Mulai Bisnis di Tahun 2024? Lakukan Persiapan Legalitas Usaha Ini!

Comments · 82 Views

Mendekati tahun baru, banyak masyarakat yang berencana untuk berbisnis di tahun 2024, dan mulai melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah mempersiapkan legalitas usaha. Aspek legalitas usaha, atau legalitas bisnis, merupakan bagian yang tidak boleh terlewat ketika Anda akan memulai bisnis Anda. Hal ini dikarenakan aspek legalitas usaha dapat memberikan beragam manfaat bagi bisnis.

Pengertian Legalitas Usaha dan Manfaatnya

Legalitas usaha adalah kumpulan peraturan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu bisnis agar dianggap sah dan diakui oleh pemerintah. Ini mencakup registrasi, izin, dan pemenuhan ketentuan hukum terkait.

Memastikan legalitas usaha memiliki manfaat signifikan bagi kelangsungan dan pertumbuhan bisnis. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari memenuhi legalitas usaha antara lain yaitu:

  1. Menjadi bukti kesungguhan pelaku usaha untuk patuh pada aturan hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Memberikan perlindungan pada usaha dari penertiban pihak berwajib, serta memberikan keamanan bagi pelaku usaha.
  3. Memudahkan pengembangan dengan akses lebih mudah untuk mendapatkan modal tambahan.
  4. Meningkatkan kepercayaan konsumen dan berpotensi meningkatkan penjualan.
  5. Legalitas bisnis dapat memenuhi segala kebutuhan bisnis, seperti sebagai persyaratan tender sehingga mempermudah perusahaan untuk mendapatkan proyek.

Jenis Legalitas Usaha yang Perlu Dipersiapkan

Dalam proses memenuhi aspek legalitas usaha, terdapat beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan sebagai persyaratan memenuhi legalitas bisnis. Adapun dokumen dan persyaratan memenuhi legalitas bisnis yaitu sebagai berikut.

1. Nomor Induk Berusaha (NIB)

NIB, atau Nomor Induk Berusaha, adalah sistem pendaftaran terpadu yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk memudahkan dan mempercepat proses perizinan usaha dengan menggantikan sejumlah dokumen perizinan menjadi satu nomor identifikasi.

Manfaat utamanya adalah sebagai pemenuhan legalitas usaha, efisiensi administratif, pengurangan birokrasi, dan peningkatan daya saing bisnis. NIB memungkinkan pelaku usaha memulai dan mengembangkan bisnis lebih cepat, sambil mendapatkan akses yang lebih mudah ke fasilitas dan dukungan pemerintah.

2. Nomor Pokok Wajib Pajak Usaha Dagang (NPWP Usaha Dagang)

NPWP Usaha Dagang, atau Nomor Pokok Wajib Pajak untuk usaha dagang, adalah identifikasi pajak resmi yang wajib dimiliki oleh pelaku usaha di Indonesia. NPWP ini menjadi kewajiban dalam memenuhi perpajakan usaha dagang.

Manfaat utamanya melibatkan keabsahan legalitas pajak, memungkinkan transaksi bisnis resmi, serta dibutuhkan dalam pengajuan perizinan dan pembukaan rekening bank bisnis. NPWP juga mempermudah pelaporan dan pembayaran pajak, memberikan kejelasan terkait kewajiban pajak usaha dagang.

Dengan NPWP yang valid, usaha dagang dapat menghindari sanksi dan masalah hukum terkait perpajakan, sambil berkontribusi pada pembangunan ekonomi negara melalui pendapatan pajak untuk infrastruktur dan pelayanan publik.

3. BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Indonesia, merupakan program asuransi sosial.

BPJS Kesehatan menawarkan perlindungan kesehatan dengan akses ke layanan medis dan obat-obatan, sementara BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan terhadap risiko ketenagakerjaan, seperti kecelakaan dan kematian.

Bagi pengelola dan pemilik bisnis, manfaatnya terletak pada keberlanjutan operasional yang stabil. Pendaftaran karyawan ke BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan membantu melindungi tenaga kerja, mengurangi risiko biaya kesehatan atau klaim ketenagakerjaan tak terduga.

Selain itu, hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan kepuasan karyawan, menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, yang pada gilirannya memperkuat citra positif bisnis di mata masyarakat dan konsumen.

4. Pendaftaran HAKI untuk Logo dan Merek

Pendaftaran HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) untuk logo dan merek adalah langkah legalitas usaha untuk melindungi hak kekayaan intelektual dan memberikan keamanan hukum dari penggunaan oleh pihak lain. Ini mencakup merek dagang dan hak cipta terkait dengan logo perusahaan.

Keuntungan utama pendaftaran HAKI untuk logo dan merek adalah memberikan eksklusivitas pada penggunaan dan pemasaran produk atau jasa terkait. Dengan memiliki HAKI yang sah, pemilik bisnis dapat mencegah pihak lain menggunakan logo atau merek serupa yang dapat menyebabkan kebingungan di pasar.

Pendaftaran HAKI juga mempermudah penegakan hukum dalam kasus pelanggaran dan dapat meningkatkan nilai merek serta kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis.

Proses memenuhi persyaratan legalitas usaha adalah proses yang kompleks. Kerap kali pebisnis, terutama yang masih pemula, menemukan hambatan dan kesulitan saat mempersiapkan legalitas usahanya.

Sebagai bentuk komitmen MyIndibiz sebagai sahabat dalam memulai usaha, MyIndibiz menghadirkan layanan Pengurusan Perizinan by NPC. Layanan ini adalah bentuk kolaborasi dari MyIndibiz bersama dengan Nicholas Pertiwi Consultant (NPC) dalam menghadirkan solusi mudah dalam mengurus persyaratan legalitas usaha.

Layanan ini sendiri menghadirkan bantuan profesional untuk Anda dalam mengurus dokumen legalitas usaha tanpa kesulitan sama sekali, yaitu meliputi:

  1. Mitra terpercaya untuk membantu dalam proses pembuatan dokumen NIB atau Nomor Induk Berusaha.
  2. Mengatasi kerumitan dalam urusan perpajakan dan proses pembuatan NPWP Usaha Dagang.
  3. Kemudahan dalam mendaftarkan logo dan merek usaha Anda sebagai HAKI.
  4. Mengurus dan mendaftarkan karyawan Anda pekerjakan ke BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Aspek legalitas usaha adalah hal yang perlu dipenuhi agar bisnis Anda dapat terhindar dari kemungkinan-kemungkinan terburuk yang tidak diinginkan. Untuk itu, pastikan Anda secara cermat memenuhi setiap aspek legalitas bisnis agar bisnis dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Comments