Strategi Promosi Bank Syariah

Comments · 147 Views

 Setelah produk, harga, dan lokasi, tindakan bauran pemasaran yang terakhir adalah promosi. Jika tidak ada promosi, konsumen tidak akan paham atau tahu apa itu produk bank. Promosi adalah cara terbaik untuk mendapatkan dan mempertahankan klien. Tujuan promosi adalah untuk menginformasikan

Menurut Philip Kotler, promosi adalah suatu teknik yang dilakukan perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung, tentang produk dan merek yang dipasarkan. Sedangkan promosi merupakan tindakan bauran pemasaran terakhir, menurut Kasmir. Tindakan ini sama pentingnya dengan tiga aktivitas sebelumnya yaitu produk, harga, dan lokasi. Setiap bank berusaha memasarkan seluruh produk dan jasa yang dimiliki secara langsung maupun tidak langsung melalui kegiatan ini.

Menurut uraian di atas, promosi adalah salah satu kegiatan bauran pemasaran yang berusaha untuk mempromosikan, menyampaikan suatu produk untuk dipasarkan, dan meyakinkan pelanggan secara langsung atau tidak langsung agar konsumen tertarik dengan produk tersebut.

B. Fungsi Promosi
     Beberapa fungsi promosi yaitu sebagai berikut:

a) Memberikan informasi
Promosi dapat meningkatkan nilai suatu barang dengan memberikan informasi kepada konsumen. Harga, item, dan informasi lainnya dapat diberikan melalui promosi. Orang tidak akan tahu banyak tentang suatu objek sampai mereka memiliki informasi.

b) Membujuk dan mempengaruhi
Promosi memiliki kemampuan untuk membujuk dengan mengklaim bahwa satu hal lebih unggul dari yang lain.

c) Menciptakan kesan
Promosi juga dapat meninggalkan kesan abadi pada calon pelanggan tentang barang yang diiklankan. Misalnya, dalam promosi periklanan, digunakan brosur
dengan warna, gambar, bentuk, dan tata letak yang menarik.

C. Strategi Promosi Bank Syariah
     Setiap bank dapat menggunakan berbagai  sarana/strategi promosi yang sama untuk mempromosikan baik produk maupun layanannya, antara lain sebagai berikut:
1) Periklanan (Advertising) Periklanan adalah taktik promosi yang digunakan oleh bank untuk memberi
tahu semua orang tentang produk yang telah dibuat oleh bank. Tujuan dari promosi iklan adalah untuk menarik dan mempengaruhi calon nasabahnya. Iklan dapat dipromosikan melalui berbagai media, antara lain:

a. Pemasangan papan nama di jalan-jalan yang strategis.
b. Pencetakan brosur yang kemudian disebarkan disetiap cabang atau pusat- pusat perbelanjaan.
c. Pemasangan spanduk di lokasi yang strategis
d. Melalui Koran.
e. Melalui majalah.

f. Melalui telivisi.

g. Melalui radio.

 

 

Comments