Ide Bisnis Rumahan dengan Keuntungan yang Menjanjikan!

Comments · 85 Views

Jika melihat situasi saat ini, kira-kira apa bisnis rumahan yang bisa dimulai dan dirintis untuk menjadi sebuah prospek menjanjikan di masa yang akan datang?Mungkin pertanyaan ini selalu ada di salah satu sudut kepala orang-orang dengan mental pebisnis yang kental, karena orang-orang tipe ini tidak pernah berhenti mencari peluang yang dapat dimanfaatkan.Well, jika kamu termasuk dalam golongan orang tipe ini, maka setidaknya ada 25 ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba dari berbagai bidang dan produk di artikel ini. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan ‘bekal’ berupa tips memulai bisnis skala rumahan ini, supaya tidak sekedar jadi bahan coba-coba semata.

25 Inspirasi Bisnis Rumahan untuk Kini dan Nanti

1. Barang Preloved

Untuk kamu yang punya banyak barang di rumah dan kondisinya masih bagus, embel-embel preloved bisa disematkan guna menjual barang-barang ini. Memang nilainya berbeda jauh dengan harga barang baru, tapi setidaknya kamu bisa memperoleh pendapatan dari sana.

2. Tempat Penitipan Hewan Peliharaan

Modalnya akan cukup lumayan, tapi bisnis ini punya potensi berkembang yang baik jika kamu bisa memberikan kepuasan pada pelanggan. Pastikan merawat peliharaan yang dititipkan dengan maksimal, sehingga hewan ini merasa senang dan pemiliknya merasa puas.

3. Konter Pulsa Serba Bisa

Bisnis ini semakin banyak diminati karena bisa memudahkan banyak orang dalam pembayaran tagihan. Tidak hanya menjual pulsa atau paket data saja, kamu juga bisa menawarkan jasa pembayaran tagihan listrik, internet, hingga marketplace.

4. Laundry Kiloan

Menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang muncul hampir di semua artikel, karena memang kesempatannya demikian terbuka. Untuk skala rumahan, kamu bisa membuka jasa untuk masyarakat di sekitarmu menggunakan mesin cuci yang kamu punya.

5. Frozen Food

Kelima adalah bisnis frozen food. Bisnis ini bisa menyasar banyak segmen pasar, antara lain masyarakat yang sibuk dan mereka yang ingin tetap membawa bekal dari rumah tapi tidak punya waktu lama. Daya tahan produknya cukup lama, dan opsi yang ditawarkan juga cukup banyak.

6. Minuman Kekinian

Kamu bisa memilihnya, mulai boba, kopi kekinian, cincau, jus buah dan sayur, dan berbagai jenis minuman yang sekarang populer. Minuman dalam cup plastik memang sedang digemari karena dirasa praktis dan bisa memberikan kesegaran instan.

7. Jasa Cuci Sepatu

Juga punya pasar yang potensial, jasa cuci sepatu bisa menjadi opsi menarik. Tapi kamu wajib belajar tentang bagaimana cara menangani berbagai jenis bahan sepatu, agar kamu siap melayani pelanggan yang juga beraneka ragam.

8. Rental Konsol

Jangan salah, meski terbilang bisnis rumahan yang sangat klasik, tapi bisnis ini tidak pernah kehilangan pasarnya. Selama masih ada anak-anak atau orang dewasa yang gemar bermain game, maka kamu bisa menyewakan jasa rental PlayStation atau jenis konsol lainnya yang diminati.

9. Jasa Cuci Kendaraan

Punya lokasi yang cukup lega dan luas? Kamu bisa mencoba jasa cuci kendaraan untuk memulai langkah pertama di dunia bisnis. Serupa dengan bisnis sepatu, kamu juga harus banyak belajar tentang bagimana cara meng-handle berbagai jenis cat kendaraan dengan sabun cuci dan cara yang tepat agar hasilnya maksimal.

10. Jualan Perkakas Dapur

Sedang populer di marketplace, perkakas dapur menjadi salah satu komoditas yang memiliki daya jual tinggi. Setiap rumah pasti memerlukan perkakas dapur untuk mengisi area memasaknya. Sediakan opsi yang beragam dengan kualitas yang solid, dan jangan ragu untuk mencoba live di platform yang ada untuk berjualan.

11. Katering Rumah Tangga

Ide kesebelas yang bisa diberikan adalah membuka bisnis katering. Kamu bisa menambahkan berbagai label pada katering yang kamu buka ini, misalnya katering makanan organik, katering makanan diet, katering diet protein, dan lain sebagainya untuk menambah daya tarik.

12. Kerajinan Tangan

Untuk kamu yang punya keahlian membuat berbagai kerajinan tangan berguna, kamu bisa menjualnya secara langsung atau lewat marketplace. Nilainya akan cukup tinggi, terlebih jika produkmu punya tampilan keren dan nilai guna tinggi.

13. Studio Foto

Jika ada ruang di rumah yang cukup lega dan luas, kamu bisa menyulapnya jadi studio foto rumahan. Memang perlu modal yang lumayan untuk membuat studio yang baik. Tapi untuk jangka panjang studio rumahan seperti ini banyak dipilih oleh orang-orang yang ingin merintis karirnya.

14. Translator

Bisnis ini cocok untuk kamu yang punya latar belakang keahlian bahasa asing, dan ingin mencari pendapatan dari kemampuan ini. Kamu bisa membuka jasa penerjemah secara online atau secara langsung dengan rate yang lumayan.

