Cara menjadi Dropshipper Modal Minim untuk Pemula

Comments · 82 Views

Penjualan online dan e-commerce terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan penjualan online ini melahirkan beragam profesi baru, salah satunya dropshipper. Dropshipper adalah orang yang menjalankan bisnis tanpa modal dengan sistem dropship. Bagi yang tertarik untuk memahami lebih lanjut

Cara Menjadi Dropshipper untuk Pemula

Sebelum menjalankan bisnis dropship, ada beberapa cara menjadi dropshipper yang harus dipahami agar bisnis berjalan dengan baik dan bisa terus berkembang.

  1. Tentukan Jenis Produk

Cara menjadi dropshipper yang pertama adalah menentukan jenis produk. Produk menjadi hal yang penting dalam bisnis dropship. Pilih produk yang banyak diminati dan memiliki banyak varian, seperti baju, sepatu, kerudung, atau masker.

  1. Pilih Partner atau Supplier yang Tepat

Mitra dari dropshipper selain konsumen adalah supplier. Pastikan mencari supplier yang terpercaya dan menyediakan barang berkualitas tinggi. Kita juga bisa mencari supplier yang memberikan harga khusus untuk dropshipper sehingga keuntungan yang kita dapat lebih besar.

  1. Tambah Nilai Jual

Memberi harga terendah demi bisa mendapatkan banyak pelanggan belum tentu bisa membuat bisnis kita sukses. Dalam jangka panjang, praktik bisnis seperti ini hanya akan membuat kita kesulitan. Oleh karena itu, mau tidak mau kita harus menarik lebih banyak pelanggan dengan cara lain.

Sulit untuk bisnis dropship menambahkan nilai jual unik pada produk karena tidak berhubungan langsung dengan produk. Sebagai gantinya, kita bisa menambahkan nilai jual pada hal-hal yang berhubungan dengan pelanggan, seperti layanan pelanggan yang kital, responsif, jaminan pengiriman yang cepat, biaya pengiriman murah, hadiah gratis, dan lain sebagainya.

  1. Jangan Lupakan Branding

Kompetitor dalam bisnis online sangatlah banyak. Karenanya kita harus memberikan branding untuk membedakan bisnis kita dengan yang lain agar lebih mudah dikenal dan dilirik pelanggan.

Kita bisa memperlakukan merek sebagai teman dan bagaimana karakter, kepribadian, serta gaya merek muncul dalam logo, tampilan toko online, materi promosi, dan lain sebagainya. kita juga bisa membuat jargon yang membuat toko dan produk kita selalu diingat pelanggan.

  1. Sistem Pemesanan yang Mudah

Pelanggan selalu berharap adanya kemudahan saat membeli produk online. Oleh karena itu, buat sistem pemesanan produk yang mudah, misalnya dengan aplikasi belanja online, website, atau aplikasi chatting yang memiliki fitur untuk bisnis. Semakin banyak pilihannya, semakin mudah konsumen untuk bertransaksi.

  1. Gunakan Strategi Penjualan

Cara menjadi dropshipper yang terakhir adalah menerapkan strategi penjualan. Strategi penjualan diperlukan untuk membantu keberhasilan bisnis dropship. Pada bisnis ini, strategi yang bisa kita terapkan misalnya misalnya, barang yang limited edition, menyediakan sistem COD, bebas biaya kirim, diskon,cash back, dan strategi lain yang dapat memacu calon pelanggan untuk melirik produk yang kita tawarkan.

Promosikan juga produk kita melalui berbagai platform media sosial seperti instagram ads, facebook ads, youtube, atau platform sosial media lainnya yang membuat produk kita lebih mudah dikenal.

  1. Pertimbangkan Menjadi Supplier

Menjadi dropshipper memang dapat menjadi pilihan kita untuk memulai bisnis jika tidak memiliki modal. Namun bisnis semacam ini tentunya sangat bergantung dari supplier. Jika pesanan sudah mulai banyak, kita perlu pertimbangkan menjadi supplier agar harga tetap bersaing dan tidak bergantung pada suplai toko orang lain.

Kumpulkan keuntungan yang ada untuk memulai memiliki stok sendiri. Modal memang menjadi kendala untuk peralihan bisnis ini. Namun tak perlu khawatir, Pegadaian hadir berbagai macam solusi untuk dana cepat dan tambahan modal usaha. Untuk pilihan dana cepat, kita bisa memanfaatkan Gadai dengan berbagi pilihan barang jaminan. Sehingga niscaya niatan menjadi supplier pun tak terkendala modal usaha.

Meningkatnya biaya hidup terkadang menuntut kita untuk mencari penghasilan tambahan. Dropship menjadi salah satu bisnis yang bisa dijadikan bisnis sampingan selain pekerjaan utama, karena lebih mudah dan minim modal. Apabila berminat untuk menjadi dropshipper, perhatikan cara menjadi dropshipper di atas agar usaha kita dapat berjalan secara berkelanjutan dan terus bersaing

Comments