Cara Identifikasi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Comments · 119 Views

Cara identifikasi peluang bisnis perlu diketahui bagi para pengusaha yang ingin memperoleh keuntungan. Upaya ini membutuhkan analisis yang cermat tentang kondisi pasar. Tidak hanya itu, mengidentifikasi peluang bisnis memerlukan pemahaman terkait kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, agar bisnis yang dijalankan bisa menghasilkan profit, penting sekali menerapkan pengidentifikasian yang tepat dan jelas. Lalu, apa saja langkah yang perlu dilakukan oleh pengusaha?

Mengutip buku Kewirausahaan, Susantriana Dewi (2023), kewirausahaan tidak hanya sebatas memulai bisnis baru, melainkan juga berinovasi dan mengembangkan bisnis. Adapun cara identifikasi peluang bisnis yang menguntungkan bagi pengusaha di antaranya sebagai berikut.

1. Identifikasi Kebutuhan Pasar

Seorang pengusaha perlu riset pasar untuk mengetahui tren usaha, preferensi konsumen, hingga kebutuhan pasar yang belum terpenuhi. Memahami kondisi persaingan pada bidang bisnis yang diminati juga penting untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan kompetitor.

2. Identifikasi Konsumen

Cara mengidentifikasi konsumen bisa dilakukan dengan menganalisis segmen pasar yang mungkin belum terpenuhi. Pengusaha bisa melakukan survey atau wawancara untuk memahami lebih dalam masalah, kebutuhan, dan harapan mereka.

3. Analisis Potensi Keuntungan

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah menganalisis potensi laba yang akan didapatkan dari bisnis yang dijalankan. Pengusaha bisa mengkalkulasi biaya produksi, distribusi, operasional, dan pemasaran.
Tujuannya untuk memastikan harga penjualan mampu menutupi seluruh biaya. Selain itu, harga penjualan tersebut juga harus bisa memberikan keuntungan yang sepadan dengan modal yang telah dikeluarkan.

4. Evaluasi Risiko

Tidak ada bisnis yang bisa terhindar dari risiko. Oleh karena itu, penting sekali mengevalusasi berbagai risiko yang berpotensi datang. Misalnya, seperti risiko pasar, kompetitor, perubahan regulasi, dan lain sebagainya.
Pengusaha bisa menyusun rencana untuk mengelola risiko yang sudah diidentifikasi. Dengan begitu, maka strategi mitigasi bisa dijalankan ketika risiko tersebut terjadi.

5. Tinjau Sumber Daya

Cara mengidentifikasi peluang usaha yang berikutnya adalah dengan mengevaluasi berbagai sumber daya, baik SDM, finansial, hingga infrastruktur. Pastikan agar perusahaan mempunyai sumber daya yang berkualitas dan mampu mendukung pertumbuhan bisnis.
Cara identifikasi peluang bisnis yang disebutkan di atas bisa dijadikan panduan bagi para pengusaha. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan bisa memperoleh profit yang maksimal dan meminimalisir kerugian.
Comments