Contoh Produk Digital yang Laris Manis Saat Ini

Comments · 126 Views

Kata produk memang sudah tidak asing lagi di telinga. Kata produk seringkali familiar dengan barang atau jasa yang diperjual belikan. Tetapi, tahukah Anda mengenai produk digital? Apakah Anda familiar atau pernah menggunakan produk digital? Di zaman perkembangan teknologi seperti sekarang,

Mari mulai dengan definisi produk. Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar dan dapat diperjualbelikan serta memiliki nilai. Arti Digital pada konteks ini sendiri merupakan bentuk perubahan dari konvensional ke teknologi yang bersifat digital. Jadi, produk digital adalah sesuatu yang diperjualbelikan dalam bentuk digital. Produk digital tidak memiliki fisik, karena bentuknya digital, bisa berbentuk file, video, atau bentuk non-fisik lainnya. Produk digital seringkali diperjualbelikan berbentuk jasa atau layanan. Perkembangan produk digital semakin pesat dan peminatnya semakin banyak. Produk digital menjadi peluang bisnis yang dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

Keunggulan Bisnis Produk Digital

keunggulan produk digital

Ada beberapa keunggulan produk digital, diantaranya:

  1. Biaya produksi rendah
    Produk digital bisa dibidang memiliki biaya produksi yang rendah karena biasa hanya sekali produksi dan bisa dijual berulang kali.
  2. Jangkauan pasar yang luas
    Produk digital yang dijual secara online dapat menjangkau pasar yang luas. Anda bisa menjual produk digital Anda bahkan sampai keluar negeri. Yang harus Anda lakukan adalah memahami target pasar Anda, siapa yang membutuhkan produk digital yang Anda jual. Anda bisa mempromosikannya di marketplace, media sosial atau platform obrolan lainnya.
  3. Tidak perlu biaya pengiriman
    Karena produk digital yang bentuknya non-fisik, maka tidak perlu diadakan pengiriman barang. Alur transaksi jual beli yang mudah menjadi salah satu alasan mengapa produk digital menguntungkan untuk dijadikan bisnis. Pembeli hanya perlu melakukan transaksi online dan penjual produk digital mengirimkannya berupa file.
  4. Bisa menjadi sumber penghasilan pasif
    Berbeda dengan bisnis online di bidang fashion dan semacamnya, Anda tidak harus memproduksi terus-terusan produk digital yang Anda jual karena bentuknya yang non-fisik. Apalagi ditambah pembeli Anda bisa melakukan transaksi pembelian produk digital kapanpun dan dimanapun tanpa terhalang ruang dan waktu karena kecanggihan teknologi saat ini. Itulah alasan mengapa bisnis produk digital dapat menjadi sumber penghasilan pasif.
  5. Tipe produk tidak terbatas
    Produk digital bisa dibilang tidak memiliki keterbatasan dalam penciptaan dan pembuatannya. Produk digital bisa dibuat dan dikembangkan hanya berdasarkan kreativitas dan kemampuan menguasai teknologi seseorang. Maka dari itu banyak sekali jenis produk digital yang kian dibutuhkan oleh masyarakat.

Produk Digital yang Laris Manis

produk digital yang laris manis

Apakah Anda tertarik untuk berbisnis dan menjual produk digital? Jika iya, simak beberapa rekomendasi produk digital yang laris manis dan bisa Anda jual, berikut beberapa rekomendasi produk digital:

  1. Game Online
    Produk digital yang pertama adalah game online. Tidak dipungkiri bahwa peminat game online sangat banyak, bahkan dari berbagai kalangan, umur dan gender. Industri game online merupakan bisnis yang sangat menjanjikan dan bisa Anda coba. Game online pun selalu mengalami perubahan dan inovasi. Setiap jenis game online memiliki peminatnya masing-masing. Selain itu, setiap genre game memiliki peminatnya tersendiri, Jadi perlu meningkatkan variasi produk.
  2. Video tutorial dan kursus
    Di zaman yang semakin canggih ini, banyak orang yang memanfaatkannya untuk mencari ilmu baru dan belajar secara mandiri lewat pembelajaran online, tidak heran video tutorial dan kursus online sangat banyak peminatnya, dari kalangan muda hingga tua.
  3. Pulsa dan paket internet
    Hampir sebagian besar masyarakat telah menggunakan smartphone atau ponsel pintar. Pulsa dan paket internet merupakan kebutuhan sehari-hari. Menjual produk digital pulsa dan paket internet juga sangat banyak peminatnya. Anda bisa mencoba menjual pulsa, paket internet ataupun voucher digital lainnya.
  4. Software
    Jika Anda memiliki kemampuan dibidang IT dan software building, Anda bisa mencoba menjual software atau perangkat lunak. Anda bisa menjual software melalui komunitas dan platform online. Jenis software nya pun berbagai macam sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.
  5. Template design
    Selanjutnya adalah produk digital berupa template design grafis seperti template power point, photoshop dan lainnya. Jika Anda memiliki passion editing, Anda bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Banyak orang yang membutuhkan template design untuk membuat tampilan power pointnya lebih bagus dan profesional.
  6. Preset/ Filter foto
    Jika Anda memiliki skill editing, Anda bisa mencoba menjual preset foto yang Anda buat. Beberapa tahun belakang memang sedang tren jual beli efek atau filter editing yang dapat Anda pakai di foto atau video. Dengan bermodalkan kreatifitas dan skill, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Tips Memasarkan Produk Digital Agar Laris Manis

tips memasarkan produk digital

Setelah Anda memutuskan produk digital apa yang akan Anda jual, selanjutnya adalah mengetahui cara yang tepat dalam menjual produk tersebut agar laris manis dan banyak pembeli, maka simak beberapa tips berikut:

  1. Pilih platform pemasaran yang tepat
    Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam menjual produk digital adalah memilih platform pemasaran yang tepat. Anda bisa melakukan research terlebih dahulu dan mengenal siapa target pasar Anda, lalu bisa menentukan platform mana yang tepat untuk melakukan pemasaran. Ada beberapa channel pemasaran yang bisa Anda coba yaitu media sosial seperti Facebook, Linkedin, Instagram, Twitter dan platform chat lainnya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan target pasar.
  2. Tetapkan unique selling proposition produk Anda
    Karena bisnis produk digital sudah ditekuni oleh banyak orang, Anda harus bisa menentukan unique selling proposition dari bisnis Anda. Singkatnya, unique selling proposition adalah suatu yang menjadi poin kelebihan atau keunikan bisnis Anda dibanding dengan kompetitor lain. Hal ini menjadi poin plus dan pertimbangan calon pembeli saat memilih bisnis Anda.
  3. Gunakan digital marketing
    Ada banyak keuntungan dengan menggunakan digital marketing untuk mengembangkan bisnis Anda. Digital marketing dipercaya lebih efektif menjangkau target pasar dibanding dengan metode pemasaran secara konvensional. Digital marketing dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda sekaligus menghasilkan konversi. Contoh digital marketing yang bisa Anda terapkan adalah optimalisasi SEO (Search Engine Optimization), Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads.
  4. Manfaatkan influencer marketing
    Apakah Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah influencer? Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh yang cukup besar untuk audiensnya. Influencer biasanya memiliki pengikut yang banyak di media sosial. Influencer marketing adalah memanfaatkan jasa influencer untuk bisa mempromosikan bisnis produk digital Anda. Influencer marketing dapat menghasilkan konversi yang baik terhadap bisnis Anda, karena orang-orang lebih percaya dengan rekomendasi seseorang dalam mengambil keputusan pembelian.
  5. Buat website bisnis Anda
    Selanjutnya adalah membuat website bisnis Anda. Dengan adanya website, bisnis Anda akan terlihat kredibel dan profesional, apalagi bisnis dibidang produk digital.
Comments