Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Comments · 140 Views

teknologi komunikasi menjadi suatu media perantara yang digunakan umat manusia untuk dapat melakukan berbagai interaksi dan mengekspresikan diri mereka. Umat manusia pun juga sudah merasakan bahwa dunia mengalami perkembangan yang sangat pesat dan kita sudah dapat beradaptasi dengan perkem

Pengertian Teknologi Komunikasi

Sebelum memahami apa itu teknologi komunikasi, ada baiknya jika kita mengerti terlebih dahulu mengenai apa itu komunikas.

Komunikasi merupakan sebuah istilah yang memiliki makna dimana terjadinya proses pertukaran informasi, kata, ataupun tanda yang dilakukan oleh dua orang atau juga bisa lebih. Proses tersebut atau proses komunikasi dapat dilakukan dengan cara nonverbal maupun verbal. Dalam proses komunikasi, kedua orang atau lebih yang melakukan komunikasi memiliki potensi untuk memberikan ataupun menerima sebuah informasi.

Seseorang dapat mengerti maksud dari orang lain melalui proses komunikasi yang dilakukan orang tersebut. apabila suatu proses komunikasi berjalan dengan lancar dan efektif maka tidak menutup kemungkinan adanya kedekatan dan rasa kebersamaan. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Mengapa demikian? Seperti yang sudah kami jelaskan, bahwa komunikasi memegang peranan paling penting dalam kehidupan ini.

Setelah mengetahui makna dari komunikasi, saatnya kamu memberitahukan mengenai arti dari teknologi komunikasi itu.

Pada umumnya, teknologi komunikasi merupakan suatu hal yang merujuk pada semua barang atau alat yang dapat digunakan untuk mendukung proses komunikasi (mengirim, menyampaikan, menerima, memproses, mengedit, mengolah dan memanipulasi informasi).

Sejarah Teknologi Komunikasi

Setelah mengetahui mengenai pengertian dari komunikasi dan teknologi komunikasi tersebut, kini saatnya kamu menyajikan tentang sejarah singkat dari perkembangan teknologi komunikasi yang telah terjadi dari satu masa ke masa lainnya.

1. Teknologi Komunikasi Berupa Lukisan Gua

Lukisan gua diklaim menjadi metode komunikasi tertua yang ada di dunia. Metode lukisan gua difungsikan sebagai sebuah tanda manusia purba dalam menandai daerah mereka. Tak hanya untuk menandai wilayahnya saja, lukisan gua juga menjadi media untuk merekam berbagai peristiwa penting yang terjadi pada saat itu.Lukisan gua juga memiliki fungsi lain, yakni sebagai fungsi religius serta fungsi simbolis. Fungsi simbolis yang ada pada lukisan gua adalah simbolis untuk berkomunikasi. Symbol-simbol ini biasanya memiliki berbagai wujud dengan makna yang berbeda-beda. Tujuannya tentu hanya untuk menyampaikan pesan tertentu.

2. Teknologi Komunikasi Melalui Simbol

Diketahui terdapat ukiran batu yang disebut sebagai petroglyphs yang ditemukan serta dikenalkan pada sekitar 10.000 tahun sebelum masehi.ukiran batu tersebut difungsikan sebagai media perekam cerita oleh manusia purba.

 

Akhir-akhir ini, kita kerap mendengar fakta bahwa symbol grafis difungsikan sebagai media untuk menggambarkan sebuah konsep ataupun ide tertentu. Diketahui bahwa, negara China menciptakan karakter-karakter yang digunakan untuk berkomunikasi. Berjalannya waktu, huruf abjad pn tercipta dan teknologi komunikasi berkembang dengan bantuan dari terciptanya huruf alphabet.

3. Teknologi Komunikasi Menggunakan Tanda Asap

Tanda asap kerap dikenal sebagai sinyal yang difungsikan untuk mengirim pesan atau informasi. Penggunaan teknologi komunikasi tanda asap ini cukup populer dan paling banyak digunakan di China. Contoh penggunaannya adalah ketika seorang penjaga melepaskan sinyal tersebut ke udara. Asap akan diartikan sebagai sebuah pesan yang menuju ke Tembok Besar di China. Ada pula seorang sejarawan asal Yunani yang menggunakan sinyal ini untuk menggantikan huruf alphabet.

4. Teknologi Komunikasi Penggunaan Merpati

Burung merpat sangat populer karena mereka mengetahui arah kemana mereka terbang, arah menuju ke rumah mereka bahkan setelah mereka melalui perjalanan yang panjang dan jauh.

Orang-orang yang menggunakan merpati sebagai pengirim pesan mereka biasanya akan meletakkan suatu huruf yang berukuran kecil di leher merpati tersebut dengan harapan bahwa merpati itu akan sampai ke penerima. Merpati memiliki peranan penting dalam perkembangan teknologi komunikasi ini.

5. Teknologi Komunikasi Sistem Pos

Setelah berkembangnya zaman, manusia semakin sadar untuk menghentikan penggunaan merpati sebagai pengirim pesan dan beralih dengan menggunakan jasa kurir. Sistem pos ini membuat seseorang yang ingin mengirimkan pesan harus mengirimkannya ke orang lain dan akan dikirimkan ke penerima lewat layanan pos. Dalam sistem pos ini, memerlukan adanya penggunaan kotak surat.

