Analisa Pesaing Untuk Kemajuan Bisnis

Comments · 79 Views

sebuah riset strategis untuk mengetahui, menganalisa kesempatan, masalah, ancaman strategi penjualan serta kelebihan dan kekurangan pesaing

Persaingan yang kompetitif menandakan adanya permintaan dan penawaran pasar yang menyebabkan fluktuasi harga dan permintaan produk dari konsumen.

Tujuan Analisis Pesaing

Apa saja tujuan analisis pesaing ketika seorang pengusaha mengaplikasikannya untuk kemajuan bisnisnya? Berikut beberapa tujuannya.

1. Menemukan Peluang Baru

Karena analisis pesaing adalah sebuah riset untuk menganalisa kemampuan kompetitor, sudah sewajarnya pengusaha yang mengaplikasikan analisis ini untuk menemukan sesuatu yang bisa dimanfaatkan. Sesuatu yang dimanfaatkan bisa berguna untuk bisnis dalam skala jangka panjang maupun pendek.

2. Menemukan Ancaman

Dalam menganalisa kemampuan pengusaha lain, selain peluang baru, Anda juga bisa menemukan ancaman buruk bagi keberlangsungan bisnis.

Sebagai contoh, saat sedang melakukan identifikasi pesaing atau pasar, Anda menemukan bahwa pesaing baru mulai bermunculan dengan ide yang lebih segar atau tren penjualan akan berubah.

3. Memahami Kondisi Pasar

Tujuan analisis pesaing adalah memahami kondisi pasar dengan cara bersaing secara kompetitif dan sehat dengan kompetitor. Persaingan pun tidak hanya pada satu pesaing saja, pasti akan lebih dari satu pesaing yang berkecimpung di dunia bisnis yang Anda geluti juga.

Oleh karena itu, analisis pesaing mampu mengidentifikasi para pesaing dan kondisi pasar secara langsung atau tidak langsung, sehingga Anda mampu mencari penghambat dan potensi bisnis.

4. Memunculkan Strategi Terbaik

Setelah menemukan peluang, ancaman, dan paham akan kondisi pasar dengan baik, munculah strategi terbaik untuk kemajuan bisnis Anda. Analisis pesaing yang tepat bisa menyelesaikan masalah yang sebelumnya tidak terpecahkan dan menghasilkan strategi yang efisien dan efektif untuk keuntungan bisnis.

5. Membantu Pembuatan Keputusan

Setelah strategi terbaik sudah ditentukan, tujuan analisis pesaing selanjutnya adalah membantu pembuatan keputusan terbaik untuk bisnis. Keputusan yang didasari analisis pesaing bisa dipastikan baik untuk bisnis karena telah mengidentifikasi pasar dan pesaing terlebih dahulu.

Sebagai contoh, ketika kompetitor ingin memasarkan produk barunya di kota B, Anda dapat mendahului hal tersebut dengan mulai memasarkan produk juga di kota B.

Manfaat Analisis Pesaing

Dari tujuan analisis pesaing di atas, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat ketika menggunakan analisis ini. Karena telah memahami kondisi pasar, sudah pasti strategi pemasaran yang Anda lakukan akan tepat sasaran terhadap kemauan pasar.

Selain memahami kondisi pasar, menganalisa pesaing juga memiliki manfaat untuk mengetahui kondisi pesaing sehingga Anda bisa melangkah satu langkah lebih awal, baik dari segi penjualan dan pemasaran.

Comments