Public Relation (PR)

Comments · 91 Views

Public relation (PR) merupakan salah satu profesi penting yang harus ada dalam perusahaan. Seperti halnya manusia, sebuah lembaga perlu menjalin hubungan dengan lembaga lain guna menciptakan iklim bisnis yang baik dan kondusif.

Secara umum, public relation juga berfungsi untuk membangun citra, menciptakan branding, dan mempertahankan eksistensi perusahaan. Lalu, seberapa pentingkah profesi PR pada sebuah perusahaan? Yuk, simak 5 penjelasannya berikut ini!

1. Public Relation Menciptakan Hubungan Internal dan Eksternal yang BaikAlasan pertama yang menjadikan perusahaan sangat membutuhkan seorang PR adalah untuk menciptakan hubungan yang baik entah itu dari segi internal maupun eksternal. Publik internal merupakan orang-orang yang menjadi bagian dari perusahaan itu sendiri.

 

Seorang PR harus mampu mengidentifikasi gambaran mengenai hal-hal negatif pada publik internal sebelum memutuskan kebijakan perusahaan. Adapun publik eksternal adalah orang-orang yang berada di luar perusahaan.

Dalam hal ini, PR harus mampu menunjukkan pada masyarakat mengenai sisi positif dari perusahaan yang ia wakili. Aspek tersebut sebenarnya selaras dengan tujuan public relation, yakni:

  1. Memberi dan menerima informasi terkait perusahaan kepada masyarakat umum atau publik.
  2. Menjalin kerja sama yang baik dengan publik.
  3. Membuat kesepakatan secara kelembagaan.
  4. Mewujudkan saling pengertian antarpublik.

2. Public Relation adalah Pemegang Citra PerusahaanUrgensi public relation berikutnya yakni sebagai pemegang dan penentu citra perusahaan. Dalam setiap pertemuan baik dengan perusahaan lain ataupun dengan media, seorang PR yang akan bertugas menyampaikan informasi.

Penyampaian kesan yang baik dari public relation akan menimbulkan efek berupa citra baik perusahaan, begitu pula sebaliknya. Baik buruk sebuah perusahaan juga sangat menentukan keberhasilan dan kesuksesan penjualan produk.

3. Mendukung Tercapainya Misi Perusahaan

Alasan ketiga yang mengharuskan perusahaan memiliki seorang PR adalah terkait visi misi perusahaan. Public relation merupakan tenaga profesional yang mampu melakukan identifikasi dini terhadap kemungkinan terjadinya konflik dalam perusahaan yang bisa memengaruhi kinerja perusahaan tersebut.

Pada saat yang sama, PR juga harus bisa menganalisis gambaran masyarakat yang pro atau kontra terhadap perusahaan, sehingga ketika ada kebijakan tertentu yang diambil oleh perusahaan, public relation bisa meminimalkan reaksi masyarakat yang mungkin terjadi akibat kebijakan tersebut.

4. Public Relation Berperan dalam Proses Produksi

Alasan yang keempat mungkin terdengar kurang relevan jika dikaitkan dengan profesi public relation. Namun, melalui skill komunikasi yang baik, seorang PR akan menjadi jembatan untuk bertukar informasi. Selanjutnya, informasi yang diperoleh dari publik tersebut dapat menjadi acuan dalam kegiatan produksi perusahaan.

Dalam artian, public relation menjadi sarana riset tentang barang yang akan diproduksi dan bagaimana tanggapan masyarakat terhadap produk tersebut. Hal itu dapat kamu rumuskan dengan beberapa pertanyaan berikut:

  • Barang apa yang dibutuhkan publik untuk saat ini?
  • Apa alasan yang menjadikan publik membutuhkan barang tersebut saat ini?
  • Ketika produk telah diluncurkan ke pasar, bagaimana reaksi masyarakat? Apakah ada kritik? Apakah masyarakat puas?

Dengan demikian, perusahaan akan mampu mengambil langkah yang tepat terkait proses produksi.

5. Merencanakan Event untuk Membangun Brand Awareness

Setiap perusahaan memiliki cara masing-masing untuk memperlihatkan produknya pada masyarakat luas. Terlebih, persaingan atau kompetisi bisnis kini terbilang sangat ketat. Tanpa adanya seorang PR, perusahaan mungkin hanya bisa mengandalkan brand manager untuk meningkatkan brand awareness.

Adapun dalam membangun brand awareness, seorang PR dapat melakukan beberapa cara, yakni sebagai berikut:

  1. Menciptakan inovasi dalam strategi marketing.
  2. Menggelar event yang berkaitan dengan perusahaan.
  3. Membangun brand identity.
  4. Menjalin kerja sama dengan influencer atau brand lain yang relevan.
Comments