Menggali Potensi Bisnis di Momen Liburan dengan Ground Activation

Comments · 42 Views

Musim liburan merupakan momentum yang dapat memberikan keuntungan bagi pebisnis. Berbagai aktivitas marketing dapat diselenggarakan guna memanfaatkan momen yang sedang berlangsung, termasuk strategi pemasaran ground activation. <br> <br>Dalam era digital yang semakin canggih, strategi pema

Apa Itu Ground Activation?

Event Natal dan Tahun Baru, festival, dan bazar mungkin adalah beberapa bentuk aktivitaas yang kerap Anda jumpai di momen liburan. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat dikategorikan sebagai strategi pemasaran ground activation.

Ground activation merujuk pada serangkaian kegiatan pemasaran yang dilakukan langsung di tempat-tempat publik atau acara tertentu. Tujuannya adalah menciptakan pengalaman langsung bagi konsumen, membangun kesan positif, dan menguatkan hubungan merek.

Dalam banyak kasus, ground activation kerap dilakukan di lokasi strategis seperti pusat perbelanjaan, acara olahraga, festival, atau tempat umum lainnya yang ramai dikunjungi oleh masyarakat sehingga dapat menarik minat pengunjung.

Manfaat Ground Activation

Menjalankan kegiatan ground activation memiliki berbagai manfaat yang dapat Anda peroleh. Adapun manfaat strategi marketing ground activation adalah sebagai berikut.

1. Hubungan yang Lebih Dekat

Strategi ground activation adalah metode yang tepat untuk membangun hubungan lebih personal dengan konsumen. Dengan strategi ini, Anda dapat menciptakan kesan langsung yang dapat diingat secara jangka panjang oleh pelanggan.

2. Peningkatan Kesadaran Merek

Dengan strategi gorund activation, Anda dapat menjangkau audiens yang mungkin belum tercapai secara online. Ini merupakan cara efektif untuk meningkatkan visibilitas merek di lokasi sekitar yang dituju.

3. Mengumpulkan Feedback Langsung

Strategi ground activation menghasilkan interaksi langsung dengan pelanggan. Melalui interaksi ini, Anda dapat mengumpulkan umpan balik secara langsung dari konsumen. Mengumpulkan feedback atau umpan balik adalah langkah penting dalam memahami respons dan preferensi pelanggan.

4. Pengalaman Konsumen yang Mendalam

Ground activation merupakan strategi yang tepat ketika Anda ingin membangun kesan yang kuat di benak pelanggan. Kesan ini hadir dalam bentuk pengalaman unik yang Anda berikan. Kesan dan pengalaman ini merupakan kunci dalam membangun loyalitas konsumen melalui interaksi nyata.

Strategi Efektif Ground Activation

Dalam menerapkan strategi ground activation, tentunya terdapat beberapa strategi sukses yang dapat Anda coba dan lakukan. Berikut ini beberapa strategi efektif agar kegiatan ground activation berjalan lancar dan sukses.

1. Event Branding yang Kreatif

Anda dapat merancang booth atau area pameran yang mencuri perhatian. Gunakan desain visual yang mencerminkan identitas merek. Anda juga dapat menambahkan berbagai ornamen dan dekorasi apabila aktivitas Anda berlangsung di momen tertentu, seperti Natal Tahun Baru, Halloween, atau Lebaran.

2. Aktivitas Interaktif

Persiapkan beberapa aktivitas interaktif yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Anda dapat membuat permainan atau kontes dengan hadiah menarik. Ini merupakan langkah untuk memberikan pengalaman interaktif yang berhubungan dengan produk atau layanan yang Anda jual.

3. Sampling Produk

Sebagai strategi, Anda dapat menyajikan produk secara langsung kepada konsumen dalam bentuk sampling. Melalui produk sampling, pelanggan berkesempatan untuk mencoba dan merasakan produk, yang dapat mempengaruhinya untuk melakukan pembelian selanjutnya.

4. Pertunjukan Langsung

Beberapa pelanggan dan pengunjung akan tertarik ketika Anda melakukan pertunjukan atau demonstrasi langsung terkait produk atau jasa yang Anda jual. Cara ini merupakan strategi cerdas untuk menarik perhatian serta menghibur pelanggan dan pengunjung dengan merek Anda.

5. Kolaborasi dengan Influencer Lokal

Anda dapat melibatkan influencer lokal untuk mendukung acara. Dengan berkolaborasi dengan influencer lokal, Anda dapat meningkatkan jangkauan dan kredibilitas merek.

Tantangan dalam Ground Activation

Melaksanakan strategi pemasaran ground activation tentunya tidak terhindar dari berbagai tantangan. Sebagai persiapan untuk Anda, berikut ini beberapa tantangan dalam melakukan ground activation.

1. Koordinasi Logistik

Tantangan pertama tentunya ada pada logistik. Bukan tidak mungkin ketika Anda melakukan ground activation, namun terhambat oleh permasalahan logistik.

Untuk itu, Anda dapat menyelenggarakan acara di lokasi yang tepat dan strategis. Pastikan juga untuk mengelola persiapan dan pemecahan masalah logistik yang kemungkinan akan Anda hadapi..

2. Mengukur Keberhasilan

Tantangan selanjutnya adalah adanya kesulitan dalam mencapai keberhasilan dari aktivitas ground activation. Untuk itu, Anda perlu menetapkan metrik keberhasilan yang jelas. Gunakan alat analisis untuk mengevaluasi dampak acara.

3. Menghadapi Variabilitas Cuaca

Tantangan selanjutnya adalah sesuatu yang tidak dapat diprediksi dan dihindari, yaitu faktor cuaca. Terutama ketika aktivitas yang Anda jalankan berlangsung di luar ruangan, Anda perlu memperhitungkan faktor cuaca. Untuk itu, sediakan plan B, C, D dan seterusnya sebagai solusi cadangan apabila terdapat kendala dari cuaca.

Ground activation adalah alat yang efektif untuk membangun pengalaman nyata bagi konsumen dan memperkuat koneksi merek. Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, sentuhan langsung seperti ini dapat menjadi kunci untuk memenangkan hati konsumen.

Strategi ground activation tentunya merupakan strategi cerdas dalam meningkatkan visibilitas merek. Namun, menyelenggarakan kegiatan ground activation tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit, dan ini kerap menjadi momok yang dihadapi oleh pebisnis.

Kehadiran teknologi menjadi solusi yang dapat mengatasi hal tersebut. Melalui teknologi, Anda masih dapat memberikan pengalaman bagi pelanggan melalui acara online, seperti diskusi, online exhibition, serta webinar.

Comments