20 E-Commerce Marketplace Terbaik dan Terpercaya

Comments · 100 Views

Top 20 E-Commerce, Marketplace, Mall, Pasar Ritel, atau Toko Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia dan Dunia Tahun 2024.

Di tahun 2024 ini hampir disemua bidang sudah menggunakan teknologi dan digitalisasi yang menjadikan teknologi digital melahirkan banyak platform e-commerce marketplace yang mampu menjangkau pasar secara global.Global marketplace ini menampung penawaran berbagai produk dari pelaku-pelaku industri secara global, termasuk UMKM tentunya. Jika Sahabat Wirausaha berhasil menjadi sellerdi platform marketplace global tersebut, maka peluang untuk mengekspor produk unggulan akan semakin terbuka lebar. Sebelum lebih lanjut ada baiknya memahami dari e-commerce dan marketplace secara singkat atau anda dapat melihat di daftar marketplace terbaik klik disini.

Apa ItuE-Commerce?

Electronic commerce atau e-commerce adalah suatu proses terjadinya transaksi jual beliyang dalam prakteknya dilakukan secaraonline melalui media elektronik. Menurut Laudon Laudon, e-commerce adalah transaksi business to business yang terjadi dengan perantarajaringan internet.

Dalam dunia perdagangan,e-commerce menawarkan banyak perubahan. Proses jual beli tidak lagi membutuhkan pertemuan tatap muka seperti pada toko konvensional. Penjual dan pembeli hanya perlu melakukan proses transaksionline.

Apa Itu Marketplace?

Mari kita bahas apa itu marketplace dan seberapa banyak penjualan online di Indonesia. Marketplace merupakan sebuah platform dimana sekumpulan penjual dapat menjual barang atau jasa ke calon pembeli atau pelanggan tanpa harus bertemu secara langsung. Marketplace disediakan dalam bentuk platform yang dapat berupa situs web atau website maupun aplikasi. Dimana di dalam marketplace Anda juga bisa melakukan bisnisdropship.

Pasar e-commerce Indonesia dan penggunaan platform e-commerce cukup besar karena banyak yang melakukan transaksi onlinedi Indonesia. Belanja online di Indonesia cukup marak dilakukan sejak era pandemi. Pilihan belanja online di Indonesia juga banyak, dapat dilakukan melalui platform dari e-commerce dan marketplace. Pertumbuhan e-commerce di Indonesia juga cukup besar karena banyaknya platform belanja online terkemuka.

Toko online paling banyak dikunjungi di era sekarang, karena orang sudah tidak mau repot-repot keluar rumah hanya untuk belanja dan dapat dilakukan melalui marketplace. Ranking marketplace Indonesia dapat dikategorikan melalui daftar marketplace terpopuler dan daftar tokoonlineterbesar. Pesaing marketplace Indonesia juga banyak, tetapi Anda dapat menggunakan iklan untuk menaikkan marketplace Anda.

Ada ratusan bahkan ribuan marketplace yang tersebar di seluruh dunia. Meski berbasis di negara-negara tertentu, namun tidak menutup kemungkinan bagi Sahabat Wirausaha untuk mengakses platform marketplace tersebut dan mulai menawarkan produk unggulannya ke pasar global. Berikut marketplace global yang memiliki tingkat kunjungan dan kinerja penjualan tertinggi di dunia:

10 Marketplace Global Terbesar di Dunia

1. Amazon - Lihat Situs

Siapa yang tidak kenal dengan Amazon? Marketplace online yang berbasis di Washington ini, merupakan marketplace terbesar di Amerika Serikat, bahkan dunia. Setiap tahunnya, marketplace ini mampu mencapai tingkat penjualan yang fantastis. Pada kuartal ke-4 tahun 2020 saja, penjualannya mencapai 125 miliar dolar Amerika atau 1.875 triliun rupiah.

2. eBay - Lihat Situs

eBay tercatat sebagai marketplace terbesar kedua di Amerika Serikat, setelah Amazon. Meski tingkat kunjungan tidak setinggi Amazon, namun eBay tak kalah menguntungkan untuk berjualan. Sedikit berbeda dari marketplace global lain, eBay menawarkan dua sistem penjualan, yaitu lelang danbuy it now.

3. Alibaba - Lihat Situs

Lagi-lagi Amerika Serikat memiliki marketplace yang jangkauan pasarnya ke seluruh dunia. Kali ini adalah Etsy, marketplace global yang melayani transaksi jual beli ritel produk-produk kerajinan dan vintage.

