Cara Menjalankan Aplikasi XAMPP windows 11

Comments · 187 Views

AMPP merupakan software yang dikembangkan oleh sekelompok tim Apache Friend pada 2002 dan bisa didapatkan secara gratis dengan label General Public License (GNU).

Cara Menjalankan Aplikasi XAMPP

Setelah meng-install XAMPP, selanjutnya bukalah aplikasi tersebut melalui Start Menu atau Desktop, dan klik icon XAMPP.

Atau, seperti yang sebelumnya sudah disinggung, jika ingin membukanya langsung begitu proses install XAMPP nya selesai, maka centang kotak Do you want to start the Control Panel now? seperti terlihat pada gambar no. #9 di atas.

Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action sehingga tombol tersebut berubah menjadi Stop . Dengan mengklik tombol tersebut, artinya itulah aplikasi yang dijalankan. Biasanya jika saya menggunakan XAMPP, yang saya mulai hanyalah aplikasi Apache dan MySQL, karena saya tidak memerlukan aplikasi seperti Filezilla, dan lainnya.

xampp control panel terbaru
cara menjalankan xampp

Sekarang bukalah browser kesukaan Anda, dan coba ketikkan http://localhost/xampp di bilah alamat web. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.

xampp berhasil dijalankan

Selamat, akhirnya Anda berhasil menginstal aplikasi XAMPP. Sekarang komputer Anda sudah berfungsi seperti server dan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis web.

Catatan: Jika Anda mengalami kesulitan dalam menjalankan XAMPP seperti Apache XAMPP tidak bisa berjalan, silakan baca artikel ini cara mengatasi Apache XAMPP tidak bisa berjalan

Kesimpulan: Apa Itu XAMPP Dan Apa Fungsinya?

Mungkin masih ada yang bertanya, apa itu XAMPP ?

XAMPP adalah sebuah paket perangkat lunak yang menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk membuat server web lokal di komputer Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi web seperti PHP dan MySQL di komputer Anda sendiri, tanpa perlu menyiapkan server web fisik.

XAMPP juga memudahkan pengembangan dan pengujian aplikasi web Anda sebelum Anda mengunggahnya ke server web yang sebenarnya.

XAMPP merupakan kepanjangan dari X (sebagai variasi dari sistem operasi apa pun yang digunakan), Apache, MariaDB, PHP, dan Perl.

Dan seperti yang sempat saya singgung di atas, XAMPP menyertakan Apache HTTP Server sebagai server web, MariaDB sebagai database, dan bahasa pemrograman PHP dan Perl untuk menulis aplikasi web. Selain itu, XAMPP juga menyertakan berbagai modul tambahan seperti phpMyAdmin untuk mengelola database MySQL dan FileZilla FTP Server untuk mengirim file ke server web.

XAMPP memudahkan pengembangan aplikasi web karena Anda dapat menjalankan semua komponen server web di komputer Anda sendiri. Ini juga memungkinkan Anda untuk menguji aplikasi web Anda sebelum mengunggahnya ke server web yang sebenarnya.

Aplikasi XAMPP juga mudah digunakan, karena memiliki antarmuka grafis yang memudahkan kita untuk mengontrol semua komponen server web yang terdapat di dalamnya. Jadi, jika Anda ingin membuat server web lokal di komputer Anda, XAMPP adalah paket perangkat lunak yang tepat untuk Anda.

Comments