15. Salad Buah

Buah jadi makanan yang sehat dan segar, dan bisa dinikmati dengan banyak cara. Selain menjadikannya jus, kamu bisa berinovasi dengan mengolah buah-buahan menjadi salad dan menjualnya sebagai makanan sehat dalam kemasan-kemasan ringkas dan praktis.

16. Asisten Virtual

Jasa yang ditawarkan akan serupa dengan asisten pada umumnya, hanya saja semua dilakukan secara online. Kamu bisa mencari klien di kalangan pengusaha, freelancer, atau segmen pasar lain yang membutuhkan jasa ini.

17. Jastip / Jasa Titip

Memanfaatkan kegemaran dalam bepergian ke luar daerah, kamu bisa membuka jasa titip untuk membelikan barang-barang yang hanya bisa ditemukan di daerah tertentu. Memang akan agak memerlukan effort untuk membawanya pulang, tapi dengan komisi yang tepat, rasanya tidak masalah kan?

18. Bisnis Ikan Hias

Bisnis yang menyasar hobi seperti ini juga punya kesempatan bagus untuk dicoba. Dengan perkembangan tren pada ikan hias, kamu bisa terus mendapatkan produk baru untuk dijajakan. Ikan tomang, ikan betta atau cupang, ikan mas koki, dan banyak lagi jenisnya.

19. Beternak Lele

Diperlukan ilmu yang baik untuk mencoba bisnis ini, tapi pasar yang luas bisa jadi kesempatan menarik untukmu. Menjamurnya warung pecel lele membutuhkan suplai yang tidak sedikit, dan ini yang akan jadi peluang keuntungan yang kamu sasar.

20. Toko Kelontong

Tidak banyak anak muda kekinian yang tertarik dengan bisnis toko kelontong. Padahal nyatanya keuntungan yang besar dan berkelanjutan bisa didapatkan dari sana. Pelanggan bisa berkembang secara organik dari masyarakat sekitar sampai ke masyarakat luas.

21. Warung Kopi

Bisa dengan menggunakan franchise atau diusahakan sendiri, membuka warung kopi juga punya segmen pelanggan yang tidak kecil. Dengan modal kopi kemasan, air panas, dan gula, kamu bisa menjual segelas kopi dengan harga mulai dari Rp4.000. Bisa dibayangkan berapa margin-nya?

22. Bisnis Makanan Ringan

Bisnis camilan juga jadi ide bisnis rumahan yang dapat kamu manfaatkan. Dengan banyaknya opsi camilan yang tersedia sekarang ini, bahkan kamu tidak perlu bisa membuatnya! Kamu bisa mengambil barang dari supplier, memberikan brand sendiri, dan menjualnya sebagai produkmu dengan margin yang lumayan.

23. Jasa Foto Produk

Selanjutnya adalah bisnis foto produk. Memang foto produk identik dengan studio yang besar dan kamera yang mahal. Tapi jika kamu punya kemampuan mumpuni, bahkan foto produk berkualitas bisa dihasilkan dari kamera smartphone dan sedikit sentuhan editing. Kamu bisa menyasar UMKM sebagai pelanggan, dengan menawarkan harga yang bersaing.

24. Warung Internet dan Online Game

Meski sekarang banyak orang sudah memiliki perangkat komputernya sendiri, tapi bisnis warnet dan online game masih bisa memberikan keuntungan. Dengan modal yang kamu keluarkan, kamu akan punya bisnis jangka panjang yang cukup berpotensi.

25. Rental Kendaraan

Terakhir untuk ide bisnis rumahan adalah rental kendaraan. Tapi bisnis ini akan lebih baik dilakukan di area-area wisata, seperti Yogyakarta, atau mungkin Bali. Memang ada risiko terkait kendaraan yang kamu sewakan, tapi selain itu keuntungan yang diberikan bisa cukup besar.

Tips Memulai Bisnis Rumahan

Banyak hal yang mungkin kamu perlu siapkan sebelum memulai bisnis rumahan ini. Tapi beberapa poin berikut bisa kamu utamakan, sebagai langkah mengawali bisnis yang ingin kamu lakukan.

1. Pastikan Pilih Produk yang Tepat

Bisnis selalu punya produk yang dijual, baik dalam bentuk barang atau jasa. Analisis keahlian yang kamu punya, sumber daya yang mendukung, serta kesempatan yang ada, kemudian pilih produk yang ingin kamu jual dengan tepat.

Kamu juga bisa pertimbangkan harga penjualan dengan menghitung total biaya produksi, agar kamu tetap dapat keuntungan yang masuk akal.

2. Siapkan Semua Kebutuhan

Perlengkapan dan peralatan pendukung juga harus disiapkan untuk mendukung aktivitas operasional yang akan dilakukan. Dengan begini, setidaknya kamu siap menjalankan bisnis dari titik awal, dan merintisnya perlahan.

Tidak perlu menunggu semua hal siap terlebih dahulu, yang terpenting kamu berani memulai dengan perhitungan yang tepat.

3. Siapkan Strategi Pemasaran

Pemasaran tidak hanya untuk bisnis besar dengan produk yang terkenal saja, tapi juga untuk bisnis rumahan. Strategi yang tepat bisa membawa banyak orang datang dan melihat bisnismu, sehingga kesempatan penjualan akan semakin besar pula.

Kombinasikan strategi online dan offline, agar kamu bisa memaksimalkan kesempatan yang ada.

Setelah semua rencana disusun dan strategi dianalisis, kamu siap membuka bisnismu secepatnya. Meski demikian ini tidak berarti kamu harus terburu-buru, tetap teliti semuanya sebelum melangkah, agar bisnis yang kamu rintis punya awal yang baik.

Comments