Cara Menginstal Printer ke Laptop atau PC ( CANON )

Comments · 121 Views

Printer kini sudah menjadi bagian dari keseharian karena fungsinya yang sebagai pencetak dokumen, foto, dan sebagainya. Printer juga membantu mereka yang ingin mendigitalisasikan dokumennya. Untuk itu, ada printer multifungsi yang sekaligus menjadi alat pemindai.

Jika Anda seorang pemilik bisnis, printer bisa amat berguna untuk menghasilkan materi promosi seperti kartu nama, flyer, serta brosur. Tak hanya itu, printer juga bisa digunakan untuk berkreasi seni dalam bentuk hasil cetak, kartu, dan lain-lain. Bahkan juga bisa untuk mencetak tiket dan tanda terima. Kesimpulannya, printer amat bermanfaat karena fungsinya yang luas.

Untuk memulai, printer perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan menginstal driver printer ke laptop atau komputer Anda.

Untuk Menginstal Printer Canon, Ikuti 7 Langkah Mudah Ini:

  1. Kumpulkan seluruh perlengkapannya, yakni kabel power, kabel USB (jika sesuai), dan piringan instalasi atau software yang telah diunduh.
  2. Pastikan komputer telah terhubung dengan internet.
  3. Nyalakan printer.
  4. Jika printer Anda dilengkapi piringan instalasi, masukkan ke disc drive. Jika Anda telah mengunduh software-nya, buka file-nya.
  5. Ikuti instruksi pada layar, termasuk memilih model printer, menyetujui aturan penggunaan, dan memilih komponen yang hendak diinstal.
  6. Hubungkan printer ke komputer menggunakan kabel USB (jika sesuai). Beberapa model printer tidak membutuhkan koneksi USB karena terkoneksi nirkabel ke komputer.
  7. Ikuti perintah-perintah tambahan untuk menyelesaikan proses instalasi, termasuk menyetel printer pada jaringan atau memilih setelan printer.

Lakukan Ini Jika Instalasi Gagal

Jika instalasi printer gagal, lakukan beberapa cara ini untuk mengatasinya:
  • Periksa koneksi printer. Pastikan printer terhubung pada komputer dan sumber power.
  • Periksa pesan-pesan error. Teliti pesan error yang mungkin muncul dalam bentuk pop up selama proses instalasi. Pesan-pesan ini menginfokan hal yang salah dan bagaimana mengatasinya.
  • Restart komputer. Terkadang, hanya dengan me-restart komputer mampu mengatasi permasalahan instalasi printer.
  • Periksa updates. Pastikan OS dan software lainnya telah menggunakan versi terkini. Software yang belum di-update terkadang menimbulkan masalah saat menginstal printer.Periksa buku petunjuk printer. Terdapat tips atau instruksi untuk mengatasi permasalahan instalasi.
  • Lakukan uninstall dan instal kembali. Jika langkah-langkah di atas belum berhasil, Anda mungkin perlu melakukan uninstall software printer dan menginstalnya kembali.

Setelah proses manufaktur selesai, Anda dapat menggunakan Printer Canon untuk mencetak dokumen dan foto dan komputer. Ingatlah bahwa setiap printer berbeda, sehingga langkah untuk mengatasi permasalahan instalasinya juga tidak sama. 

Comments