6. Teknologi Komunikasi Menggunakan Koran

Koran atau yang dulu dikenal sebagai surat kabar merupakan teknologi komunikasi yang masih digunakan hingga saat ini. Surat kabar atau koran berisi tentang penyampaian sebuah berita yang disampaikan secara tertulis serta berbagai peristiwa-peristiwa yang sedang berlangsung saat itu. Surat kabar sendiri memiliki dua jenis, yakni surat kabar nasional dan surat kabar internasional.

Jenis surat kabar yang diterbitkan sangat bergantung pada berita apa yang terkandung didalamnya. Surat kabar sendiri dikenal sangat mengambil alih perhatian masyarakat dan perlahan mengubah metode penyampaian informasi dari waktu ke waktu.

7. Teknologi Komunikasi Menggunakan Radio

Munculnya teknologi komunikasi media cetak berupa koran disusul dengan kemunculan radio. Radio sendiri merupakan sebuah teknologi komunikasi yang dapat menghasilkan suara dan memberikan berita serta hiburan untuk masyarakat.Para ilmuwan memulai untuk mempelajari dan menguji sinyal nirkabel untuk dapat menghasilkan radio. Bahkan Grameds, saat ini radio masih tetap ada dan diletakkan sebagai fitur dalam ponsel zaman sekarang.

8. Teknologi Komunikasi Menggunakan Telegraf

Telegraf menjadi alat komunikasi listrik pertama yang dapat mengirim pesan berupa teks. Telegraf diciptakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengirim pesan dalam bentuk teks untuk membantu menyebarkan informasi ke penjuru negeri.

9. Teknologi Komunikasi Menggunakan Telepon

Telepon menjadi penemuan yang memegang peranan penting pada saat itu. Telepon sangat diandalkan untuk berbagai situasi baik di rumah maupun kantor. Alat komunikasi ini memberikan akses untuk penggunanya dalam mengirimkan suara dan akan diubah menjadi sebuah sinyal. Sinyal tersebut kemudian akan disalurkan menggunakan kabel dan disampaikan kepada penerima.

10. Teknologi Komunikasi Menggunakan Televisi

Televisi menjadi teknologi komunikasi kesekian yang masih digunakan hingga saat ini. Televisi sendiri merupakan suatu sumber hiburan untuk masyarakat yang mencakup dunia secara luas. Televisi bentuk menjadi teknologi komunikasi yang bersifat tidak langsung untuk para penonton.

Awalnya televisi memiliki tampilan hitam putih. Setelah perkembangan zaman terjadi, barulah televisi dapat ditonton menjadi lebih berwarna dan dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur unik di dalamnya.

11. Teknologi Komunikasi Menggunakan Komputer

Komputer diciptakan pada tahun 1930 oleh seorang insinyur bernama Vannevar Bush yang berasal dari Amerika. 16 tahun kemudian, para ilmuwan dari Universitas Pennsylvania Amerika Serikat, menciptakan sebuah komputer digital yang diberi nama ENIAC. Alat ini dikendalikan dengan tabung-tabung tanpa udara atau hampa.

Seiring berjalannya waktu ENIAC dinilai tidak memiliki ingatan (kapasitas memori). Karena hal itu, sekitar tahun 1950 an, seorang ahli matematika yang mengembangkan sebuah pemikiran untuk menyimpan seluruh program yang ada di komputer dalam bank ingatan. Ahli matematika tersebut bernama John von Neumann.

Sekitar 20 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1970, komputer mulai dioperasikan menggunakan transistor yang lebih efisien. Seterusnya, komputer terus dikembangkan hingga menjadi teknologi komunikasi yang paling sempurna dan dapat melakukan berbagai pekerjaan yang sangat membantu pekerjaan umat manusia di dunia. Dalam perkembangannya, komputer juga dibekali dengan berbagai spek handal dan akses jaringan untuk menambah kegunaannya.

12. Internet

Dunia internet telah membawa orang-orang semakin dekat. Terlebih setelah adanya website. Dimana tim Berners Lee menemukan WWW atau World Wide Web di tahun 1990. Kemudian satelit mendukung internet. Dengan internet, kita bisa mencari apapun dan dimana saja di seluruh dunia. Lalu, koneksi nirkabel mulai muncul pada tahun 1991. Sejak saat itu, orang-orang mulai kecanduan dengan internet. Terlebih sekarang, semua aktivitas sekecil apapun, dari mulai kehidupan sehari-hari, bisnis, dan pendidikan tidak jauh dari penggunaan internet.

13. Surel atau Email

Surel atau email merupakan salah satu media komunikasi yang paling formal dan biasanya hanya digunakan di kantor atau kampus. John Vittal di tahun 1975 mengembangkan sebuah perangkat lunak atau software untuk mendukung surat. Semenjak penemuan surel, banyak platform surat menyurat yang sudah tidak digunakan lagi. Sebab, email terkesan lebih efektif untuk pencatatan dan juga hemat biaya.

