerce tetap menarik.

Terlepas dari itu, kesadaran akan lingkungan semakin populer di masyarakat, membuat bisnis yang fokus pada produk ramah lingkungan atau praktik bisnis berkelanjutan menjadi daya tarik tersendiri bagi platform e-commerce yang dapat Anda pertimbangkan sebagai peluang bisnis di 2024.

2. Makanan sehat

Kebutuhan akan makanan dan minuman merupakan hal yang akan terus dicari oleh masyarakat. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian pada tahun 2021, disebutkan bahwa bisnis di sektor makanan dan minuman diperkirakan akan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Selain dari segi potensi keuntungan, segi modalnya juga menguntungkan. Memulai bisnis makanan dapat lebih terjangkau secara finansial dibandingkan dengan bisnis di sektor ritel atau bidang lainnya.

Perkiraan untuk tren di tahun 2024 sendiri menunjukkan peluang besar untuk produk makanan sehat. Mengikuti minat masyarakat terhadap makanan bergizi yang semakin tinggi, terutama setelah pandemi Covid-19, Anda sebagai calon pemilik bisnis dapat menghadirkan berbagai produk makanan sehat, mulai dari makanan utama hingga camilan yang kaya nutrisi sebagai alternatif bagi makanan cepat saji.

3. Percetakan

Informasi bahwa tahun 2024 akan menjadi masa penuh persaingan dalam dunia politik di Indonesia bukanlah informasi yang baru. Para calon legislatif (caleg) dan kandidat politik secara besar-besaran melakukan kampanye dengan berbagai medium, mulai dari poster, banner, brosur, kaos, spanduk, hingga berbagai jenis souvenir lainnya.

Selain itu, produksi kertas suara dalam jumlah besar juga memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan para pelaku usaha di sektor percetakan ini. Pimpinan Asosiasi UMKM juga mengungkapkan bahwa bisnis percetakan akan mengalami peningkatan pendapatan saat pemilu tahun 2024 dengan perkiraan kenaikan hingga 10%.

Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk meraih keuntungan dengan memulai bisnis percetakan. Namun, sebelum memulai bisnis percetakan ini, dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai dunia percetakan, mulai dari memilih berbagai jenis bahan atau kertas, hingga menguasai penggunaan alat dan cara mencetak produk yang berkualitas demi mendapatkan hasil terbaik.

4. Fashion dan aksesoris

Bisnis fashion tetap menjadi salah satu sektor yang diminati oleh pembeli, bahkan menduduki peringkat dua teratas dalam produk yang paling diminati di platform e-commerce. Selain itu, data menunjukkan bahwa nilai transaksi produk dalam bisnis fashion mengalami peningkatan sebesar 25% dari tahun 2021 ke tahun 2022. Pertumbuhan ini diperkirakan akan terus berlanjut di tahun yang akan datang.

Dengan melihat perkembangan tersebut, Anda bisa mengambil peluang untuk memulai bisnis dalam sektor fashion dan juga aksesoris. Namun, agar bisa bersaing dengan merek atau brand lainnya, penting bagi Anda untuk memahami tren fashion di tahun 2024 untuk mengetahui selera pasar.

5. Kelas atau kursus online

Pendidikan melalui internet terus berkembang sejalan dengan permintaan akan pembelajaran daring. Peluang bisnis terkait dengan platform pembelajaran online seperti kursus daring menjadi peluang bisnis yang menarik. Hal ini mencakup penyediaan konten pendidikan, layanan konsultasi pendidikan, dan/atau penyediaan perangkat lunak pembelajaran.

Mengingat permintaan dalam bidang pendidikan semakin banyak, bisnis ini layak untuk dicoba, apalagi bagi mereka yang memiliki pengalaman dalam mengajar. Pilihlah subjek yang Anda kuasai dan mulailah dari skala kecil. Dengan langkah tersebut, pada tahun 2024, Anda mungkin bisa memiliki kelas online yang sukses.

6. Jasa kreatif

Bagi mereka yang memiliki keahlian dalam desain, memulai bisnis jasa di ranah kreatif bisa menjadi opsi peluang bisnis yang menarik. Potensi konten di era media sosial dan teknologi saat ini sangat menjanjikan.

Segala jenis promosi, seperti iklan dan poster, baik yang ada dalam bentuk cetak maupun di platform online yang sering Anda temui setiap hari, sangat bergantung pada layanan desain grafis dan jasa kreatif lainnya.

Pada bidang usaha kreatif, Anda bisa menawarkan berbagai layanan, mulai dari jasa pengeditan video, pembuatan animasi film dan buku anak, desain grafis, desain situs web, hingga pengembangan program pelatihan dalam bidang desain grafis.

Menurut Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, sektor ekonomi kreatif, termasuk industri desain, telah memberikan sumbangan sebesar 7,44% terhadap perekonomian nasional pada tahun 2016.

Kontribusi ini menunjukkan bahwa bisnis kreatif memiliki peluang besar untuk tumbuh dan dapat menghasilkan keuntungan signifikan yang sebaiknya kita pertimbangkan sebagai peluang bisnis pada tahun 2024 nanti.

7. Usaha kafe yang dilengkapi Wi-Fi

Seiring dengan meningkatnya minat terhadap kopi dalam beberapa tahun terakhir, tidak heran bahwa kedai kopi atau coffee shop semakin menjamur, terutama karena penggemar kopi berasal dari berbagai kalangan usia, mulai dari remaja, dewasa, hingga lansia, yang menjadikan kopi sebagai minuman sehari-hari mereka.

Kesempatan ini dapat dimanfaatkan dalam menjalankan bisnis coffee shop modern. Dengan pasar yang begitu luas, Anda dapat menjangkau berbagai jenis konsumen.

Selain menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung, Anda juga bisa menambahkan layanan Wi-Fi gratis di coffee shop yang Anda miliki. Ketersediaan fasilitas Wi-Fi di kedai kopi menjadikannya lebih menarik bagi pelanggan.

Dengan begitu, selain menikmati kopi, pelanggan dapat mengakses internet untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan mereka. Hal Ini menjadikan coffee shop sebagai tempat nongkrong favorit, terutama di kalangan muda dan profesional.

Selain itu, perlu diketahui bahwa apabila Anda hendak mendirikan bisnis coffee shop, Anda harus memiliki desain atau lokasi gedung yang Instagramable. Lokasi atau desain coffee shop yang estetik cenderung menjadi favorit bagi pelanggan muda karena mereka biasanya menjadikan coffee shop ini sebagai hal yang layak untuk diunggah di akun media sosial mereka.

Seperti yang diketahui, terdapat banyak peluang usaha yang bisa Anda dirikan pada tahun 2024 mendatang, seperti bisnis percetakan, bisnis fashion online, bahkan bisnis yang bergerak pada bidang kreatif.

Apapun bisnis yang pada nantinya akan Anda bangun di tahun 2024 nanti, tentunya Anda membutuhkan bantuan dalam menjalankan bisnis tersebut, terutama apabila Anda menjalankannya dengan SDM yang sedikit.

Comments