4. Walmart- Lihat Situs

Walmart awalnya merupakan hypermarket di Amerika Serikat yang menyediakan beragam produk mulai dari kebutuhan rumah tangga, kerajinan tangan, buku, komputer, hingga elektronik. Seiring dengan perkembangan teknologi dan pasar,Walmart beralih menjadi marketplace global yang melayani penjualan produk secara online dengan jangkauan pengiriman ke seluruh dunia.

5. AliExpress - Lihat Situs

AliExpressadalahmarketplaceglobal yang merupakan anak perusahaan dari Alibaba Group milik Jack Ma. Beroperasi di lebih dari 230 negara,AliExpressmemiliki tingkat kunjungan lebih dari 200 juta setiap bulannya. Hal ini tentu saja memperbesar peluang penjualan produk yang ditawarkan dimarketplacetersebut.

6. Rakuten - Lihat Situs

Rakutenmerupakanmarketplaceterbesar di Jepang.Marketplaceini dijuluki sebagaiAmazon-nyaJepang, karena melayani jutaan pelanggan dari berbagai negara, dan telah beroperasi di lebih dari 24 negara.

7. Shopee - Lihat Situs

Siapanihyang belum kenal denganShopee?Marketplaceterbesar di Asia Tenggara ini berbasis di Singapura dan beroperasi di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Chili, Meksiko, dan Columbia, dengan jangkauan layanan lebih dari 11 negara.

Setiap bulannya,Shopeediakses oleh lebih dari 300 juta pengunjung. Dari kunjungan tersebut, platform ini meraup pendapatan sebesar 1,7 miliar dolar Amerika atau 25,33 triliun rupiah pada kuartal ke-2 tahun 2022. Pencapaian tersebut tidak hanya karena beragamnya pilihan produk, harga yang terjangkau, dan ongkos kirim yang murah, tetapi juga tampilan aplikasinya yanguser friendlysehingga mudah diakses.

8. Fruugo - Lihat Situs

Fruugoadalahmarketplaceyang berbasis di Inggris, dan telah beroperasi di lebih dari 50 negara, yang sebagian besar berlokasi di benua Eropa dan Asia.Platformini menyediakan fitur bahasa lebih dari 25 bahasa, sehingga memudahkan konsumen untuk mengakses dan membeli produk sesuai dengan bahasa yang dipahami.

9. Flipkart - Lihat Situs

India sebagai salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia ternyata juga memilikimarketplacedengan jangkauan pasar global. Namanya adalahFlipkart. Mengawali kiprahnya sebagai toko bukuonline,Flipkartberkembang menjadimarketplaceyang menjual berbagai macam kategori produk, seperti fesyen, bahan makanan, jasa perjalanan, dan furnitur. Pada Oktober 2021,Flipkartberhasil membukukan perolehan pendapatan sebesar 4,6 miliar dolar Amerika atau 68,54 triliun rupiah.

10. Mercado Libre - Lihat Situs

Mercado Libremerupakanmarketplaceglobal yang paling popuper di Amerika Latin. Tingkat kunjungan konsumen keplatformini mencapai 650 juta setiap bulannya, yang didominasi oleh pelanggan dari Brasil, Argentina, dan Meksiko.

Sebagaimarketplacetoserbaonline,Mercado Libremenjual semua jenis produk. Setidaknya terdapat lebih dari 150 kategori produk yang dijual dimarketplaceini, diantaranya adalah fesyen, elektronik, alat-alat olahraga, rumah dan taman,smartphone, dan aksesoris.

10 Marketplace Terbesar di Indonesia

1. Tokopedia - Lihat Situs

Tokopedia merupakane-commercedari Indonesia yang menyediakan lapak penjual danekspedisi yang mumpuniserta yang paling populer dan banyak pengunjungnya. Berdasarkan jumlah pengunjung per bulan di kuartal keempat 2023, Tokopedia menjadimarketplaceurutan nomor 1 terbanyak pengunjung di Indonesia yaitu sebesar 147.790.000 pengunjung.

Tokopedia menyediakan beberapa fitur untukmerchantyang berjualan dimarketplacenya, seperti diberikan fitur promosi, statistik toko,broadcast chat, hingga keuangan dimana penjual dapat meminjam modal untuk mengembangkan bisnisnya melalui Tokopedia. Fitur-fitur tersebut memudahkan paraselleruntuk berjualan.