14. Pesan Teks

Teknologi komunikasi selanjutnya adalah adanya pesan teks. Dimana berbagai penyedia jaringan digunakan untuk mengirimkan teks. Orang pertama yang mengirimkan pesan teks adalah Neil Papworth yaitu seorang insinyur. Ia mengirimkan pesan teks tersebut pada tahun 1992. Sejak saat itu hingga sekarang, pesan teks sudah menjadi bagian dari kehidupan sosial dalam berkomunikasi jarak jauh. Orang-orang dari penjuru dunia manapun bisa berbincang melalui pesan teks. Dengan adanya internet yang canggih, aplikasi pesan teks mulai bermunculan. Aplikasi tersebut bisa membantu dalam menghubungkan orang-orang. Dimana mereka bisa berbagi pesan melalui internet.

15. Media sosial

Sekarang ini, hampir semua orang membagikan seluruh cerita hidup mereka di media sosial. Platform media sosial bisa membantu orang-orang untuk berbagai foto, video, dan semua hal di internet. Hal tersebut merupakan media komunikasi terbaru yang ada di dunia digital. Saat ini sudah banyak sekali platform media sosial yang bermunculan, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Kehadiran ponsel pintar atau smartphone juga menambah kenyamanan orang-orang dalam menggunakan media sosial. Aplikasi media sosial bisa diinstall ke smartphone kita.

Kemudian pengguna media sosial bisa leluasa membagikan cerita atau peristiwa hidup mereka ke ranah publik. Sekarang ini, sudah banyak orang yang terobsesi dengan platform media sosial. Bahkan banyak dari mereka yang membagikan hal-hal yang sebenarnya tidak etis untuk diunggah di media sosial. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan popularitas saja. Oleh karena itu, media sosial sudah merevolusi cara orang-orang dalam berkomunikasi.

Di media sosial, kita bisa melihat apa saja yang dilakukan orang lain melalui profil media sosial masing-masing. Jadi, zaman sekarang sudah terlampau mudah untuk menghubungi teman kita yang tinggal jauh. Komunikasi juga menjadi jauh lebih mudah dan efektif. Jarak bukan lagi masalah untuk berkomunikasi.

Kita bisa berbicara kepada siapapun di seluruh penjuru dunia, bahkan dengan orang-orang yang belum pernah kita temui. Teknologi komunikasi yang sudah menjadi lebih baik sangat membantu kita dalam mendapatkan keterampilan sosial. Dari mulai ucapan verbal sampai pesan teks. Semua orang bisa berkomunikasi mengenai kehidupan sehari-harinya.

Peran Teknologi Komunikasi

Perkembangan teknologi sudah mengubah hidup umat manusia dan mempengaruhi hampir semua sektor utama masyarakat. Mulai dari transportasi, bisnis, dan juga komunikasi. Kemajuan teknologi komunikasi dan ilmu pengetahuan sudah memberikan dampak yang sangat besar terhadap cara kita dalam berkomunikasi. Hal tersebut juga membuat kita tidak memiliki pilihan selain menjalani perkembangan zaman ini.

Selama bertahun-tahun, cara komunikasi sudah mulai berevolusi dari awalnya pesan teks sederhana hingga panggilan audio. Kemudian berkembang lagi dengan munculnya platform obrolan yang menawarkan fitur canggih yang membuat komunikasi menjadi lebih efisien. Dampak dari teknologi komunikasi sudah memberikan pengaruh baik, secara individu maupun bisnis.

Dominasi dari teknologi komunikasi sudah memaksa para pelaku bisnis untuk mulai berinvestasi besar-besaran dalam menyediakan layanan komunikasi. Baik untuk karyawan atau clientnya. Hal tersebut dapat dibuktikan dalam strategi pemasaran yang terjadi pada penyedia layanan dan juga pelanggannya.

Selain itu, platform media sosial juga sudah menyebabkan perubahan drastis terkait cara kita dalam berkomunikasi. Melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dan lainnya, para pengguna bisa berkomunikasi melalui kolom komentar, suka, dan bahkan profil pengguna. Platform tersebut mampu mendobrak dinding pembatas terkait perbedaan agama, suku, ras, dan lainnya.

Fungsi Teknologi Komunikasi

Untuk memudahkan segala aktivitas manusia, teknologi komunikasi mempunyai beberapa fungsi. Pertama yaitu untuk mempermudah pekerjaan di dalam dunia bisnis dan juga ekonomi. Dengan adanya hal tersebut, teknologi komunikasi yang berkembang dengan pesat menjadi sebuah pilar pendukung di dalam teknologi transportasi pada bidang industri.

Kedua, fungsi dari teknologi komunikasi juga bisa untuk membantu serta memudahkan dalam mengirim atau menerima data dari satu perangkat ke perangkat lain. Baik itu dari jarak dekat maupun dari jarak jauh. Kemudian yang ketiga yaitu bisa berperan dalam mengatur suatu sistem supaya bisa dikelola dengan baik. Dengan adanya pengelolaan sistem yang baik, maka akan mempengaruhi kinerja sistem menjadi lebih baik.

 

Comments