2. Shopee - Lihat Situs

Shopee merupakane-commerce yang berasal dari Asia Tenggara yang pertama kali berdiri di Singapura dan memperluas jangkauan ke negara lain seperti Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam dan Filipina. Shopee mendapatkan urutan kedua dengan pengunjung terbanyak dari Indonesia yaitu sebanyak 126.996.700 pengunjung.

3. Bukalapak - Lihat Situs

Bukalapak merupakanmarketplacedari Indonesia yang berdiri sejak 2010 dimana ditujukan kepada pelaku UMKM yang ingin membuka lapakonline. Bukalapak mendapatkan urutan ketiga dengan pengunjung terbanyak dari Indonesia yaitu sebanyak 29.460.000 pengunjung.

4. Lazada - Lihat Situs

Perusahaan besutan AlibabaGroupini berdiri pada tahun 2012 dan menjadimarketplace terpopuler ke-4 dengan jumlah pengunjung 27.670.000 pada kuartal 4 tahun 2023. Lazada juga menyediakan jasa sebagai mitra dengan modal Rp500.000,- saja.

5. Blibli - Lihat Situs

Marketplacedari tanah air Blibli yang dimiliki oleh DjarumGroupmenjadimarketplaceterpopuler ke-5 dengan jumlah pengunjung 18.440.000 per bulannya. Kategori produk yang paling sering dicari darimarketplacetanah air ini adalah produk elektronik,fashion hingga bahan makanan.

6. Bhinneka - Lihat Situs

Bhinneka yang hadir sebagai tokoonlinepada tahun 1999 dengan menjual produk elektronik pada awalnya merambah hingga ke otomotif , keperluan industri dan produk lainnya. Bhinneka mendapatkan urutan ke-6marketplace yang paling populer dan banyak dikunjungi dengan jumlah pengunjung 6.996.700 pengunjung setiap bulannya.

7. Orami- Lihat Situs

Orami sebuahmarketplaceyang targetnya lebih ke orang tua dan ibu hamil. Dimanamarketplaceini juga menerapkan model bisnis inventori.Marketplaceuntuk parenting ini juga cukup populer di Indonesia dan menempati posisi ke-7 untukmarketplace terpopuler dan banyak pengunjung dengan jumlah pengunjung 6.260.000 pengunjung per bulannya.

8. Ralali - Lihat Situs

MarketplaceB2B yang satu ini, Ralali merupakanmarketplaceyang menjual keperluan horeca, peralatan kantor, bahan bangunan dan lainnya menjadimarketplace ke-8 yang populer dan banyak pengunjungnya dengan total pengunjung 5.123.300 per bulannya.

9. Sociolla - Lihat Situs

Marketplacebeauty satu ini juga cukup populer di Indonesia, pasarnya juga sangat luas dari pengguna skincare, makeup dan lainnya.Marketplaceyang satu ini berbasisBusiness to Customer(B2C) dan berdiri pada tahun 2014.Marketplaceini mengambil posisi ke-9 untukmarketplace terpopuler dan banyak pengunjung dengan jumlah pengunjung 1.800.000 per bulannya.

10. Zalora - Lihat Situs

Zalora merupakanmarketplaceproduk fashion dan kecantikan dan memiliki model bisnis inventori. Berdiri di Indonesia pada tahun 2012 dan menyediakan banyak produk dengan lebih dari 500 brand dari lokal maupun internasional. Mengambil posisi ke-10marketplaceyang terpopuler dan banyak pengunjung dengan jumlah pengunjung 1.600.000 pengunjung per bulannya.

Kesimpulan

Marketplacesudah cukup umum terdengar di Indonesia, apalagimarketplacemempermudah Anda dalam belanja yang bisa dilakukan hanya dengansmartphoneAnda. Tidak perlu repot keluar rumah dan tinggal beberapa klik Anda sudah dapat memesan barang. Dan pastinyamarketplacejuga memberi kesempatan kepada Anda, pelaku UMKM atau pelaku usaha yang ingin bisnis Anda berkembang dionline.

Marketplacesudah menjadi satu kesatuan dengan kita dan membantu kehidupan kita jauh lebih baik dan efisien. Dengan memudahkan Anda melakukan transaksi yang dapat dilakukan melaluismartphoneataulaptopdan alat elektronik lainnya. Dan penting untuk orang yang akan menjalankan usaha maupun belanjaonline. Adapunmarketplaceterpopuler di Indonesia semua memudahkan Anda dalam berjualan dan belanjaonline.

Comments